Laman

  • Home

Rabu, 16 September 2015

Strategi Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM Dalam Menghadapi MEA

Mengejar ketertinggalan 

Jika kabupaten Semarang dikenal sebagai kabupaten industri adalah benar adanya, banyak industri berorientasi ekspor berdomisili di Kabupaten Semarang. Sebut saja Coca Cola, APAC INTI, Golden Flower, Ungaran Sari Garmen dan banyak industri lainnya ada di Kabupaten Semarang.

Berbeda dengan industrinya, pelaku-pelaku UMKM di Kabupaten Semarang tidak secemerlang industrinya. UMKM di Kabupaten Semarang masih banyak membutuhkan sentuhan pembinaan dan pengembangan dari berbagai pihak terkait. Pemantauan dari kami adalah pada setiap pameran yang diikuti oleh kabupaten tersebut yang kurang begitu mampu menampilkan potensi "kebesaran" kabupaten Semarang.

Hal inilah yang menggugah dinas terkait bersama Bupati Semarang untuk mengadakan acara temu diskusi dengan tema strategi menigkatkan daya saing produk UMKM dalam menghadapi MEA yang berlangsung pagi tadi di PIKK Lopait Kabupaten Semarang.

Memberikan pembekalan kepada UMKM Kabupaten Semarang

 Strategi Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM Menghadapi  MEA di Kabupaten Semarang
Dalam acara yang dibukan oleh Bupati Semarang, kami bersama Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah yang diwakili oleh Bapak Bima Kartika dan Bank Jateng oleh Bapak Junaedy memberikan pembekalan kepada UMKM Kabupaten Semarang mengenai strategi dalam menghadapi MEA 2015 mendatang. Pembekalan ini diikuti oleh sekitar 150 UMKM dari Kabupaten Semarang yang kebanyakan memproduksi makanan. 

Lopait sebagai UMKM Center Kabupaten Semarang

Pada kesempatan ini kami juga menyempatkan diri melihat-lihat potensi Lopait yang sebenarnya sangat strategis sebagai UMKM Center, dengan kondisi bangunan yang masih sangat bagus. Ide dari Bapak Bupati yang menginginkan Lopait sebagai pusat grosir produk UMKM menurut kami sangat bagus dan mampu mengangkat Lopait sebagai sentra produk UMKM. Berbagai ide kami diskusikan dalam kesempatan jumpa dengan Bapak Bupati dan dinas terkait, tujuannya adalah untuk membantu pemasaran produk UMKM Kabupaten Semarang agar UMKM bisa survive dan berkembang.