Laman

  • Home

Kamis, 06 Agustus 2015

Gelar Promo Industri Agro Jawa Tengah Dibuka Hari Ini

Pembukaan Gelar Promo Industri Agro Jawa Tengah

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Gelar Promo Industri Agro Jawa Tengah, dengan tujuan untuk :
  1. Untuk meningkatkan peluang industri makanan lokal Jawa Tengah agar mampu menjadi pilihan makanan bagi masyarakat luas serta meningkatkan eksistensi makanan produk lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.
  2. Untuk meningkatkan nilai tambah dan peluang pemanfaaatan bahan baku lokal untuk industri makanan dengan aneka diversifikasi, inovasi dan kreatifitas produksi agar semakin kompetitif dipasaran dalam negeri maupun ekspor.
  3. Untuk mendorong, memotivasi dan mempromosikan produk olahan makanan berbagai daerah Jawa Tengah agar lebih diminati, dan menarik pelaku usaha di bidang makanan untuk berperan lebih konkrit dalam pengembangan produk – produk olahan makanan di Jawa Tengah.
  4. d.  Meningkatkan apresiasi segenap masyarakat terhadap keragaman produk olahan makanan berbahan baku lokal Jawa Tengah. 
Jenis produk yang ditampilkan diantaranya : Aneka macam keripik, olahan ikan, makanan ringan, madu, sale pisang, kopi, telur asin, olahan buah sayur dan daging, berbagai jenis criping, aneka olahan berbasis ubi, aneka makanan - minuman berbasis susu dan masih banyak lagi. Pameran akan diselenggarakan di Java Supermall , dimulai sejak hari kamis Tanggal 6 Agustus 2015 sampai dengan Hari Minggu tanggal 9 Agustus 2015 dengan jam operasional buka jam 10.00 WIB dan tutup pukul 20.30 WIB.
 
Tercatat sebanyak 45 Stand akan mengisi pameran ini, yang terdiri dari 45 Stand dari IKM (industri Kecil Menengah) Kabupaten / Kota dan Industri Pangan Swasta .
 
Pembukaan direncanakan oleh Bapak Kepala Dinas dengan  berbagai rangkaian kegiatan yang menunjang kemeriahan dari pameran  ini, yaitu :
  • Pojok Pintar, yaitu booth layanan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah dengan narasumber dari Kadin, BPOM dan Klinik Kemasan yang menawarkan kesempatan untuk berkonsultasi terkait dengan proses olahan pangan yang baik,kemasan produk makanan dan manajemen usaha, konsultasi dibuka selama pameran.
  • Lomba Vocal anak dilaksanakan pada hari Jumat, tgl 7 Agustus 2015
  • Lomba Fashion Show Anak dilaksanakan pada hari Sabtu, tgl 8 Agustus 2015
  • Lomba Lazy Anak akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 9 Agustus 2015 mulai jam 09.00 – selesai , dan diisi hiburan dongeng anak.
Berbagai hiburan dan spontanitas konsumen cerdas untuk pengunjung akan mengisi kekosongan acara setiap hari.
 
Akhir acara pameran ini, akan dilakukan penutupan yang diawali dengan pengumuman semua pemenang lomba, pada hari Minggu tgl 9 Agustus 2015, jam 17.00 – selesai. 
 
Dengan diadakannya rangkaian kegiatan ini , diharapkan Gelar Promo Industri Agro Jawa Tengah ini mampu memberikan stimulus untuk berkompetisi dengan meningkatkan mutu, kualitas dan layanan profesional Industri kecil Menengah dan pada akhirnya turut serta menumbuh kembangkan bisnis industri berbasis pangan yang ada di Jawa Tengah menjadi semakin kompetitif yang pada akhirnya akan menguatkan perekonomian daerah dan menunjang perekonomian nasional.

---- 

Untuk ke sekian kalinya kami bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah, pada kesempatan ini kami diminta mengisi Klinik Bisnis yang bertajuk "Pojok Pintar" di Pameran "Gelar Promo Agro Jawa Tengah" yang berlangsung di Java Mall dari tanggal 6 - 9 Agustus 2015 atau yang dimulai pada hari ini.

Promosi dan pemasaran produk merupakan spesialisasi kami, dan berdampingan dengan BPOM dan Team Kemasan dari Disperindag, kami akan mendampingi peserta pameran maupun UMKM yang berkunjung ke acara ini untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang terkait dengan kemasan, serifikasi BPOM dan pemasaran produk.

Pembukaan Acara di Java Mall Semarang

Stand Pojok Pintar

Ibu Ratna Kawuri, KaBid Industri Agro, Kimia dan Hasil Hutan Memberikan Sambutan

Bapak Priyo Anggoro, Kepadal Disperindag Prop Jawa Tengah Memberikan Sambutan
Apa yang menarik dari pameran ini ?

Pameran dengan konsep terbuka ini bagi kami sangat menarik, karena memberikan kesempatan IKM dari masing-masing kota/kabutapaten untuk saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Pengunjung pun mudah melihat stand samping kanan dan kirinya. Suasana pameran pun kelihatan semakin "luas" dan komunikatif. Di samping itu biaya stand juga bisa ditekan dan diefisiensikan.

Konsultasi Promosi dan Pemasaran Rumah UMKM

Di hari pertama ini kami memberikan konsultasi dengan cara "jemput bola" yaitu dengan cara mendatangi semua stand dari kota dan kabupaten untuk memberikan solusi kreatif pemasaran dan promosi karena pada hari pertama ini semua peserta stand pasti akan sibuk dengan "penyesuaian". Konsultasi maupun dialog kami lakukan di masing-masing stand sekaligus pemanasan dan ekplorasi produk UMKM yang bisa kami ajak gabung di GetAsean.Com.

Stand Kota Semarang, klien kami adalah Roti Ganjel Ril

Produk Olahan Terong dari Kabupaten Wonosobo

Sabun Susu dari Kab Boyolali

Dried Fruit dari Kab Pemalang

Kerupuk Ikan Tengiri dari Kab Cilacap

Jamu Herbal dari Kab Sukoharjo

Gula Aren Batok dari Kab Kendal

Dari Kab Banjar Negara, kami justru tertarik angkringan dawetnya.

Kacang Oven Jepara andalan Kab Jepara

Sebetulnya masih ada beberapa produk unik dari UMKM yang tidak sempat kami ambil gambarnya, seperti minya bulus dari Kab Cilacap yang tidak ditemukan di daerah lain. Krupuk bandeng dari Kab Pati juga sempat saya cicipi dan menarik perhatian saya.

Dari Kabupaten Tegal, kami tertarik dengan produk abon ikan lele yang kami harapkan bisa tembus pasar ekspor. Abon sapi dari Purbalingga dan Kab Boyolali juga merupakan produk yang masih bisa dikembangkan pasarnya.

Beberapa produk snack dari Kab Tegal, Kab Blora, Kab Kendal masih perlu mendapatkan perhatian dari dinas terkait dalam masalah pembinaan kualitas dan kemasannya. 

Kami berharap keberadaan pojok pintar di pameran ini bisa dimanfaatkan oleh peserta maupun pengunjung untuk berdialog dan melakukan konsultasi untuk mencari solusi permasalahan yang mereka hadapi.