Laman

  • Home

Sabtu, 11 Juli 2015

Serial Pembuka Mindset Online : Kisah Jack Ma yang Inspiratif

Jack Ma - CEO Alibaba.Com
Sosok Jack Ma memang sangat inspiratif, ini yang membuat saya ingin berbagi kisahnya dengan teman-teman UMKM di Jawa Tengah mengenai mindset online atau berpikir digital meskipun kita sendiri bukan orang yang kesehariannya akrab dengan teknologi online. Bahwa Jack Ma yang sekarang ini adalah orang terkaya di China dan termasuk dalam daftar orang kaya di dunia adalah orang yang sebelumnya tidak paham internet tapi mampu membangun bisnis yang berbasis internet. Kisah Jack Man ini banyak menginspirasi pengusaha bisnis online di dunia. 

Bisnis online tidak berbatas, sedemikian halnya dengan pelakunya yang tidak dibatasi oleh orang yang kenal internet maupun yang tidak kenal sama sekali. 

Dari beberapa sumber, saya mencoba untuk menggabungkannya sebagai kisah yang inspiratif untuk membuka mind set online teman-teman UMKM di Jawa Tengah.

Anda miskin karena Anda tidak memiliki ambisi.

Jack Ma: Sebelum saya mendirikan Alibaba, saya mengundang 24 teman-teman ke rumah saya untuk membahas peluang bisnis. Setelah membahas selama 2 jam penuh, mereka masih bingung - Saya harus mengatakan bahwa saya mungkin tidak menempatkan diri dengan cara cara yang jelas maka, maka keputusannya: 23 dari 24 orang di ruangan itu mengatakan kepada saya untuk membatalkan ide saya, untuk banyak alasan, seperti: 'Anda tidak tahu apa-apa tentang internet, dan lebih menonjol, Anda tidak memiliki start-up modal untuk ini ' dan lain lain

Hanya ada satu teman (yang bekerja di bank) yang mengatakan kepada saya, "Jika Anda ingin melakukannya, coba saja. Jika sesuatu tidak bekerja seperti yang anda harapkan, anda selalu dapat kembali ke apa yang anda lakukan sebelumnya. 

"Saya merenungkan hal ini untuk satu malam, dan pada keesokan harinya, saya memutuskan saya akan tetap melakukannya, bahkan jika semua 24 orang menentang gagasan itu."

Keberanian mengambil keputusan dari Jack Ma, meskipun banyak ditentang orang.
Ketika saya pertama kali mulai Alibaba, saya langsung mendapatkan perlawanan yang kuat yang kuat dari keluarga dan teman-teman. Melihat masa lalu, saya menyadari bahwa dorongan terbesar saya adalah tidak percaya diri di dunia internet dan potensi yang dimilikinya, tetapi lebih dari ini: "Tidak peduli apa yang dilakukan seseorang, terlepas dari kegagalan atau keberhasilan, pengalaman adalah bentuk sukses itu sendiri. "Kau harus terus mencoba, dan jika tidak bekerja, Anda selalu dapat kembali ke apa yang Anda lakukan sebelumnya."

"Semua orang bermimpi: tapi tidak sama. Mereka yang bermimpi di relung gelap malam dan terjaga pada siangnya tanpa apa-apa (sia-sia). Tapi pemimpi di siang hari adalah orang yang berbahaya, karena mereka melakukannya dengan mata terbuka, dan membuatnya mungkin." 
Jack Ma: Orang kalah dalam hidup karena ini 4 alasan:
  •     Menjadi rabun atas kesempatan
  •     Menunduk pada kesempatan
  •     Kurang pemahaman
  •     Gagal untuk bertindak cukup cepat
Ini adalah dasar "berpikir digital" yang harus dimiliki oleh setiap orang ketika ingin menjadi entrepreneur, dan tanpa disadari meskipun tidak punya pengetahuan internet (digital), Jack Ma sudah memiliki pemikiran digital.

Anda miskin, karena Anda tidak memiliki ambisi.
Ambisi hidup dari cita-cita besar; tujuan besar dalam hidup yang harus diwujudkan.
Di dunia ini, ada hal-hal yang dianggap tak terduga, tapi tidak ada di dunia ini yang tidak dapat dilakukan. Kedalaman ambisi seseorang menentukan potensi seseorang di masa depan.
Sebagai contoh:

Kisah Juliet Wu Shihong - salah satu manajer profesional Cina generasi pertama, yang menjalani perjalanan kesuksesan dengan bekerja sebagai tenaga kebersihan, perawat, seorang eksekutif pemasaran, dengan belajar sendiri dan belajar pada pekerjaan.

