Laman

  • Home

Jumat, 13 November 2015

5 Elemen Penting Untuk UKM Branding


Menurut publikasi Brand Harvest baru-baru ini, "merek telah menjadi salah satu aspek yang paling penting dalam bisnis apapun. Branding yang efektif memberikan Anda posisi dan keunggulan kompetitif"

Jadi dengan berinvestasi dalam branding, pemilik UKM mampu membuat perbedaan yang nyata melalui cara-cara perusahaan yang dapat dirasakan oleh berbagai stake holder termasuk karyawan, pemasok, pelanggan, media, badan pemerintah dan setiap influencer lainnya.


Brand Harvest menyajikan UKM Branding Kit yang diciptakan setelah bertahun-tahun melakukan pemahaman, penelitian dan wawancara yang mendalam dengan orang-orang di industri UKM. UKM Branding Kit adalah kombinasi dari aspek strategis dan kreatif yang penting bagi pemilik UKM untuk membangun merek yang kuat. Hari ini, kami akan berbagi wawasan dari UKM Branding Kit dengan teman-teman UMKM, dengan mengatasi aspek yang paling mendasar dari merek antara lain: brand positioning, Brand Identity, Ekspresi Visual, Profil Perusahaan dan Website Perusahaan sebagaimana dijelaskan di bawah ini:

1 - Brand Positioning


Bagaimana Anda memposisikan perusahaan Anda mempengaruhi pelanggan dan karyawan Anda. Positioning adalah tentang bagaimana Anda ingin dirasakan oleh semua stake holder Anda dan pada saat yang sama menjadi "berbeda" dari pesaing Anda. Sebagai contoh: "Perusahaan yang paling inovatif dalam sektor" atau "Penyedia layanan yang paling efisien".

Setiap perusahaan adalah unik dengan caranya sendiri dan positioning adalah tentang menemukan keunikan ini dan membuatnya relevan dengan pelanggan Anda.


2 - Brand Identity


Brand Identity bukan hanya sekedar tentang logo. Sementara logo hanyalah puncak dari gunung es, identitas adalah tentang Siapa Anda sebagai sebuah perusahaan ? Apa yang Anda lakukan dan pertahankan ? Apa budaya Anda ? Bagaimana Anda berbeda ?

Brand Identity adalah jumlah di atas empat pertanyaan diwujudkan dalam aspek visual, verbal, sikap dan perilaku perusahaan. Singkatnya, brand identity meliputi nilai keseluruhan dan kepribadian.


3 - Ekspresi Visual

Ekspresi visual yang membangun kepribadian yang cocok untuk merek Anda dan memungkinkan untuk menonjolkan dengan cara yang unik di pasar. Oleh karena itu, bagaimana identitas merek Anda diterjemahkan ke dalam berbagai ekspresi visual ? Apa yang harus menjadi warna merek utama Anda dan mengapa ? Bagaimana seharusnya tulisan Anda terlihat dan terasa ? Apa jenis media yang digunakan, jaminan pemasaran dan websitenya ?

Semua ekspresi ini membawa merek Anda hidup dan menciptakan kepribadian merek yang khusus.


4 - Profil Perusahaan

Profil perusahaan yang menarik dan kompak merupakan cara perkenalan perusahaan yang terbaik. Bagaimana Anda mempresentasikan perusahaan Anda ? Apa sinyal yang dapat membangkitkan minat  pelanggan Anda ? Apa aspek-aspek lain yang harus Anda gelar dalam profil ?

Mengekspresikan visi, misi, filosofi dan tindakan akan menentukan apa yang Anda perjuangkan dan mengapa Anda harus melakukan bisnis dengan perusahaan Anda.

5 - Corporate Website

Dalam dunia bisnis saat ini, memiliki kehadiran online saja tidak cukup. Hal ini sama pentingnya untuk memahami keterbatasan dan kelebihan dari ruang digital. Oleh karena itu, website perusahaan Anda adalah sebuah kesempatan untuk membangun sosok dan terlibat dengan audiens Anda dengan cara yang mendorong terjadinya bisnis. Mengoptimalkan website dengan konten SEO friendly, memanfaatkan Social Media, teknologi dan bangunan interaktivitas terbaru adalah sama-sama penting.

Sekarang Anda memiliki 5 elemen penting untuk UKM branding kit, Anda dapat berjalan ke depan dengan menfaatkan mereka.