Laman

  • Home

Rabu, 12 Agustus 2015

Carton Box Recycle Pun Oke-lah !

Tidak hanya kemasan produk saja yang menjadi perhatian para UMKM, tetapi kemasan untuk pengiriman juga masih menjadi PR karena biayanya yang cukup tinggi.

Beberapa produsen carton box pun melihat peluang "carton box recycle" sebagai salah satu alternatif untuk melayani pasar UMKM. Memang tidak mudah mencari supply carton box bekas dengan kualitas yang seperti baru, tetapi salah satu UMKM Semarang yang bergerak di bidang pembuatan box packaging ini sudah mampu membangun supply bahan baku dengan baik.

Kapasitas produksinya saat ini adalah 1 ton per minggu, dengan efisiensi biaya pembuatan carton box adalah 20-40% dari carton box baru dan bahkan minimum ordernya tidak "sekeras" ketika order carton box baru.


Pelaku Toko Online Butuh Box Pengiriman 

Pada kesempatan ngobrol sore ini dengan Mas Zen dan rekannya, kami menyarankan beliau untuk menyasar segmen toko online di Jawa Tengah yang selama ini kesulitas mencari carton box untuk pengiriman produknya lengkap dengan sablon nama toko onlinenya.
Tampilan carton box yang menarik akan menambah kredibilitas dari toko online tersebut, meskipun sklanya masih kecil. 

Meskipun recycle, carton box dari pelaku UMKM ini berkesan baru, hanya saja di bagian dalam carton box tersebut masih adalah sablon dari kemasan sebelumnya. Namanya juga recycle.

Biaya carton box recycle yang lebih rendah ini akan membantu UMKM pelaku toko online bisa berhemat dalam biaya kemasan.