Laman

  • Home

Jumat, 10 Juli 2015

Metal Teak Indoor Furniture, Jika Buyer Butuh Sentuhan Modern

Teak Indoor Furniture

Ratusan bahkan ribuan desain furniture telah diproduksi oleh pengrajin furniture di Jawa Tengah, dan bahan kayu jati masih menjadi andalan Jawa Tengah karena kayu jati Indonesia memang memiliki kualitas yang terbaik di dunia. Berbagai style desain juga dihasilkan oleh Jawa Tengah, mulai dari yang classic maupun yang modern, mulai yang antik repro sampai dengan yang kontemporer.

Setiap desain memiliki pasar sendiri-sendiri karena setiap negara memiliki selera sendiri-sendiri, seperti Jepang dan Korea yang menyukai antik repro dan modern minimalis. Belanda masih selalu suka dengan desain classic, atau yang kita sering sebut dengan gaya batavia dan beda lagi dengan negara-negara lain.

Persaingan semakin ketat baik dari sisi produsen maupun dari sisi pembeli, bahkan end user pun juga mulai menuntut furniture yang mampu mengikuti gaya terkini dari life style yang mereka anut. Hal ini yang menuntut produsen berkreasi dan bereksperimen pasar untuk model-model baru. 


Leaning Mirror, Jati dan Besi.

Ada yang mengangkat kreativitas di desain, bahan, skill pengerjaan, finishing dan sebagainya. Meskipun begitu untuk furniture jati, finishing natural masih yang paling dominan diminati karena serat jati merupakan daya tarik utama dari furniture jati.

Trend kombinasi material pun merebak, ada yang mengkombinasi jati dengan stainless steel, aluminium, besi galvanis dan sebagainya. Dan terlampir di bawah ini merupakan item-item yang pernah booming sebelumnya, meskipun harganya cukup mahal karena terbuat dari kayu jati berslat tebal dan pipa kotak yang digalvanis dan powder coating.
Desain ini pernah booming di tahun 2004 - 2008.
Indoor Set

Item-item dekorasi untuk ruangan.

Mungkin perkembangan desain furniture saat ini sudah semakin beragam, tetapi beberapa importer besar selalu memiliki design line untuk setidaknya 2-3 tahun ke depan. Tetapi sekitar 10 - 8 tahun yang lalu kami pernah merasakan booming produk indoor dengan gaya desain di atas. Desain sketch gambar di atas merupakan desain furniture untuk pasar menengah ke atas sementara gambar bawahnya adalah untuk versi kelas di bawahnya (indoor set).

Kombinasi Metal dan Jati untuk Pasar dengan Life Style Modern

Selera pasar bergerak sebagaimana perubahan gaya hidup. Saat ini banyak orang tinggal di apartemen dengan space terbatas dan suasana yang modern. Desain furniture pun harus mengikuti perkembangan tersebut. 

Untuk memberikan sentuhan modern pada furniture jati, banyak pengrajin furniture di Jawa Tengah memberikan kombinasi jati dengan metal, baik stainless steel, aluminium maupun besi galvananis. Kombinasi ini cukup berhasil menarik minat pasar, sehingga sejak 10 tahun yang lalu sampai dengan sekarang desain furniture jenis ini pun masih bertahan, bahkan sudah semakin bergeser ke pasar asia.

Ukuran furniture yang kecil dan kompak merupakan dasar pertimbangan end user untuk memilih desain tersebut. Desain-desain modern lebih bisa "menyatu" dengan desain arsitek rumah atau apartemen yang saat ini cenderung minimalis. 

Hal packaging yang harus ringkas pun menjadi pertimbangan untuk efisiensi ongkos kirim, ada yang knock down (bongkar pasar), foldable (dapat dilipat) atau stacking (ditumpuk). 

Finishing pun sudah berkembang luar biasa, meskipun pada akhirnya tetap saja orang ingin melihat jati dengan wajah aslinya yaitu natural. Finishing natural dengan teak oil dan wax juga masih bertahan sampai sekarang, penambahan yang mungkin dilakukan adalah penambahan sanding sealer sebelum di
lakukan finishing dengan wax atau teak oil.

Kami berharap teman-teman UMKM bisa segera memamerkan produk furniture dengan desain terkini di GetAsean.Com agar buyer teredukasi dengan trend desain yang terkini.