Laman

  • Home

Sabtu, 25 Juli 2015

Tips SEO untuk Bisnis Online Berbudget Rendah




Seringkali dalam menjalankan usaha, terutama usaha kecil, memiliki budget yang sangat terbatas untuk marketing. SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu usaha marketing melalui media online. Ada banyak sekali trik-trik SEO yang dapat dilakukan tanpa menghabiskan banyak dana, apalagi setelah SEO berkembang lebih dari sekedar optimasi halaman dan link building. Berikut 5 tips SEO jitu untuk usaha kecil ber-budget rendah:

1. Mulai dengan Media Sosial
Walaupun Google tidak menggunakan aktivitas media sosial sebagai faktor ranking pencarian, terdapat korelasi yang kuat di antara dua hal ini. Dalam satu studi kasus, peringkat website suatu perusahaan naik 6.9 persen setelah Facebook Page-nya mendapat 50 likes dan 70 shares.
Lebih dari itu, Twitter menjalin kesepakatan dengan Google untuk membuat tweet terlihat dalam daftar pencarian Google.
Tidak, kamu tidak harus ada di setiap media sosial.
Sebelum kamu memutuskan akan menggunakan media sosial apa, tentukan dulu demografi pelangganmu, apakah media sosial yang digunakan akan cocok dengan mereka. Facebook memiliki kecocokan paling tinggi dengan kebanyakan demografi pengguna.
 
2. Perbarui Websitemu
Berdasarkan survey pada tahun 2014, hampir 40 persen website usaha kecil-menengah dibuat oleh “diri sendiri, pegawai, teman, atau sanak-saudara”. Memiliki kamera tidak serta merta akan menghasilkan foto yang bagus. Ini adalah sebab mengapa banyak usaha kecil-menengah tidak sukses dengan websitenya sekarang.
Mengubah tampilan website agar lebih enak dilihat tidak begitu susah. Mengubah struktur website agar tampil di halaman depan mesin pencari dan meng-convert pengunjung menjadi pembeli membutuhkan sentuhan profesional. Hal-hal berikut harus kamu lakukan untuk mewujudkan website yang lebih baik:
  • Perbarui Konten;

    Hampir 2 dekade setelah web menjadi hal yang umum, pepatah lama “Content is King” masih berlaku. Tanpa konten yang relevan dan ditulis dengan baik, websitemu hanya memiliki kesempatan kecil untuk tampil di peringkat teratas mesin pencari.

  • Optimasi Halaman Website

    Mesin pencari menentukan tentang apakah website kamu lewat struktur HTML berupa title, URL, heading, dan konten tiap halaman. Akan lebih baik jika kita membuat halaman untuk tiap-tiap produk atau layanan, dan gunakan kata kunci yang tepat beserta variasinya untuk tiap halaman. 

    Perlu diingat, jangan jejali halamanmu dengan terlalu banyak kata kunci untuk mendapatkan peringkat yang bagus. Mesin pencari kini semakin pintar dan ia tidak akan segan-segan mem-penalti websitemu jika kontenmu tidak ditulis secara natural. Konten yang dapat dibaca kebanyakan orang akan memiliki peringkat lebih tinggi daripada konten untuk robot pencarian.

1430441588on-page-keyword-information
  • Riset Kata Kunci;

    Sebelum melakukan optimasi halaman di poin sebelumnya, lakukan riset terhadap kata kunci terbaik untuk websitemu! 

    Banyak pemilik bisnis berasumsi mereka sudah tahu kata kunci mana yang orang-orang gunakan untuk mencari produk atau jasa mereka. Mereka mengabaikan data yang tersedia di internet. Yakinlah, informasi pencarian pengguna di Google lebih akurat daripada “kata kunci terbaik menurutku”.

3. Akomodasi Pengguna Mobile

Pada 21 April 2015, Google secara resmi menambahkan “mobile friendliness” sebagai salah satu faktor peringkat pencarian. Ini berarti website yang dapat tampil dengan baik di perangkat mobile akan mendapat peringkat lebih tinggi pada hasil pencarian mobile.

Bagaimana Mengecek Apakah Websitemu Sudah Mobile-Friendly?

Untuk menentukan apakah suatu website sudah Mobile-Friendly atau belum, kamu bisa menggunakan smartphone  atau tablet. Pastikan fungsional tiap bagian website berjalan semestinya, teks dapat terlihat jelas, tombol atau link dapat dipilih dengan nyaman tanpa menyebabkan salah pilih, dan lain-lain. Untuk analisis yang lebih lanjut, kamu dapat menggunakan Mobile-Friendly Test milik Google atau tools lainnya.

4. Telusuri Lebih Dalam
Mesin pencari menggunakan software otomatis yang disebut crawler/spider untuk menelusuri website. Saat menemukan website, ia akan menelusuri setiap bagian dari website, termasuk link yang ada, untuk menambahkan konten ke database mereka.
Kadang-kadang crawler menjumpai error yang membuatnya gagal menelusuri seluruh bagian dari website. Sayangnya, kamu tidak akan pernah mengetahui error tersebut jika kamu tidak menelusuri lebih dalam struktur websitemu.

Gunakan Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools akan menunjukkan padamu error yang ditemui crawler. Kamu bisa mempelajari error yang ada lalu segera bertindak untuk memperbaikinya.

Buatlah Sitemap

Sitemap adalah file XML yang berisi daftar seluruh halaman yang ada pada websitemu sehingga mesin pencari dapat menelusuri websitemu dengan lebih efisien. Sitemap akan sangat berguna jika websitemu tergolong baru atau besar dan memiliki jumlah halaman yang banyak.

5. Cantumkan Informasi Bisnismu di Internet
Terdapat banyak direktori yang dapat kamu gunakan untuk mencantumkan informasi bisnismu seperti nama, kontak, alamat, serta lokasinya pada peta. Semakin banyak dan konsisten informasi bisnismu tersedia di direktori online, semakin tinggi pula kemungkinan Google untuk mem-verifikasi bahwa bisnismu benar-benar nyata dan informasi yang kamu berikan akurat.

6. Biarkan Pelanggan yang Berbicara
Review atau ulasan juga merupakan faktor penentu peringkat lokal. Dalam dunia Google, semuanya setara, sehingga bisnis dengan lebih banyak review berpotensi besar mengalahkan kompetitor yang tidak memiliki review. Ini berarti pengalaman pengguna terhadap suatu bisnis juga akan menentukan peringkat bisnismu di Google. Jangan lupa untuk menanggapi setiap review dengan bijak. Positif atau negatif, keduanya dapat kamu gunakan untuk meningkatkan performa bisnismu!
Memiliki usaha kecil dengan budget yang terbatas terbukti tidak membatasi kreatifitas dalam pengaplikasian teknik SEO. Dengan memerhatikan 6 poin di atas, kamu bisa terus membuat bisnismu menjadi top pencarian di halaman pertama Google tanpa harus membuat visitor kecewa dengan konten yang spamming.
Sumber: Shafira Indah Meutia