Laman

  • Home

Selasa, 06 Oktober 2015

5 Cara Meningkatkan Sales dengan Social Media

Social Media memang bukan media advertising, tetapi mereka memiliki kekuatan dalam meningkatkan kemampuan dalam bisnis untuk meningkatkan kepercayaan dari klien potensial. Lebih dari sekedar menawarkna optimalisasi dalam basis pengikut, tetapi entreprenure bisa membangun jaringan customer untuk diarahkan kepada suatu produk dan servis yang ditawarkan oleh perusahaan. Ada beberapa aturan yang perlu dipahami untuk meningkatkan sales dari berbagai kebutuhan bisnis:


Mengenali Kepribadian

Setiap orang berbeda dan tidak ada dua orang yang sama persis keinginannya. Periklanan umum adalah cara "hit and miss" dalam usahanya menemukan seseorang dalam kerumunan banyak orang yang mungkin tertarik pada sebuah produk. Social media membuatnya lebih mudah dalam menemukan klien yang potensial. Sekali mereka ditemukan, mereka bisa memperlakkannya secara individual dengan kebutuhan khusus.Apakah mereka sekedar "menjelajah" rasa keingintahuan atau mecari sesuatu yang spesific, anda bisa menggunakan social media untuk kustomisasi pendekatan anda. Bahkan ketika mereka tidak siap untuk membeli, anda tetap bisa melakukan kontak tanpa perlu melakukan tekanan yang tidak diharapkan.

Personalisasi Pesan Anda

Anda tidak akan menarik banyak customer jika pesan anda sama persis untuk satu orang dengan orang lainnya yang kami temukan di twitter dan facebook. Personalisasi memakan waktu yang lebih lama daripada melakukan pesan standar melalui formulir jawaban. Tetapi dunia persaingan sudah semakin ketatnya, sehingga anda perlu melakukan upaya personalisasi pesan untuk menjaga klien-klien anda tertarik dengan bisnis anda. Sebagai contoh, anda mungkin tahu tanggal ulang tahun dari customer anda yang memungkinkan anda mengirimkan ucapan melalui social media dan menunjukkan pertemanan yang sejati.

Menciptakan Kemitraan

Customer sekarang menyukai perasaan sebagai bagian dari perusahaan anda. Meskipun mereka tidak tertarik menjadi investor, tetapi merasa penting ketika pendapat, saran da ide-idenya dipertimbangkan oleh perusahaan.  Banyak pengusaha lupa bahwa mempromosikan bisnis di Facebook atau LinkedIn adalah cara yang tepat untuk mengarahkan keinginan atas apa yang mereka tawarkan ketika tindakan mereka tidak melibatkan kepedulian customer. Sebagai pengusaha anda sepertinya terlalu mudah untuk melakukan black list siapapun yang mencoba menjual sesuatu yang tidak anda inginkan.

Customer adalah mitra kita yang membantu orang-orang di dalam link-nya mempercayai tawaran bisnis atau produk kita. Semakin banyak mitra yang kita bangun semakin luas kepercayaan terhadap bisnis kit adi social media.

Jangan Pernah Memaksa

Dalam dunia nyata, anda tidak ingin memaksakan sebuah penjualan secepat seseorang berjalan melalui pintu toko ritail anda. Hal yang sama juga terjadi di social media, anda ditunjuk untuk bertindak sebagai seorang expert untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari banyak orang atas produk anda. Follower media anda tidak ingin merasa seperti dipaksa untuk membeli. Mereka mengharapkan pertemanan dan interaksi yang informatif. Mereka ingin merasa nyaman sebelum mereka memutuskan untuk menjelajah produk-produk kita yang ditawarkan di website.

Siapkan Alasan yang Tepat untuk Membuat Keputusan Membeli


Ini adalah satu dari tujuan penjualan, berikan customer sebuah alasan yang tepat untuk membeli dari anda. Tidak harus memberikan berbagai hadiah, cukup customer bisa mempercayai anda, itu sudah cukup membantu mereka untuk membuat keputusan membeli ketika mereka melihat satu atau lebih manfaat/keuntung (benefit) dan fitur yang anda tawarkan. Hal ini termasuk Free Report, eBook, Testimoni dan Artikel yang menunjukkan mereka bahwa produk anda dapat memecahkan sebagian permasalahan anda dan membuat hidup mereka lebih mudah.

Pemanfaatan yang tepat dari social media dapat menjadi cara terbaik untuk mendapatkan customer baru dan menjaga customer-customer yang lama. Hal ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membangun kepercayaan daripada ketika membuat iklan langsung. Tetapi iklan langsung membutuhkan biaya yang tidak murah. Tetapi seorang "happy customer" akan membantu membangun jaringan viral yang membuat banyak customer baru datang ke bisnis anda untuk sekedar ingin tahu atau memutuskan untuk membeli.