Peluang Ekspor Tepung Kelapa, Jawa Tengah Harusnya Bisa.

Peluang Ekspor Tepung Kelapa

Tepung Kelapa dari Sulawesi Utara, Siap Diekspor
Indonesia sebagai Negara agraris sangat kaya akan produk produk yang diminati pasar luar negeri, salah satunya Tepung Kelapa. Produk unggulan dari Provinsi Sulawesi Utara ini sangat diminati pasar Amerika, Rusia, Brasil, Jerman, Australia, Belgia, Inggris, Italia, Belanda, Korea Selatan dan Selandia Baru bahkan sampai dengan Lituania.

UMKM penghasil tepung kelapa di Sulawesi utara sanggup melakukan ekspor sampai dengan 24 Ton ke masing masing negara tujuan dengan standar yang diterapkan oleh pihak buyer, tentu saja peluang ini sangat dimungkinkan daerah lain untuk menjadi penyuplai tepung kelapa.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan Luar negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), T Hasudungan Siregar yang di lansir oleh okezone.com

Pengiriman tepung kelapa terus terjadi ke Korsel karena permintaan cukup tinggi. Ia mengatakan, Korsel hampir setiap minggu melakukan permintaan produk tepung kelapa. Hal itu menandakan bahwa komoditas turunan kelapa ini sangat diminati masyarakat Korsel.

Tepung kelapa yang diekspor ke Korsel sebanyak 24 ton dengan sumbangan devisa sebesar 17.400 dolar Amerika Serikat (AS). Dia mengatakan, peluang cukup besar ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengekspor Sulut agar semakin meningkatkan kualitasnya sehingga akan dibayar lebih mahal.

Ekspor ke Korsel menunjukkan trend positif. Ini karena kepercayaan terhadap kualitas tepung kelapa produksi Sulut semakin diakui.

“Proses produksi tepung kelapa di Sulut mengikuti standar internasional, karena itu permintaan dari negara lain terus meningkat,”

Anda punya produk sejenis atau bahkan tepung kepala tersebut silahkan masukan detail penawaran anda di getasean.com, saat ini kami sedang melakukan promo free membership untuk tahun pertama dan tidak ada batasan jumlah proposal penawaran.

Cara Membuat Tepung Kelapa (Desiccated Coconut)

Desiccated Coconut

Tepung Kelapa atau sering disebut Kelapa Parut Kering atau juga Desiccated Coconut adalah tepung kelapa yang diperoleh dari parutan kelapa yang sudah cukup tanpa kulit ari yang dikeringkan dalam oven.

 

Tepung Kelapa banyak digunakan untuk campuran dalam industri makanan kecil seperti permen, gula-gula, kue, puding dan lain-lain.

Untuk membuat Tepung Kelapa, setidaknya ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan (dikutip dari Tri Susanto dalam buku Sarmidi Armen, 2011) yaitu terdiri dari :
  1. Kelapa dikupas sabutnya dan tempurungnya dicungkil
  2. Kulit ari kelapa yang berwarna coklat kemudian dihilangkan, tujuannya adalah menghasilkan daging buah yang putih bersih. Fungsi dari penghilangan kulit ari tersebut adalah upaya untuk menghindari ketengikan. Kemudian cuci sampai bersih.
  3. Lakukan proses blanching (Pasteurisasi) dengan menggunakan uap panas bersuhu 90 C selama 5 menit
  4. Lakukan proses perendaman dalam larutan NaHSO3 1000 ppm selama 10 menit, berfungsi untuk mencegah munculnya warna coklat, mencegah pertumbuhan mikroba dan untuk melarutkan gula yang ada dalam permukaan daging buah yang berasal dari air kelapa, langkah selanjutnya adalah tiriskan.
  5. Lakukan Pemarutan daging buah kelapa yang akan dbuat menjadi Tepung Kelapa dengan mesin parut yang bentuk dapat disesuaikan dengan keinginan
  6. Lakukan pengeringan dengan suhu 50-60 C selama 6 -10 jam sampai mencapai kadar air 3%
  7. Keluarkan Tepung kelapa yang sudah kering dan angin-anginkan kamudian Tepung kelapa siap dibungkus dalam wadah yang kedap air dan udara.
Pada pembuatan Tepung Kelapa, dari bahan baku 10.000 butir biasanya akan menghasilkan rendemen sebanyak 10% nya atau akan mendapat sekitar 1 ton Tepung Kelapa.
Untuk Membuat Tepung Kelapa, setidaknya diperlukan beberapa mesin/alat pemroses, antara lain :
  1. Mesin cungkil kelapa
  2. Mesin Penghilang Kulit ari
  3. Oven pasteurisasi
  4. Mesin Peniris
  5. Mesin parut
  6. Oven Tepung kelapa
Nah…, Sekarang anda sudah tahu cara membuat tepung kelapa, saya sampaikan SELAMAT anda sekarang bisa berinovasi dan berwirausaha mengembangkan Tepung kelapa.

Contoh Packaging Desiccated Coconut

Ringkasnya:
  • Proses: Kelapa dikupas, Kulit ari kelapa yang berwarna coklat dihilangkan, blanching, perendaman, Pemarutan daging buah kelapa, pengeringan, Tepung kelapa siap dibungkus
  • Mesin: Mesin cungkil kelapa, Mesin Penghilang Kulit ari, Oven pasteurisasi, Mesin Peniris, Mesin parut, Oven Tepung kelapa.

Komentar