Laman

  • Home

Jumat, 14 Agustus 2015

Mengenal Macam-Macam Jenis Kemasan Plastik

Kemasan Plastik Untuk Makanan & Minuman


Kode Plastik Untuk Kemasan

Mengenal Kode Plastik dan Peruntukannya untuk Kemasan Makanan & Minuman

Bahan kemasan yang paling banyak dikenal adalah plastik dan sementara pelaku UMKM ada yang belum mengenal dengan baik kode plastik dan peruntukannya untuk kemasan makanan dan minuman. Pada kesempatan ini kami ingin sekedar sharing mengenai kode-kode plastik dan artinya dalam kemasan.

  1. PET atau PolyEthylene Terephthalate adalah Jenis Plastik yang hanya bisa sekali pakai, seperti biasa Botolair Mineral dan hampir semua Botol minuman lainnya. Jika pemakaiannya dilakukan secara berulang, terutama menampung air panas, lapisan polimer botol meleleh mengeluarkan zat karsinogenik dan dapat menyebabkan Kanker.
  2. HDPE atau High Density PolyEthylene merupakan Jenis Plastik yang Aman jika dibandingkan dengan Jenis Plastik PET karena memiliki sifat tahan terhadap suhu tinggi. Sering dipakai untuk Botol susu yang berwarna putih susu, Tupperware, Botol Galon air minum, dan lain-lain. Meski demikian, jenis plastik disarankan untuk tidak dipakai berulang.
  3. PVC atau PolyVinyl Chloride merupakan Jenis Plastikyang sulit didaur ulang, seperti botol-botol Plastik dan Plastik Pembungkus. Jangan gunakan Plastik jenis ini untuk membungkus makanan karena jenis plastik ini memiliki kandungan PVC atau DEHA yang berbahaya untuk Ginjal dan Hati.
  4. LDPE atau Low Density PolyEthylene merupakan Jenis Plastik yang bisa didaur Ulang, baik dipakai untuk tempat minuman maupun makanan.
  5. PP atau PolyPropylene juga baik digunakan untuk tempat minuman maupun makanan. Jenis Plastiksemacam ini lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah dan biasanya digunakan untuk botol minum bayi.
  6. PS atau PolyStyrene merupakan Jenis Plastik yang digunakan untuk tempat minum atau makanan sekali pakai. Mengandung bahan bahan Styrine yang berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi dan sistem saraf.
Dengan pengetahuan singkat di atas pelaku UMKM bisa berkonsultasi dengan supplier kemasan untuk menentukan jenis plastik yang akan dipakai untuk kemasannya sehingga plastik yang digunakan untuk kemasannya tidak membahayakan kesehatan pada makanan dan minuman yang dikemasnya.