Laman

  • Home

Selasa, 08 September 2015

Kabupaten Boyolali dan Potensi Produk Unggulannya

Potensi Kabupaten Boyolali

Kota Boyolali, Jawa Tengah
Kabupaten Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Jawa tengah yang mempunyai posisi strategis karena diapit oleh dua kota besar yakni Semarang dan Solo. Kabupaten yang mempunyai luas wilayah 101.510,1 km2 memiliki potensi produk olahan daging sapi, kerajinan tembaga dan kerajinan kayu yang sudah menembus manca negara.

Sesuai dengan maskot kabupaten Boyolali yang berupa sapi, kabupaten Boyolali memang merupakan sentra peternakan sapi baik sapi pedaging maupun sapi perah. Produk-produk unggulannya adalah olahan susu dan daging sapi seperti: susu segar, yogurt, abon dan dendeng sapi.

Abon Sapi

Dendeng Sapi
Daerah penghasil abon dan dendeng sapi adalah daerah Ampel, di sinilah sentra produksi abon dan dendeng sapi di Boyolali. Berbagai merk abon dan dendeng sapi ada di daerah Ampel.

Produk abon dan dendeng sapi ini sudah dipasarkan ke seluruh daerah di Indonesia baik melalui pasar modern maupun pasar tradisional. Berbagai merk yang sudah dikenal adalah sebagi berikut:

Abon Sapi Ampel

Abon Sapi Abone

Untuk produk yang sudah masuk pasar modern dan online, kemasannya sudah cukup bagus dan kapasitas produksinya pun sudah cukup besar. Kebanyakan produsen abon juga memproduksi dendeng sapi dengan merk yang sama.

Susu sapi juga merupakan potensi unggulan daerah Kabupaten Boyolali telah diolah masyarakat secara mandiri menjadi produk pangan yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Produk olahan makanan ini diproduksi dengan bahan alami meningkatkan nilai keawetanya hingga dapat dinikmati masyarakat lebih luas memiliki cita rasa khas susu sapi perahan dengan nilai gizi yang tinggi.

Dodol Susu
 
Dodol susu merupakan produk olahan masyarakat yang menempati kawasan wisata di tengah Gunung Merapi Merbabu.
 

Keju

 


Keju diolah oleh penduduk lokal dengan peralatan yang terjamin higienitasnya hingga produk keju ini telah tembus ke pasar nasional. 

 
Yogust Kemasan Plastik

Yogurt Kemasan Cup
Yogurt merupakan produk olahan dari susu segar yang difermentasikan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Selalin produk pangan, produk kerajinan Boyolali yang terkenal sampai manca negara adalah kerajinan tembaga yang sentra produksinya ada di desa Tumpang, Cepogo. Kerajinan tembaga ini sudah dilakukan masyarakat desa Tumpang sejak leluhur mereka dan ketrampilan tersebut dipelajari secara turun temurun hingga saat ini.










Selain kerajinan tembaga, kerajinan mainan kayu dari Boyolali juga sudah mampu menembus pasar ekspor. Beberapa pengrajin kayu ini berlokasi di Mojosongo Boyolali dan produk-produknya pun sudah berani dengan desain yang inovatif.





Produk pertanian yang menghasilkan beras organik juga dikembangkan di Boyolali dan sudah masuk beberapa pasar modern. Kabupaten Boyolali dikenal dengan hasil pertaniannya yang melimpah baik hasil padi maupun buah dan sayur-sayuran di lereng Merapi.


Potensi Wisata Kabupaten Boyolali
 
Arga Merapi Merbabu

Arga Merapi Merbabu
Obyek wisata yang terletak di sekitar gunung Merapi dan merbabu di kecamatan Selo ini memiliki pemandangan alam yang masih alami dan mempesona. Kedua gunung tersebut biasa dijadikan pendakian bagi pecinta alam.

Merapi terletak di 17.540LS dan 110.440 BT dengan ketinggian 2.911 m. Merapi merupakan salah satu gunung yangpaling aktif. Dengan beberapa puncak pendakian merapi dapat ditempuh dari pos penjagaan Joglo Selo dan(pusat Informasi Wisata Gunung Merapi).

Gunung Merbabu bertipe strato terletak di sebelah Utara gunung Merapi dengan ketinggian 3.142 m dpl. Pendakian bisa dicapai dari desa kopeng dan selo. Pendakian Merbabu dapat ditempuh kira-kira 6 jam dari Selo.
 
Umbul Tlatar 

Umbul Tlatar
Pemandian alam ini terletak di desa kebon Bimo Kecamatan Boyolai. Pemandian ini dinamakan Umbul Asem karena pada jaman dahulu Sri Paduka Susuhunan Pakubuwono X pernah menanam asem di pemandian ini.

Konon siapa saja yang  mandi di Umbul Tlatar akan terus awet muda. Fasilitas ynag ada di Umbul tlatar antara lain kolam renang, Panggung pertnjukan, restoran dan pemancingan yang dibangun oleh investor.

Umbul Pengging

Umbul Pengging
Pemandian ini terletak di Desa Dukuh  Kecamatan Banyudono yang pada jaman dahulu hanya dipergunakan untuk raja-raja dan keluarganya dari Kasunanan Surakarta. Di Lokasi Umbul pengging terdapat beberapa sumber mata air.

Sumber mata air itu diantaranya adalah: Umbul temanten,umbul dudo,umbul ngabeyan, dan umbul sungsang. Umbul ngabeyan konon merupakan pemandian paku Buwono X dan lokasinya berdekatan dengan Umbul Dudo dan Umbul Temanten.