Dia telah menjadi General Manager dari berbagai perusahaan IT multinasional yang terkenal di China (Microsoft 1985-1998; IBM 1998-1999). Dia juga merupakan eksekutif perusahaan internasional China pertama yang sukses yang tergabung dalam tim eksekutif perusahaan swasta domestik. Wu dipandang sebagai simbol generasi baru dari eksekutif bisnis China telah menghasilkan reformasi ekonomi dan keterbukaan.
 
Ketika memulai karir di sebuah perusahaan besar Wu mulai dari jajaran terendah, pekerjaannya sehari-hari adalah adalah menuangkan teh dan menyapu lantai. Suatu hari karena dia lupa kartu pass staf-nya, Satpam menahannya di pintu masuk dan menolaknya masuk. Dia menjelaskan kepada penjaga bahwa ia memang salah satu karyawan perusahaan, dan hanya meninggalkan gedung untuk sementara waktu untuk membeli perlengkapan kantor.

Meskipun sudah dijelaskan, Satpam perusahaan masih tidak mengijinkannya untuk masuk. Saat ia berdiri di pintu gerbang, ia melihat orang-orang dengan usia yang sama dengannya, tapi rapi dan mengenakan pakaian bisnis berjalan masuk tanpa harus menunjukkan kartu pass mereka.
 
Dia bertanya kepada Satpam: "Mengapa orang-orang diizinkan masuk tanpa kartu pass ?" Satpam tersebut tidak menanggapinya. 

Itu adalah titik balik bagi Wu - ia merasa malu, harga dirinya diinjak-injak.
 
Dia melihat dirinya sendiri, mengenakan pakaian lusuh dan mendorong keranjang kotor. Melihat kembali mereka yang mengenakan pakaian rapi, hatinya merasa sakit yang mendalam atas kenyataan diskriminasi ini. Sejak saat itu, dia bersumpah tidak akan membiarkan dirinya dipermalukan seperti ini lagi, dan menjadi terkenal di dunia.

Sejak itu, ia menggunakan setiap kesempatan untuk memperkaya dirinya sendiri. Setiap hari, dia adalah orang yang pertama tiba di tempat kerja dan yang terakhir meninggalkannya. Dia memanfaatkan setiap detik kerjanya untuk belajar dan belajar. Usahanya tersebut segera terbayar; dia mejandi sales representatif, dan dengan cepat berkembang menjadi general manager regional perusahaan multinasional di Cina tersebut. Wu tidak memiliki kualifikasi akademik yang kuat, tapi dihormati sebagai 'Ratu Part-timer'. Selanjutnya, ia menempati posisi GM di IBM Cina. Ini adalah Wu Shihong, tokoh dalam lingkaran bisnis Cina.

Jika tidak untuk kejadian itu, Wu Shihong tidak akan memiliki ambisi untuk menjadi kaya, dan hidupnya akan mengambil jalan yang sangat berbeda maka.


"Saya tidak ingin disukai. Saya ingin dihormati."
Pelajarannya adalah:
  •  Anda miskin karena Anda tidak memiliki keinginan untuk menjadi sukses.
  •  Anda miskin karena Anda tidak memiliki pandangan ke depan.
  •  Anda miskin karena Anda tidak dapat mengatasi sifat anda yang pengecut.
  •  Anda miskin karena Anda tidak memiliki keberanian dan tekad.
Dengan ambisi Anda dapat mengatasi semua inferioritas dan memaksimalkan potensi Anda!Dengan ambisi Anda dapat bertahan, terus belajar hal-hal baru dan berusaha untuk kesempurnaan.
Dengan ambisi Anda dapat menentang segala rintangan, dan menciptakan keajaiban ketika orang lain tidak berani.

Tidak peduli seberapa buruk keluarga anda, jangan ragukan kemampuan anda sendiri dan melupakan ambisi anda.
Ketika keluarga anda menganggap anda tidak berharga, tidak ada yang akan kasihan dengan anda.Ketika orang tua anda tidak memiliki uang untuk membayar tagihan medis, tidak ada yang akan kasihan dengan anda.
Ketika anda dikalahkan oleh pesaing Anda, tidak ada yang akan kasihan dengan anda.
Ketika orang yang anda cintai meninggalkan Anda, tidak ada yang akan kasihan dengan anda.
Bila Anda belum mencapai sesuatu pada saat Anda berada 35, tidak ada yang akan kasihan dengan anda.

