Laman

  • Home

Jumat, 10 Juli 2015

Bisnis Anda Sebaiknya Dimulai Dari Mengenali Potensi Diri, Setelahnya Baru Melihat Peluang Pasar

Mencari Peluang Bisnis

Belum Tentu Peluang Bisnis Yang Ada Cocok Dengan Anda

Meningkatnya demam enterpreneurship tidak terlepas dari meningkatnya permintaan informasi peluang bisnis. Meningkatnya permintaan peluang bisnis ini disikapi secara kreatif oleh teman-teman EO yang membangunnya menjadi sebuah seminar peluang bisnis. 
Banyak peluang bisnis ditawarkan dan dicoba oleh peserta, tetapi tetap saja tidak berhasil seperti yang dijalani oleh si nara sumber. Mengapa ? Karena peserta hanya terbuai oleh peluang dan kenyataan bisnis yang manis oleh nara sumber. Peserta lupa bahwa nara sumber bisa berada di depan audience karena dia kebetulan sukses menjalankan bisnis tersebut. Dia sukes karena potensinya selaras dengan ability (kemampuan), karakter dan mindsetnya.

Potensi adalah bidang bisnis yang sesuai dengan potensi diri serta minat yang terdalam dari calon pelaku usaha. Ada banyak cara untuk mengukur potensi baik melalui psikotest sebagaimana yang kami kerjasamakan dengan Equity Indonesia atau dengan cara simple melalui analisa grafologi yang biasa dilakukan para grafolog. Ada juga yang mampu menggabungkan grafologi dan feng shui untuk mengenali potensi seseorang dari elemen dan kua yang dihitung dari waktu lahir seseorang.

Kemampuan adalah sesuatu skill (ketrampilan), pengetahuan dan pengalaman yang telah dikuasai oleh calon pelaku usaha. Karakter dan pola pikir bisa diuji dengan psikotest juga ataupun dengan cara lain yang kami sebutkan di atas.

Bagi kami kesuksesan (hoki) merupakan keselarasan antara karakter (dan pola pikir) dan kemampuan dalam menggarap potensi.

Oleh sebab itu sebelum menentukan bisnis apa yang cocok dengan calon pelaku usaha, alangkah lebih baik si calon pelaku usaha mengukur dan mengetahui karakter dan potensinya terlebih dahulu sebelum melihat peluang usaha yang ada di luar sana.

Uniknya Grafologi dan Jelinya Feng Shui

Pada awalnya, sebuah tanda tangan adalah hanya sebuah tanda tangan bagi saya. Sebelum pada akhirnya saya bertemu dengan seorang grafolog yang memang ahli membaca tanda tangan. Ternyata tanda tangan bisa dimanfaatkan oleh membaca karakter, pola pikir dan potensi seseorang.

Mulai dari perjalanan hidup yang ditandai dengan "tonggak-tonggak" dalam tanda tangannya yang menggambarkan penandaan waktu yang paling dia ingat dalam perjalanan hidupnya, impian dan beban, cara berpikir, keberanian mengambil resiko, kehati-hatian, tanggung jawab, potensi penyakit dan lain sebagainya.

Luar biasa juga ilmu ini, dan membuat saya terpicu untuk mempelajarinya dan melakukan riset dan survery sederhana yang secara konsisten saya lakukan selama bertahun-tahun. Dan memang semua tanda tangan mengarahkan kepada "kecenderungan-kecenderungan" yang typical.

Sampai pada akhirnya saya tertarik juga dengan jelinya Feng Shui melihat elemen dan karakter seseorang hanya dari tahun lahir. Mengapa bisa ? Inilah yang membuat saya sangat ingin mempelajarinya dan kebetulan saya punya beberapa teman yang memang praktisi Feng Shui yang mau memberikan "ilmu"-nya kepada saya dengan imbalan "barter" grafologi kepadanya.

Kedua ilmu grafologi dan Feng Shui ini kemudian saya coba padukan untuk diaplikasikan sebagai "support" beberapa teman-teman yang ingin mengetahui bisnis apa yang cocok dengan mereka.

Pada perkembangannya, kombinasi kedua ilmu ini membantu saya untuk membaca logo perusahaan guna mengetahui permasalahan, potensi dan solusi untuk perusahaannya tersebut. Sungguh suatu ilmu yang unik yang saya syukuri diberikan kesempatan untuk mempelajarinya.

Bisnis Harus Sesuai Dengan Minat

Jika tidak berminat, sangat sulit untuk menikmati sebuah bisnis yang kita jalankan apalagi meningkatkannya. Membuat kerja sebagai hobby memang butuh waktu, berawal dari usaha kita untuk bisa mengenal seluk beluk usaha tersebut, memahami permasalahannya dan mengetahui solusinya. Minat kita butuhkan untuk "membuka" rasa suka terhadap usaha tersebut. 


Jika kita sudah bisa menikmati rutinitas usaha tersebut maka usaha tersebut terasa sebagai sebuah kesenangan (hobby) yang membuat kita mendapatkan kepuasan.


Hasil psikotest (Equity) yang kami lakukan mungkin hanya akan menyodorkan daftar alternatif usaha apa yang bisa dipilih, sedangkan pemilihan usaha yang cocok adalah usaha yang sesuai dengan minat anda. Test dari Equity ini pun tidak terlalu rumit, cukup menjawab setidaknya 36 pertanyaan yang berbasis pada suka dan tidak suka. Dalam waktu 2 jam hasil psikotest sudah bisa dibacakan kepada peserta test atau pun bisa diemailkan.