Laman

  • Home

Rabu, 19 Agustus 2015

Kobra Express, Mitra Ekspedisi Toko Online

Kunci sukses dari Toko Online adalah distribusi barang ke pembelinya. 

Distribusi barang dari toko online ke pembeli merupakan proses terpenting dari bisnis toko online, disamping sistem pembayaran transaksinya. Pemilihan mitra transportasi baik kurir maupun ekspedisi perlu diseleksi dengan baik dan tidak merugikan pihak pembeli. 

Seringkali dijumpai kasus keterlambatan kirim dari waktu delivery yang disepakati dan bahkan ada barang yang sampai tujuan dalam kondisi rusak karena handling transportasi yang salah dan ceroboh. Tidak sekali dua masalah ini terjadi dan ujung-ujungnya pedagang online yang dirugikan karena mendapatkan komplain dari customer. 

Beberapa kurir dengan nama besar memang selalu menjadi pilihan pada pedagang online untuk menjadi mitra distribusi, misalnya JNE, TIKI, Wahana dan PT Pos Indonesia, meskipun adalah yang lain tapi nama besar keempat kurir tersebut yang paling mendominasi. 

Dominasi JNE dalam bisnis ini memang masih sangat luar biasa kerena kemampuan penetrasi mereka melakukan kontrak dengan beberapa marketplace dan layanannya yang 24 jam operasi. Toko online pun juga mempercayakan kepada kurir yang satu ini, meskipun bisa dibilang dengan harga yang premium. Di bawahnya PT Pos Indonesia dengan Pos Express-nya menempel ketat dan juga TIKI yang membayangi. Wahana logistics bermain di segmen bawahnya, sehingga sering menjadi pilihan toko online karena rate yang murah untuk ukuran retail.

Apakah selamanya Toko Online akan main retail ?

Bisnis Toko Online harus berkembang dan kirimannya pasti akan meningkat dari 1-2 kg menjadi di atas 5, 10 atau 20kg. Untuk kiriman 5kg ke atas akan lebih efisiens jika menggunakan ekspedisi seperti Kobra Express (5kg ke atas), Indah Kargo (20kg ke atas), Elteha, PCP, Dakota, Pandu Logistics, Pahala Express, ESL dan lain sebagainya. Semua pilihan ekspedisi tergantung dari kenyamanan dan kepuasan dari masing-masing pengirim. 

Kita perlu mencermati tujuan pengiriman kita sebelum menentukan ekspedisi mana yang akan kita pakai, karena setiap ekspedisi memiliki spesialisasi daerah terterntu yang harganya bisa lebih murah dari ekspedisi lain dan pengirimannya bisa lebih cepat. Dari pengalaman kami, untuk pengiriman ke Jakarta, Bandung dan Surabaya dari Semarang kami menggunakan Kobra Express dengan rate 5kg pertama Rp 50.000,- dan kg berikutnya hanya Rp 1.200 per kg. Cukup ringan bagi customer kita yang membayar onkos kirim tersebut.

Pengirman Sample Produk via Kobra Express

Kobra Express Semarang, Jl Moch Suyudi No 5 Semarang.

Layanan Tujuan Ekspedisi Kobra Express
Pengiriman-pengiriman paket dari Semarang ke luar Jawa kami sering menggunakan Indah Logistics, dengan minimal 20kg. Mengingat Indah Logistics ini ada kantor di Kuala Lumpur kami mencoba menawar harga pengiriman barang ke Malaysia dengan tarif yang ramah untuk UMKM Jawa Tengah agar ekspor Jawa Tengah ke Malaysia bisa murah dan cepat.

Jika layanan Indah Kargo tersebut telah "fixed" kami akan gandeng ekspedisi ini menjadi mitra di GetAsean.Com agar ongkir yang selalu menjadi ganjalan ekspor teman-teman UMKM ke Malaysia atau bahkan Singapura bisa terselesaikan. Sehingga ekspor Jawa Tengah ke Malaysia dan Singapura semudah kirim paket ke kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Tentukan pilihan kurir dan ekspedisi anda sesuai dengan kebutuhan customer.