Laman

  • Home

Jumat, 07 Agustus 2015

Serba-Serbi Gelar Promo Industri Agro Jawa Tengah: Cita Rasa, Tampilan Produk, Kemasan dan Strategi Harga

Hari Kedua Klinik Bisnis On The Spot dari Rumah UMKM
 
Di hari kedua Gelar Promo Industri Agro Jawa Tengah, masih saya isi dengan melihat stand-stand dari beberapa kabupaten yang saya lihat memiliki potensi yang baus untuk pasar lokal modern dan pasar ekspor. 

Di antaranya adalah produk olahan buah kering dari Kabupaten Pemalang, Produk Krupuk Tengiri dari Cilacap dan Produk Kacang Oven dari Kabupaten Jepara, selain abon sapi dari Purbalingga dan Boyolali serta produk-produk lain yang sudah kami kenal.

Justru kami tidak pernah tahu sebelumnya bahwa di Kabupaten Pemalang memiliki potensi olahan buah kering seperti di bawah ini, yang dari obrolan santai produsennya mereka sendiri terkendala kapasitas produksi karena masalah mesin yang dimilikinya sementara masalah supply bahan baku sementara ini belum menjadi kendala.

Pasar yang ditangani sekarang justru dari kota-kota besar di Jawa, seperti Jakarta dan Bandung, sementara untuk kota-kota lain produsen masih mempersiapkan untuk menambah kapasitas produksi. Ada baiknya dari dinas terkait setempat bisa membantu peningkatan produksi UMKM ini untuk penyerapan tenaga kerja dan juga membina produsen-produsen yang lain, karena dari data yang kami miliki produk buah kering sangat dimintati pasar modern di Indonesia dan juga pasar ekspor.

Untuk ukuran lokal, kemasan sudah cukup memadai meskipun masih harus dikembangkan lebih lanjut ketika masuk pasar ekspor. 

Pure Fruit (bubur buah) juga sedang dikembangkan oleh produsen ini untuk supply ke HOREKA, dan sementara ini untuk kapasitas kecil mereka sudah mampu memproduksinya.
 
Kripik Buah Apel

Kripik Buah Nangka
Andalan Kabupaten Jepara adalah kacang oven yang menurut kami memiliki cita rasa yang khas dan unik. Untuk masalah cita rasa produk, kami tidak meragukan produk ini, hanya masalah kemasan masih perlu ditingkatkan ke arah yang lebih modern dan go internasional. Bukankah Kacang Garuda dan Kacang Dua Kelinci juga sudah menembus pasar ekspor dan sudah menjadi brand internasional ?

Kacang Oven Jepara
Potensi Kabupaten Cilacap seharusnya bisa disejajarkan dengan sidoarjo atau probolinggo Jawa Timur untuk produk olahan ikannya. Kabupaten ini bisa menjadi basis produksi olahan ikan yang luar biasa jika promosi dari pemenntah daerah lebih gencar lagi. Krupuk tengiri di Kabupaten Cilacap merupakan produk andalan yang bisa diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. 

Peningkatan desain kemasan juga menjadi PR bagi produsen dan pemerintah setempat agar pemasaran dan citra produk ini meningkat di pasaran.

Krupuk Ikan Tengiri
Cita Rasa, Tampilan Produk, Kemasan dan Strategi Harga

Dalam klinik on the spot ini kami memang banyak berdialog dengan pelaku UMKM untuk masalah cita rasa produk agar lebih mudah masuk pasar, tampilan produk yang menarik, desain kemasan yang mencuri hati konsumen dan bagaimana menerapkan strategi produk yang "ramah" kepada mitra pemasaran kita.

Hampir semua UMKM memiliki permasalahan yang sama, kecuali beberapa produk yang sudah bagus pemasarannaya sudah berpikir bagaimana membangun brand sendiri karena selama ini produknya dibeli orang dengan brand dari pembeli.

Yang sering saya tekankan kepada produsen adalah mereka harus menyadari bahwa merekan butuh mitra pemasaran, dan harus menyiapkan "ruang" yang berupa margin harga kepada mitra pemasaran dalam bisnis mereka. 

Selama ini banyak pelaku UMKM (produsen) memberikan harga kepada end-user sama dengan harga kepada agen atau reseller, sehingga ruang "bisnis" agen dan reseller sangat sempit dan tidak tertarik untuk bekerjasama dengan produsen. 

Bahwa untuk skala UMKM, produsen harus fokus pada produk dan produksi, pada kualitas dan kapasitas produksi serta kontinuitas supply-nya. Bahwa ketika produsen skala UMKM ketika dihadapkan dengan pemasaran maka konsentrasi mereka akan terpecah dan mengakibatkan penurunan kualitas, menurunnya kapasitas dan tersendatnya kontinuitas sudah sering kami lihat dan temui.

Pemasaran adalah "tangan" yang lain, yang fungsi ini bisa dikerjasamakan dengan mitra pemasaran yang memang fokus hanya kepada menjual produk. Sehingga pada perkembangannya kami dari Rumah UMKM pun membina UMKM-UMKM pemasar baik yang online maupun offline.