Laman

  • Home

Minggu, 02 Agustus 2015

Beli-Beli di GetAsean.Com - Kerajinan Kulit & Tenun Cantik !

RumahUMKM.net dan GetAsean.Com dibuat dan didesain untuk membantu pemasaran produk UMKM Jawa Tengah, terutama untuk jangkauan ekspor meskipun tidak harus dengan kuantitas yang besar. Perlu upaya sosialisasi yang masif ke segenap pelaku UMKM di Jawa Tengah dan perlu bantuan dari rekan-rekan UMKM untuk saling menginformasikan fasilitas ini kepada pelaku UMKM yang lain.

Pada tahapan ini UMKM yang bergerak di produk non food sudah bisa langsung berkiprah, beberapa sedang mempersiapkan pembenahan kualitas produk, kapasitas dan kontinuitas supply disamping juga beberapa legalitas yang dibutuhkan. Untuk produk food memang butuh persiapan yang lebih banyak karena untuk produk ini tidak hanya saja berhenti di PIRT dan HALAL saja, tetapi diperlukan sertifikat HACCP dan sertifikat lain yang terkait.

Presentasi Foto Produk Harus Menarik

Harus disadari bahwa kita masuk ke dunia maya, foto produk adalah komunikasi awal kita kepada konsumen. Kami sudah sering mengingatkan untuk perbaikan packaging dan foto produk agar konsumen langsung "jatuh hati" pada pandangan pertama. Foto produk yang baik adakan komunikasi yang efektif kepada konsumen, dan itu harus dilakukan oleh teman-teman UMKM untuk menarik perhatian konsumen.

Hal ini sudah dipahami oleh salah satu UMKM binaan kami di Semarang, yaitu Palupi Craft, yang produk-produknya disajikan sebagaimana foto-foto produk berikut.Suatu awalan komunikasi yang baik dengan penyajian foto produk seperti di bawah ini.





















Produk dari Palupi Craft bermaterial dasar kulit dengan dipadu material tenun, batik dan rajut. Pasar yang dibidik adalah wanita aktif yang butuh fashion terutama usia produktif (usia kerja). Produk ini awalnya untuk membidik pasar lokal, tetapi pada perkembangannya UMKM harus juga berorientasi global dan harus berani ekspor meskipun dalam kuantitas kecil.

Dengan berorientasi global, maka UMKM akan selalu terpacu untuk belajar terus meningkatkan kualtias produk dan pengetahuan pasar internasional. Hal ini kami maksudkan bahwa ketika MEA dibuka, maka UMKM sudah siap bersaing.

Pembelian Melalui GetAsean.Com

Mungkin akan ada pertanyaan dari beberapa calon pembeli di luar Jawa Tengah atau Indonesia bagaimana cara membeli produk ini. Palupi Craft adalah anggota Kadin Jateng yang telah teregistrasi di GetAsean.Com dan produknya pun sudah mulai didisplay di eCommerce tersebut sehingga calon pembeli bisa melakukan transaksi melalui eCommerce tersebut.

GetAsean.Com memberikan ruang dan waktu untuk berkomunikasi perihal spesifikasi produk dan kemampuan supply dari supplier, dan komunikasi ini akan terekam sebagai arsip komunikasi. Ketika semua pihak sudah OK, maka transaksi pun bisa dilakukan melalui GetAsean.Com dengan kurir yang telah ditunjuk oleh GetAsean.Com dengan tujuan untuk kontrol proses perdagangannya.

Silahkan visit GetAsean.Com dan mulailah bertransaksi dengan supplier ini.