Laman

  • Home

Jumat, 28 Agustus 2015

Klinik Bisnis Rumah UMKM - Pemasaran Kripik Buah, Kripik Ikan dan Kripik Buah Kelapa

Klinik Bisnis UMKM - Promosi dan Pemasaran
 
Siang ini kami berkesempatan lagi untuk berdiskusi dengan Mbak Yanti dari Semarang Utara yang memproduksi berbagai kripik buah, kripik ikan dan kripik buah kelapa. UMKM dari Kota Semarang ini mempresentasikan kemasan produknya yang sudah cukup baik dan berdiskusi dengan kami bagaimana menembus pasar modern maupun pasar tradisional lainnya.








Mengingat di Jawa Tengah produsen yang bermain di bidang ini belum begitu banyak, kami menyarankan untuk tidak fokus di pasar modern dahulu karena butuh waktu dan modal yang lebih besar.

Kami menyarankan untuk fokus memasok toko oleh-oleh yang sudah besar dan beberapa warung makan khas yang ramai. Untuk pemasaran online pun bisa ditempuh dengan strategi-strategi khusus yang perlu dipersiapkan sebelumnya.

Kami tertarik produk kripik cumi-cumi dan kripik daging buah kelapa.

Mungkin kripik buah sudah banyak yang tahu, tetapi kripik rujak belumlah banyak yang tahu kalo UMKM ini memproduksinya. Kripik rujak ini merupakan andalan dari produsen ini, disamping kripik cumi-cumi dan kripik daging buah kelapa.

Kripik cumi-cumi diproduksi terbatas sehingga perlu pemesanan awal, karena supply bahan baku yang sangat terbatas. Sementara kripik daging buah kelapa yang saat ini sedang menjadi trend di USA dapat diproduksi dalam jumlah cukup besar. 

Kapasitas produksi saat ini memang masih sekitar 10kg per penggorengan, atau bisa mencapai 100kg per hari. Tetapi jika pemasaran sudah lancar maka kapasitas produksi akan diperbesar lagi.

Butuh reseller untuk pemasaran online.

Untuk harga, dengan kemasan aluminium foil, produsen ini masih bisa menjual dengan harga kompetitif dan fokus mencari reseller. Mereka tidak akan menyentuh end user secara langsung selain dengan resellernya, biarlah nanti reseller-resellernya yang akan berjualan di market place seperti bukalapak.com, tokopedia.com dan elevania.com.

Sebuah peluang usaha bagi para pelaku toko online yang masih baru, yang masih mengalami kesulitan mencari produk. Dengan kemasan dan cita rasa produk yang sudah bagus, pelaku toko online akan menjadi terbantu dalam penjualannnya.