Laman

  • Home

Senin, 21 September 2015

Diskusi Ringan: Bagaimana Bisnis Jual - Beli Barang Kerajinan ?

Bisnis Kerajinan Tangan
Belajar untuk Menjual Kerajinan

Dunia kewirausahaan semakin bingar, banyak sekali pemula dari kalangan karyawan dan pegawai mencari-cari peluan bisnis apa yang cocok dengan waktu kerja, kemampuan finansial dan kemampuan mereka mengendalikannya. Mencari, kadang membutuhkan waktu yang cukup banyak karena butuh kecocokan-kecocokan dengan kriteria calon pelaku usaha. Butuh beberapa referensi dan edukasi sebelum calon pelaku usaha menemukan bisnis yang mereka inginkan.

Ketika bisnis kuliner sudah berjejal dengan persaingan, banyak calon pelaku usaha melirik bisnis kerajinan. Dalam bisnis ini pun tingkat persaingan juga sudah mulai tinggi, tergantung bagaimana kreativitas dan inovasi dari calon pelaku usaha dalam membuat konsep bisnis yang menonjolkan differensiasi yang tinggi. Bisnis kerajinan membutuhkan kompetensi yang tinggi, butuh ide-ide yang selalu segar dan kreatif. Calon pelaku usaha bisa mengasah ide-idenya dari internet dan pameran-pameran kerajinan. 

Setelah calon pelaku usaha mengasah kompetensi dan ide-idenya, dia harus banyak tahu mengenai pasarnya dan bagaimana dia bisa mengenal pasarnya. Tanpa mengenal pasarnya, kita tidak pernah tahu sebenarnya produk seperti apa yang dibutuhkan oleh pasar. Untuk mempelajari pasar, calon pelaku usaha harus menyempatkan diri untuk melakukan survey pasar sederhana, dengan banyak bertanya kepada peserta-peserta pameran mengenai produk apa yang paling banyak mereka jual. Mencari referensi di internet tentang pelaku-pelaku bisnis kerajinan yang besar, biasanya produk yang mereka pajang adalah produk-produk yang sedang "in" di pasaran.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda harus mendirikan usaha di bidang kerajinan:
  • Produksi sendiri, atau membeli grosir ? Ada banyak sumber produk di internet dan bahkan drop-ship yang akan mengirimkan barang untuk Anda.
  • Menjual sendiri atau menjual ke pengecer ? Anda akan menjual melalui pasar kerajinan lokal, pasar loak, direct mail, melalui pengecer atau menjual menggunakan Internet di eBay atau menggunakan situs web Anda sendiri ?
  • Bagaimana strategi pricingnya ? (Melakukan anggaran dan tahu biaya Anda sebelum Anda mulai - jangan lupa biaya iklan dan pengiriman)
  • Berapa banyak kompetisi yang ada di pasar Anda ? (apakah di eBay, Alibaba atau yang lainnya)
  • Berapa jumlah maksimum Anda dapat menyediakan kepada pembeli?
  • Bagaimana Anda akan memenuhi order? (Dengan stock di gudang atau menggunakan agen pengiriman)?
  • Kadang-kadang pertanyaan tampak menakutkan tapi jangan khawatir, Anda tidak harus mulai menjual jutaan produk sehari untuk menjadi sukses di penjualan kerajinan.  
 
Memproduksi Handicraft Sendiri
Membuat Produk Sendiri. 
Jelas, jika Anda memiliki keterampilan produksi maka Anda akan memimpin permainan. Bahkan jika Anda tidak memiliki keterampilan, jangan putus asa! Ada banyak kerajinan yang bisa Anda beli dan jual sambil mengembangkan keterampilan produksi Anda (yang akan kita bahas nanti)! Hubungi toko pemasok barang seni dan kerajinan dan lihat apakah mereka memenuhi kriteria Anda atau mengikuti berbagai seminar dan workshop tentang cara membuat berbagai produk buatan tangan.