Konon orang yang kungkum (berendam) di Umbul dengan hati bersih dan lapang akan mendapatkan berkah.


Waduk Cengklik

Waduk Cengklik
Waduk yang dibangun pada Pemerintah hindia Belanda dengan luas genangan 300 ha ini cukup strategis karena dekat dengan bnadara Adi Sumarno dan Asrama haji Donohudan, tepatnya di desa Margorejo kecamatan Ngemplak. Waduk ini dibangun untuk tujuan irigasi yang dapat mengairi lahan seluas 1.578 ha.

Waduk kedung Ombo


Waduk Kedung Ombo
Obyek wisata ini terletak di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu yang dilengkapi dengan bumi perkemahan dermaga wisata dan tempat pemancingan. Waduk ini mapu mengairi areal pertanian sepanjang tahun seluas 62.000 ha lebih.

Disekitar waduk ini juga terdpat warung-warung yang menyediakan ikan bakar dengan pemandangan alam waduk yang indah. Selain sebagai tempat wisata, waduk kedung Ombo juga menjadi areal pengembangan perikanan terutama untuk budidaya ikan Nila merah.

Sebagai obyek wisata, kawasan ini menawarkan sejuta pesona keindahan alamnya yang khas. Ketika masih dalam perjalanan dari Boyolali menuju obyek lain, kita sudah terhanyut dalam kesejukan alami, kesejukan alam lingkungan tempo dulu yang didambakan segenap manusia.

Pada masa kini terutama masyarakat kota yang selalu dihantui ketegangan, kejenuhan, kebosanan oleh beban dan rutinitas kehidupan kota. Kendatipun jarak yang ditempuh dari Boyolali ke Kedungombo cukup jauh yakni sekitar 40 Km, namun suasana terik matahari yang menyengat tidak terasa. Sepanjang perjalanan, di kanan kiri jalan ada hutan jati dan sedikit mahoni yang selalu siap memberi keteduhan dan memancarkan oksigen (O2) segar.

Makam Sri Makurung Handayaningrat

Makam Pengging Sepuh
Makam ini berada di dukuh malangan yang biasa dikunjungi peziarah terutama pada bulan Sura dan Ruwah atau pada acara nyadran yang secara tradisional dilakukan setiap 20 bulan Ruwah.
Pada masa hidupnya Sri Makurung Handayaningrat bertahta sebagai Adipati Pengging yang kemudian digantikan oleh Adipati Kebo Kenanga.

Kampoeng Air Desa Kragilan, Boyolali

Kampoeng Air Desa Kragilan
Desa Kragilan mempunyai potensi pariwisata yang diberi nama Kampoeng Air. Tempat pariwisata tersebut tepatnya berada di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Dahulu daerah tersebut merupakan suatu sungai dan tanah kas desa yang kurang produktif. Namun kini tempat tersebut menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari dalam kota maupun luar kota.

Tempat wisata ini sangat begitu menarik karena tempat wisatanya berada dibawah jembatan jalan Watugenuk. Jadi para wisatawan untuk menuju tempat tersebut bisa berjalan dibawah melewati jembatan jalan watugenuk tersebut.

Tempat wisata Kampoeng Air ini juga mempunyai banyak fasilitas yang disiapkan untuk para wisatawan bersama keluarga. Diantaranya kolam arus, Resto Gazebo untuk makan dan yang paling menarik adalah rumah batu ala film Harry Potter.

Banyak para wisatawan menggunakan rumah batu ala film Harry Potter tersebut untuk berfoto atau selfie bersama keluarga dan juga teman – teman. Suasana dengan eksotis alami dan ketenangan merupakan salah satu keunggulan tempat tesebut. Sungai yang mengalir tersebut masih alami sehingga suara gemericik air akan berpadu dengan sepoi – seponiya angin akan menambah kenyamanan saat berlibur.

Hotel
 
Hotel sebagai sarana penginapan dan tempat singgah para wisatawan juga banyak tersedia di kabupaten Boyolai. Seperti Hotel Puri Merbabu yang berada di Jalan Prof soeharso, Hotel Pondok Indah di jlan Merapi no. 27, hotel Pndok asri yang berada di Jlan Perintis Kmerdekaan no. 9, juga ada Hotel Mina di jalan Merbabu no. 9A, Hotel Dwi agung di jalan Bandara Adi Sumarmo dan terakhir hotel Setia Rahayu di jalan raya Boyolali – Solo randusari Teras.

Dengan adanya potensi dan kesiapan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh penmerintah Boyolai hendaknya bisa dimaksimalkan oleh segenap pelaku usaha wista dan Dinas terkait untuk semakin mengenalkan wisata ini ke pelosok negeri untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Kuliner Boyolali

Soto Mbok Segeer



Soto Segeer adalah kuliner andalan kota Boyolali, selalin soto rumput. Ciri khas soto Boyolali adalah lauknya yang banyak sekali piliihannya disamping kuah sotonya yang dari kaldu gurih.

Soto Rumput Khas Boyolali
Disamping soto-soto yang terkenal, Boyolali memiliki makanan khas yaitu Nasi Urap Sambal Tumpang dan banyak warung-warung makan dengan masakan daging sapi yang enak dijumpai di Boyolali seperti di Rumah Makan Elang Sari dan Rumah Makan Tegal. 

Selamat berkunjung ke Boyolali.