Laman

  • Home

Kamis, 06 Agustus 2015

Inilah Bagaimana Kami Membantu Memasarkan Produk UMKM

Promosi dan Pemasaran yang Dilakukan Rumah UMKM
 
Mungkin ada sementara pelaku UMKM yang belum bergabung dengan UMKM bertanya, bagaimana Rumah UMKM membantu promosi dan pemasaran produk UMKM Jawa Tengah ? Sebuah pertanyaan yang sangat wajar ketika mereka butuh bukti, bukan hanya sekedar janji-janji dalam seminar dan training. Dan kami pun harus menjawabnya dengan sebuah kegiatan nyata mengenai upaya-upaya promosi kami untuk mengupayakan solusi pemasaran bagi UMKM binaan kami.

Meskipun tugas kami adalah membantu promosi dan pemasaran produk UMKM, tetapi kami juga memiliki kewajiban moral untuk melakukan pemasaran secara langsung. 

RumahUMKM.net merupakan salah satu media promosi kami, karena pembaca RumahUMKM.net sebagiannya adalah pembeli produk UMKM, sehingga tulisan kami mengenai produk UMKM sangat membantu pembeli untuk mengenal dan mengetahui bahwa produk tersebut diproduksi oleh UMKM Jawa Tengah.

Produk batik dari Pekalongan yang beberapa waktu lalu kami tulis di media ini, mendapatkan banyak kontak dari pembeli karena keunikan dari produk batiknya, dan bahkan mendapatkan kesempatan mendapatkan fasilitas display di Galery sebuah resort mewah di Kabupaten Magelang. Beberapa produsen food and beverage juga sempat kami pertemukan dengan pemilik jaringan pemasaran internasional untuk lebih mengetahui kebutuhan pasar dan spesifikasinya di luar negeri yang sesuai dengan produk mereka. 

Belum lama kami juga sempat menulis mengenai produk tas kulit dari Semarang yang dalam waktu 2 hari sudah mendapatkan peminatnya untuk diperkenalkan di negaranya. 


Disamping upaya-upaya kami mempromosikan dan memasarkan produk UMKM melalui media online kami tersebut, kami juga melakukan pemasaran langsung ke pasar modern, pasar tradisional dan juga pasar ekspor. Beberapa UMKM sudah kami dampingi masuk pasar modern dan mendapatkan kontrak, meskipun hanya melalui surat rekomendasi dari kami.

Business Matching merupakan andalan Rumah UMKM

Kegiatan business matching merupakan upaya kami memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk berinteraksi dengan pembeli untuk mengetahui apa yang bisa disupply dan bagaimana melakukan supply kepada pembeli, baik pembeli lokal maupun dari luar negeri.
 


Business Matching, UMKM Produsen Lapis Legit dengan Pembeli

Business Matching, Produsen Gula Cair dengan Pembeli
Presentasi Produk kepada Pembeli

Presentasi Produk UMKM di Bandara
Ini merupakan rutinitas pemasaran dan promosi yang kami lakukan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM secara luas, baik lokal maupun internasional. Keberadaan dan fungsi Rumah UMKM ini merupakan manfaat daripada pembinaan-pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bappeda dan asosiasi yang terkait.

Tujuan Rumah UMKM ini merupakan value added bagi mitra kerja kami, yang berharap bahwa semua upaya pembinaan mereka bisa berbuah pemasaran produk yang nyata dan kami pun berupaya mewujudkannya.

GetAsean.Com kami bangun untuk menjadi sarana penjualan produk UMKM yang berorientasi ekspor, meskipun perjalanannya masih panjang tetapi dari kemajuan yang telah kami capai kami merasa optimis bahwa eCommerce ini bisa membantu pemaran produk UMKM Jawa Tengah di masa mendatang.

Sinergi kedua media (RumahUMKM.net dan GetAsean.Com) ibarat tangan kanan dan kiri, yang keduanya saling melengkapi. Rumah UMKM merupakan media online yang bisa dimanfaatkan untuk memperkenal dan mempromosikan produk UMKM yang menjadi binaan kami, sementara GetAsean.Com merupakan "pasar" yang kami bangun untuk mempertemukan pelaku UMKM selaku pedagang dengan pembeli. Berbagai kelemahan yang rata-rata dihadapi oleh UMKM dalam proses ekspor sudah kami berikan solusinya dengan kemudahan kirim dan transportasinya, pembiayaannya dan asuransi gagal bayar.

Rumah UMKM ke Depannya


Bahwa Rumah UMKM harus selalu berkembang baik dari sisi anggota maupun jangkauan programnya sudah menjadi pertimbangan kami ke depannya. Rumah UMKM harus menjadi pusat solusi pemasaran dan promosi produk UMKM dan menjadi referensi program pembinaan UMKM di masa mendatang. Memang apa yang kami miliki saat ini masih dalam kondisi yang serba terbatas, tetapi keyakinan kami bahwa konsep sinergitas yang kami usung akan membuat keterbatasan yang kami miliki bisa diminimalisasi atau bahkan diatasi oleh mitra-mitra kerja kami.

Saat ini kami selalu berupaya mencari mitra kerja asing yang bisa mempermudah akses pasar di luar negeri dan sekaligus membangun jaringan pemasaran. Kegiatan-kegiatan pendidikan dan latihan pun akan kami upayakan mendapatkan referensi pengetahuan dan wawasan dari mitra luar negeri.

Bantu kami untuk berjuang dan bantu kami pula untuk berkembang.