Memiliki bisnis rumahan membantu menurunkan biaya usaha tetapi masih ada sejumlah biaya yang harus Anda mempertimbangkan:

  • Biaya untuk membuat kerajinan Anda: Berapa biaya untuk membuat satu item ? Perlu diingat, Anda mungkin dapat membuat satu batch produksi untuk efisiensi biaya produksi. Dan jangan lupa, Anda harus mengemas produk anda dan mengirimkannya kepada klien. Memperhitungkan beberapa produk Anda mungkin bisa pecah dalam pengiriman jika Anda menjual on line atau melalui iklan surat kabar. Anda mungkin ingin menghitung persentase tertentu untuk penggantian produk.
  • Apa yang akan menjadi kebijakan pengembalian Anda ? Penjualan on line memiliki keuntungan setinggi 30%, jadi jika Anda akan menjual on-line harus menyadari biaya ini sebagai potensi tambahan.
  • Anda akan menawarkan jaminan ? Berapa lama jaminan akan berakhir dan apa yang akan mencover jaminan tersebut ?
  • Anda akan membayar biaya pengiriman atau akan dibebankan kepada pelanggan ?
  • Berapa banyak Anda akan menghabiskan biaya pada promosi? Apakah Anda perlu brosur produk ? Sebuah situs web ? Iklan untuk koran lokal ? Bahkan ketika Anda memiliki mesin yang mampu mengubah timah menjadi emas maka tidak akan ada yang akan membelinya jika mereka tidak tahu itu ada! Anda harus memiliki rencana pemasaran untuk menjadi sukses, bahkan jika itu hanya untuk mengikuti pameran seni atau bahkan bernyanyi di depan stan Anda :)
  • Apakah ada kewajiban lain yang mungkin terkait dengan produk Anda ? Sebagai contoh: jika Anda membuat lilin wangi yang bisa menyebabkan seseorang mengklaim lilin Anda menyebabkan mereka bermasalah dengan kesehatan yang serius dan menuntut Anda ? Jika demikian, pertimbangkan untuk mengambil sebuah asuransi dan perhitungkan ini dalam biaya produk Anda.
  • Jika menghitung semua biaya ini terdengar sedikit menakutkan, Anda mungkin ingin berbicara dengan akuntan atau konsultan untuk bertanya dimana Anda bisa mendapatkan beberapa nasihat yang baik.untuk menentukan apakah Anda akan membeli dari grosir Kerajinan untuk resale atau memproduksi sendiri.
 
Mengikuti Pameran Kerajinan

Fakta bahwa Anda membeli produk dan tidak membuat sendiri untuk dijual kembali berarti ada beberapa hal tambahan yang perlu dipertimbangkan:
  • Apakah grosir melakukan drop ship produk langsung ke pelanggan Anda atau akan Anda harus menyimpannya di suatu tempat dan repackage ?
  • Apa jenis kemasan yang disertakan dan siapa yang akan bertanggung jawab atas kerusakan selama pengiriman ?
  • Jika pelanggan ingin mengembalikan produk, apa kebijakan produsen terhadap pengembalian dan jika itu di-dropship-kan kepada siapa produk itu akan dikembalikan ?
  • Apakah pengiriman drop-shipp produk dengan label mereka atau dengan label Anda sehingga pelanggan akan mengembalikan produk kepada Anda dan bukan grosir drop-ship ?
  • Jelas ada hal tak terduga lain yang perlu dipertimbangkan seperti perlengkapan kantor, bahan bakar, listrik dll Tapi ini sudah inklusif standar dalam rencana bisnis.
  • Jika Anda telah memutuskan membeli kerajinan grosir sebagai pilihan Anda, kami sarankan Anda memeriksa Merek Worldwide, salah satu yang terbesar dan paling terkenal pemasok produk grosir untuk dijual di eBay dan Alibaba. Cara lain untuk menemukan produk untuk dijual adalah dengan  "Google" untuk beberapa istilah pencarian berikut:
"Kerajinan grosir; Kerajinan eksportir; Kerajinan importir; Hadiah kerajinan; Kerajinan Meksiko; Kerajinan Filipina; Kerajinan Peru; Kerajinan Filipina; Kerajinan china"

