Laman

  • Home

Sabtu, 26 September 2015

5 Tahapan Dalam Membuka Usaha Sendiri

Bagaimana Memulai Usaha


Ketika ekonomi melambat di Indonesia dan beberapa perusahaan melakukan rasionalisasi (PHK) maka harus segera ada solusi bagi korban PHK tersebut. Bahwa korban PHK tidak boleh berlarut-larut dengan kebingungan mencari kerja kembali, tetapi perlu upaya untuk memulai usaha sendiri. Memang tidak mudah untuk memulai usaha sendiri, butuh motivasi yang kuat, pengetahuan dan ketrampilan dan juga konsistensi dan komitmen yang luar biasa sehingga pemula bisnis tidak mudah menyerah di tengah jalan.


Jika memulai usaha itu adalah sulit, yang memang begitulah adanya, tetapi tidak akan sesulit ketika usaha telah dimulai. Para pemula usaha harus mendapatkna motivasi dan panduan untuk bagaimana memulai usaha sendiri, sekecil apapun skalanya.


5 Tahapan Dalam Membuka Usaha Sendiri

Berikut ini langkah-langkah awal dalam membuka usaha sendiri dan setiap tahapannya merupakan suatu kesatuan yang penting agar dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal.

1. Mencari dan Menentukan Ide Usaha

Langkah yang paling utama adalah menentukan ide, langkah ini adalah langkah yang paling penting dan krusial. Karena ide mempengaruhi akan dibawa kemana arah usaha anda. Ide usaha ada banyak tapi terkadang memilih usaha yang tepat dan sesuai minat kita akan lebih sedikit sulit. Memilih ide yang tidak kita suka bisa berdampak buruk pada kelangsungan usaha kita karena kurangnya minat dan kecintaan pada rutinitas usaha yang kita jalani.
Memulai usaha tanpa ide akan sangat aneh dan mustahil, untuk itu coba dalam memilih ide coba pilih yang selaras dengan kemampuan, keahlian dan pengalaman anda. Anda dapat mencoba mencari ide usaha dari hobi anda, kesukaan anda dan hal-hal lain dari diri anda yang sebenarnya banyak juga peluang usaha yang ada didepan mata kita jika kita mau mecoba menggalinya.

2. Buat Perencanaan Usaha (Business Plan)

Setelah anda menemukan ide usaha yang tepat dan potensial menurut anda sekarang saatnya membuat perencanaan dari ide yang anda dapat. Sebuah usaha yang direncanakan akan lebih mempermudah berjalannya usaha tersebut. Karena kita telah mengetahui apa-apa saja yang harus kita kerjakan dan apa saja yang kita butuhkan misal masalah modal, tempat usaha, proses produksi, pemasaran dan lain sebagainya.
Alasan lain kenapa perencanaan usaha (Business Plan) sangat penting adalah yang pertama kita tahu kemana arah usaha kita, kita tahu anggaran dan modal awal serta kebutuhan lain yang kita perlukan, kemudian kita juga tahu resiko apa yang mungkin timbul dan sudah bisa melakukan langkah antisipasi dari awal, kita bisa mengatur efisiensi waktu dan masih banyak lagi.

3. Melakukan Survei dan Analisa

Ketika ide sudah didapat dan perencanaan juga telah matang maka langkah selanjutnya adalah melakukan survei dan analisa. Survei dan analisa yang diperlukan dan biasanya dilakukan oleh wirausaha antara lain : mencari lokasi usaha yang strategis, melihat kekuatan pesaing, melihat potensi pasar, dan masih banyak lagi. Inti dari survei ini adalah untuk mendapatkan hasil secara terperinci seputar hal-hal yang dapat menghambat sekaligus memajukan usaha. Yang mana survei dilakukan agar kelak usaha kita bisa berjalan dengan lancar.

4. Mempersiapkan Usaha dengan Matang

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah persiapan. Kita tidak mau kan jika nanti ketika usaha kita mulai berjalan ternyata usaha yang kita miliki belum cukup siap untuk beroperasi dengan baik, bisa karena kesulitan mencari bahan baku, kesulitan memasarkan prodak dan lain sebagainya. Kesiapan yang harus kita siapkan sebagai contoh misalnya karyawan, alat atau mesin yang dibutuhkan, modal usaha, kemudahan bahan baku maupun promosi dan masih banyak lagi. Persiapan ini bisa jadi sebagai koreksi atas ide, perencanaan dan analisa yang telah kita lakukan diawal.

5. Take Action ! Jalankan Usaha Anda

Setelah semua siap seperti bagaimana potensialnya ide yang anda pilih, bagaimana matangnya perencanaan yang dibuat, seberapa besar peluang dari analisa dan survei, serta bagaimana siapnya usaha anda untuk mulai beroperasi maka sekarang saatnya anda mulai action dengan usaha anda. Langkah ini merupakan langkah yang sangat penting karena dari sinilah anda bisa tahu apa saja yang kurang dari usaha anda, apa saja yang harus diperbaiki dan dibenahi, serta tahu bagaimana minat konsumen akan prodak anda. Dari action ini anda dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menghambat usaha dan tahu hal-hal yang dapat membuat usaha anda berkembang.

Referensi: sumber:  http://peluangusahasampingan99.blogspot.com

Demikianlah 5 langkah dalam membuka usaha sendiri yang wajib anda ketahui dan ikuti langkah-langkahnya, agar usaha yang anda jalankan bisa berkembang mencapai kesuksesan seperti yang anda harapkan. Semoga bermanfaat.