Laman

  • Home

Minggu, 12 Juli 2015

RumahUMKM.net, Tujuannya Untuk Menjangkau UMKM Yang Mobile

Akses RumahUMKM.net melalui Tablet

Website untuk Memudahkan UMKM Mengakses Rumah UMKM

Kami sadar bahwa UMKM Jawa Tengah tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang tidak bisa kami jangkau satu per satu karena jarak dan jumlah. Dari data Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah tahun lalu saja jumlah UMKM di Jawa Tengah sudah lebih dari 3.7 juta pelaku usaha. Sungguh jumlah yang luar biasa dan sangat potensial sebagai basis produksi maupun basis pasar bahan baku.

Ratusan UMKM yang sudah familiar dengan kami dengan mudahnya datang dan berkonsultasi pemasaran dan promosi kepada kami, namum masih jutaan UMKM yang belum terjangkau dengan konsultasi konvensional ini. Oleh sebab itu kami harus memanfaatkan teknologi komunikasi yang bisa menjangkau lebih banyak UMKM, yaitu dengan membangun website yang sederhana ini sekedar untuk sharing kepada mereka yang belum terjangkau.

Teknologi android sekarang pun sudah barang mewah atau mahal bagi UMKM, oleh sebab itu RumahUMKM.net yakin bisa menjangkau lebih banyak UMKM lagi. Terlampir adalah tampilan RumahUMKM.net di tablet baik yang berkategori high end maupun yang kategori tablet murah.

Tidak harus gadget yang mahal, yang murah pun bisa mengakses dengan mulus.
Tujuan dari pembuatan website inipun adalah untuk memberikan bukti nyata akan konsultasi bisnis online yang kami lakukan, bahwa kita tidak hanya memberikan theory tetapi kami bisa membuktikan bahwa kami pun bisa menjadi praktisi. Karena kami adalah non profit organisasi yang membiayai operasional kami sendiri, website inilah yang ke depannya akan membiayai semua operasional kami dari semua advertising yang ada di dalamnya.

Sungguh bagus UMKM sekarang ini sangat kritis kepada semua motivator dan penggiat UMKM yang mereka hadapi, mereka tidak butuh theory tetapi bukti dan hal inilah yang sekarang menuntut penggiat UMKM juga harus seorang pelaku usaha, tidak bisa berpredikat sebagai konsultan saja.

GetAsean.Com sebagai etape lanjutan konsultasi.

Setelah berkonsultasi dan pendampingan dari kami dan kami anggap UMKM sudah mampu, maka kami memiliki kewajiban yang lebih berat lagi untuk membangun "pasar" untuk produk mereka. GetAsean.Com terlahir dari pemasalahan ini, karena kami sadar bahwa kami punya keterbatasan waktu dan SDM untuk selalu "mencari"-kan pasar bagi UMKM. Kami harus menyiapkan pasar dimana produk UMKM yang sudah siap ekspor kami display dan kami undang pasar untuk melihat dan berinteraksi dengan produsen melalui mekanisme yang ada di program GetAsean.Com.

Tugas ini tidak mudah, butuh dukungan dari UMKM itu sendiri sebagai pihak "penjual" dan juga butuh waktu untuk menyakinkan pasar bahwa bertransaksi dengan UMKM Jawa Tengah itu aman dan produknya pun sesuai dengan ekspektasinya. Dukungan yang kami butuhkan dari UMKM adalah bahwa mereka bisa mendaftarkan diri kepada Kadin setempat atau Kadin Jawa Tengah langsung sebagai syarat registrasi GetAsean.Com yang sementara ini masih berstatus GRATIS.

Pada saatnya nanti keanggotaan atau registrasi GetAsean.Com akan berbayar, karena kami sebagai non profit organisasi butuh dukungan pembiayaan pemeliharaan eCommerce ini di masa mendatang, tetapi sebagai non profit organisasi juga kami terikat untuk memberikan pelayanan sosial kepada UMKM Jawa Tengah. Pada akhirnya semua nanti adalah Win-Win Solution atau kami biasa katakan Every Body Happy !