Di mana menjual kerajinan Anda ?
Salah satu cara untuk menjual kerajinan adalah di eBay, Alibaba, Buka Lapak, Tokopedia dan lain-lain. Saat ini sudah banyak portal jual beli produk yang bisa diakses dengan mudah oleh pelaku bisnis, bahkan Kadin Jateng sendiri sebagai organisasi non profit juga membangun portal eCommerce yang berorientasi ekspor di GetAsean.Com.

Pameran-pameran kerajinan juga memberikan peluang kepada pelaku usaha juga membuka peluang promosi dan pemasaran produk kerajinan, dimana pelaku usaha bisa bertemu dengan prospek secara langsung dan berinteraksi untuk transaksi dan sumber informasi.

Pasar loak. Beberapa pasar loak memiliki sudut khusus untuk produk kerajinan dan seni, meskipun bukan termasuk barang loak. Yang terpenting, pengunjung pasar loak adalah prospek yang sama dengan prospek pembeli produk kerajinan Anda.

Konsinyasi dengan toko, restoran dan hotel. Beberapa toko, restoran dan hotel membuka peluang kerjasama dengan beberapa produsen atau pedagang kerajinan yang ingin melakukan display produk dan menjual produknya di sana.

Toko ritel. Meskipun tidak mudah menjual produk kerajinan dan seni di toko ritel, tetapi beberapa toko ritel di daerah-daerah khusus (terutama kota-kota wisata) memberikan peluang yang besar untuk pemasaran produk kerajinan dan seni.

Website Anda sendiri: Internet merupakan solusi modern dalam menjual produk kerajinan dan seni, tetapi pemahaman atas konsep penjualan melalui website dan internet harus dikuasai dengan baik. Penguasaan pengetahuan mengenai optimasi website dan SEO sangat perlu dalam mengelola penjualan dengan cara seperti ini.

Beberapa cara untuk mempromosikan produk kerajinan dan seni:
  • Brosur produk untuk menjelaskan pekerjaan Anda - Anda mungkin ingin memasukkan rincian tentang bagaimana Anda bisa mulai bisnis di kerajinan, yang dipengaruhi gaya Anda dan sebagainya Orang suka mendengar tentang apa yang menginspirasi orang lain dalam bidang seni atau kerajinan.
  • Kartu bisnis untuk dibagikan di pameran, pameran dan toko ritel
  • Jika sesuai, memiliki katalog gambar rinci tentang karya Anda (portofolio). Dari sini, calon pembeli mungkin ingin memesan variasi item yang telah dihasilkan di masa lalu.
  • Pertimbangkan sebuah situs web untuk memamerkan produk Anda. Efektifkan waktu dan uang Anda dengan sebuah alamat website, daripada berkendara ke seluruh negeri untuk memamerkan produk Anda. Sebuah situs merupakan sales yang baik.
  • Tengoklah media iklan, ruang newsletter perdagangan, majalah regional dan publikasi lain dan perrtimbangkan biaya iklannya. Pastikan Anda mengetahui target pasar dan audience dari media tersebut. 
  • Mempertimbangkan iklan di situs web terkemuka di wilayah Anda yang melayani audience Anda.  
  • Dan lain-lain.

Kami berharap informasi-informasi di atas akan banyak membantu Anda yang ingin berbisnis di bidang kerajinan dan seni. Banyak kreativitas dan inovasi lain yang bisa digali berdasarkan konsep konsep bisnis yang akan dirancang untuk memulai usaha. Jika perlu upaya pemasaran yang kita lakukan adalah untuk menciptakan pasar baru bagi produk kerajinan dan seni yang kita perdagangkan.