Tetap Semangat: "Hari ini berat, besok akan lebih berat, tapi hari setelah besok akan bersinar."
"Saya suka bermain kartu, saya tidak terlalu bagus, karena saya tidak suka menghitung, saya hanya bermain dengan instring. Tetapi saya belajar banyak filosofi bisnis dengan bermain poker." - Jack Ma
"Kami menyelesaikan 60 juta transaksi setiap hari. Orang tidak saling mengenal. Saya tidak tahu anda, Saya kirim produk kepada anda, anda tidak tahu saya, anda transfer uang kepada saya."
"Anda harus belajar dari kompetitor anda, tapi jangan meng-copy. Copy dan bisnis anda akan mati." - Jack Ma
"Saya berharap 15 tahun lagi orang akan melupakan eCommerce - Karena mereka berpikir ini seperti listrik." Yang artinya ini akan jadi sebuah kebutuhan yang mendasar.
"Saya tidak pernah mengira saya punya uang. Ini milik masyarakat." - Jack Ma




Pelajaran sejarah perjalanan Jack Ma yang perlu kita tahu.


Untuk lebih lengkap mendalami kisah inspiratif Jack Ma, perlu kita mengetahui sejarah perjalanan Jack Ma dari awal sampai sekarang menjadi orang yang sangat dihormati karena keberhasilannya membawa Alibaba.Com menjadi eCommerce yang terbesar di dunia dan menjadikannya sebagai orang terkaya di China, sementara dia sendiri bukan orang yang ahli di bidang IT.
 
  1. Hidup susah. Lahir dalam zaman komunis dan keluarga miskin, Jack Ma benar-benar mengawalinya dari nol dan dimulai dari ambisi yang luar biasa.
  2. Sanggup kerja tanpa gaji untuk belajar ilmu. Hanya karena Jack Ma ingin belajar Bahasa Inggris waktu remaja, dia sanggup bangun jam 5 pagi, duduk depan hotel untuk beri tour percuma asalkan beliau dapat belajar Bahasa Inggris. Practise makes perfect, Jack Ma adalah orang yang realistis dan lebih senang belajar dari pengalaman yang dia jalani.
  3. Tak pandai belajar. Gagal dalam 2 kali ujian masuk perguruan tinggi, dan hanya mampu lulus percobaan ke-3 untuk menjadi guru.
  4. Tidak ada orang yang mau memperkerjakan Jack Ma. Jack Ma banyak mengikuti wawancara (lebih dari 30 perusahaan) setelah tamat sekolah. dan selalu ditolak. Ingin jadi polisi dia dibilang tidak layak dan tidak cakap.Hal yang paling menyedihkan adalah ketika KFC akan buka di China dan mereka melakukan walk-in interveiw kepada. 24 orang, 23 orang dapat bekerja di KFC, kecuali Jack Ma ! Dan KFC pun tak mau ambil Jack Ma sebagai karyawan.
  5. Gagal berniaga. Pernah gagal dalam dua kali perdagangan lain sebelum AliBaba.Com. 
  6. Tanpa pengalaman. Tanpa sedikit pun pengalaman atau pendidikan akdemik dalam bidang komputer dan IT. Jack Ma membuka perusahaan AliBaba pada 1998, dan perusahaan ini rugi selama 3 tahun tanpa keuntungan.
  7. Tetap yakin diri. Beliau kemudian membuat program untuk proses pembayaran bernama AliPay, dan banyak kawan dan pelanggan Jack yang berkomentar: “Ini idea paling bagus dalam semua idemu”. Saat ini, Alipay ada 800 juta pengguna.
  8. Fokus. Niat Jack Ma membuka Alibaba adalah untuk membantu perdagangan UMKM di China yang menjual produk mereka di platform global. Sampai hari ini fokus beliau masih sama.
  9. Saat ini, beliau orang yang paling kaya di China, dengan nilai USD20 Bilion. IPO Alibaba merupakan IPO terbesar di dunia, dibuka di New York Stock Exchange (NYSE). Platform Alibaba digunakan oleh lebih seratus juta orang setiap hari.
jack-ma-3
"Ingat bahwa kesuksesan anda di masa lalu mungkin membawa kegagalan anda di masa mendatang. Namun, jika anda belajar dari pelajaran setiap kegagalan, maka anda mungkin akan sangat sukses."
jack-ma-4
"Jika ada 9 kelinci di ladang, jika anda mau menangkap satu, fokuslah hanya pada satu kelinci." Inilah pelajaran dari Jack Ma yang paling berharga disamping keuletannya sebagai seorang pengusaha.
Semoga kisah Jack Ma ini mampu menginspirasi teman-teman semua, karena memang sangat luar biasa. 

"Tekad dan kemauan adalah modal utama dalam bekerja, fokus adalah jalur kesuksesan yang kita pilih dan sukses adalah sebuah pilihan yang harus kita ambil."