Laman

  • Home

Minggu, 01 November 2015

GetAsean.Com Berproses Membangun Marketplace

Kukrit Suryo Wicaksono, Ketua Umum Kadin Jawa Tengah

Bersama SMCCI - Singapore Malay Chamber of Commerce & Industry dan GMB - Gerakan Muda Berjaya Malaysia, Kukrit Suryo Wicaksono, Ketua Kadin Propinsi Jawa Tengah menggagas sebuah marketplace yang akan mempertemukan UMKM (SME) yang sudah siap ekspor dengan pembeli (importer) dari luar negeri. Marketplace ini kemudian dinamakan GetAsean.Com yang saat ini masih berproses membangun diri untuk menjadi media promosi dan pemasaran produk Jawa Tengah secara global.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa masalah utama di lingkup usaha skala kecil adalah masalah pemasaran. Keberadaan Kadin Jawa Tengah adalah untuk memberikan solusi atas masalah tersebut, baik dengan program Rumah UMKM yang telah diluncurkan sebelumnya maupun dengan program GetAsean.Com yang masih sangat belia ini.

Langkah pertama adalah menggalang produsen yang sebanyak-banyaknya.

Sosialisasi GetAsean.Com di Jawa Tengah telah memasuki putaran yang kedua, yang pertama digelar di Semarang untuk anggota Kadin (UMKM) di wilayah kota Semarang dan sekitarnya dan yang kedua digelar di Solo untuk anggota Kadin (UMKM) di wilayah Solo dan sekitarnya.

Putaran ketiga rencananya akan digelar di kota Pekalongan untuk anggota Kadin (UMKM) di wilayah kota dan kabupaten Pekalongan dan sekitarnya.

Tujuan dari sosialiasi ini adalah untuk menggalang produsen yang sudah siap ekspor menjadi anggota GetAsean.Com dan bertindak selaku penjual dalam marketplace ini. Tidak hanya yang sudah menjadi anggota Kadin, kesempatan ini juga dibuka untuk  yang belum menjadi anggota Kadin untuk mengetahui dan memahami program Kadin Jawa Tengah ini.

Semakin banyak produsen (UMKM) yang menjadi anggota GetAsean.Com, maka marketplace ini akan semakin cepat berkembang dan segera bisa dirasakan hasilnya. Sementara itu Team GetAsean.Com secara gencar melakukan promosi dan pemasaran GetAsean.Com ini ke mancanegara agar produk-produk yang ada di GetAsean.Com cepat dikenal secara global. 

Sambil melangkah, melakukan pembinaan.

Sudah barang tentu kendala selalu ada, oleh sebab itu sambil melakukan sosialisasi dan pemasaran marketplace ini kami juga melakukan pembinaan dan konsultasi kepada UMKM yang ingin masuk dan sudah menjadi anggota GetAsean.Com. 

Masalah utama yang sering kami temuai adalah masalah perijinan usaha dan sertifikasi produk (PIRT/MD dan Halal) disamping masalah kemasan yang masih menyisakan pekerjaan rumah yang menggunung. 

Untuk menjangkau sosialisasi program GetAsean.Com, RumahUMKM.net juga aktif memberikan edukasi secara online melalui situsnya. Teman-teman UMKM yang memiliki keterbatasan waktu dan biaya untuk berkonsultasi dengan kami secara langsung dapat dengan mudah mengakses situs RumahUMKM.net. 

RumahUMKM.net juga aktif mempromosikan produk-produk unggulan Jawa Tengah yang kebetulan diminati oleh pasar luar negeri dan pasar lokal. 

Memperluas jaringan kemitraan.

Saat ini kami terus memperluas jaringan kemitraan dengan dinas-dinas terkait dengan pembinaan UMKM dan IKM di Jawa Tengah, seperti Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah, BAPPEDA, Dinas Kesehatan, MUI dan BPOM. Kemitraan ini kami tujukan untuk memberikan solusi pemasaran dari program pembinaan UMKM dan IKM dinas-dinas terkait tersebut.

Mengingat kendala pelaku UMKM yang kurang begitu akrab dengan internet, kami juga melakukan usaha jemput bola dengan mendatangi pelaku usaha secara langsung dan membantunya registrasi dan membuat proposal di GetAsean.Com.

Kami berharap dengan perluasan jaringan kemitraan ini, UMKM-UMKM yang berada di luar jangkauan kami sebelumnya bisa terjangkau dan bergabung segara.