Laman

  • Home

Selasa, 21 Juli 2015

Memulai Bisnis Toko Oleh-Oleh Bersama UMKM Jawa Tengah

Merintis Usaha di Kota Besar

Seringkali kami mendapatkan SMS dan telpon dari rekan-rekan di Jakarta yang kebanyakan berstatus karyawan tapi ingin segera membuka usaha sendiri. Melihat bahwa bisnis kuliner dan makanan tidak ada surutnya, maka mereka pun meminta bantuan kami untuk mencarikan supplier-supplier snack tradisional yang bisa mereka jual di Jakarta, Surabaya maupun Bandung.

Sourcing satu per satu kepada produsen bisa memakan waktu dan proses yang tidak gampang, terutama untuk kami yang memiliki banyak keterbatasan. Di samping itu banyak resiko yang akan muncul ketika harus banyak kontak dan sumber. Melihat kondisi dan peluang ini, kami juga membina UMKM repacking atau pengepul yang siap dan sanggup menjadi supplier tunggal bagi rekan-rekan di kota besar tersebut. 

Binaan kami ini sudah memiliki syarat-syarat yang dibutuhkan sebagai supplier, mulai dari seleksi produk, packaging, merk beserta sertifikasi yang dibutuhkan disamping armada untuk tansportasinya. Konsep produk yang dijualnya pun adalah konsep snack tradisional. Snack tradisional jawa ini banyak diminati oleh banyak orang karena sulit ditemukan di pasar modern, bahkan pasar tradisional di kota-kota besar tersebut.

Beberapa contoh produk snack tradisional dari binaan kami.

Bagi yang ingin segera membuka toko snack di kota besar, cukup bermitra dengan binaan kami tersebut. Tentukan setelah kios atau toko sudah ada dan siap. Kami selaku fasilitator akan membantu komunikasinya dengan binaan kami tersebut. Bahkan tidak harus toko, binaan kami juga menawarkan peluang sebagai distributor atau agen penjualan di kota-kota besar.

Bahkan ketika dibutuhkan merk tidak dari binaan kami, kami pun bisa melayaninya. Tujuan utama kami adalah membantu pemasaran produsen-produsen snack yang ada di seluruh Jawa Tengah melalui binaan kami tersebut.

Beberapa ide kios atau toko yang cocok untuk kota-kota besar.

Pemilihan supplier dari skala UMKM adalah karena margin harga masih longgar bagi pengusaha di kota-kota besar, dan karena kapasitas produksi yang terbatas justru memberikan andil differensiasi yang tinggi bagi produk yang dijual.

Menjual produk tradisional tidak harus dengan kios yang tradisional, justru diperlukan sentuhan modern yang memberikan wajah yang berbeda. Bahkan jika perlu, kemasan pun bisa didesain oleh calon pengusaha dengan brand mereka sendiri. Binaan kami pun bisa supply dalam bentuk curah (bulk). Hal ini akan memberikan banyak keuntungan bagi calo pengusaha di kota-kota besar.

Ide KIOS SNACK di kota besar.

Ide KIOS SNACK di kota besar.

Mobile Snack Kiosk.

Lebih cantik dan terkesan modern.

Cocok untuk di stasiun dan terminal.

Mobile Snack Kiosk

Mau modern ? Yang seperti ini mungkin cocok.
Seringkali kemasan, penataan dan perlakuan terhadap produk tradisional kurang mendapatkan sentuhan modern, semua hampir apa adanya. Justru rekan-rekan di kota-kota besar diharapkan mampu memacu kreativitas dan inovasinya untuk menyulap produk tradisional tersebut mampu bersaing dengan snack-snack produk industri yang banyak beredar di pasaran.

Yang pasti snack tradisional memberikan sensasi yang berbeda dengan produk massal yang dihasilkan oleh industri. Nilai nostaligia juga terkandung di dalamnya, terutama snack yang membawa citra daerah atau snack khas daerah tertentu.