Laman

  • Home

Minggu, 18 Oktober 2015

Beberapa Pilihan Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Ilustrasi Berbisnis di Rumah untuk Ibu Rumah Tangga

Awalnya Keinginan Membantu Menambah Penghasilan Suami

Cukup banyak Ibu Rumah Tangga yang hanya tenggelam dengan rutinitasnya sebagai penjaga dan pengurus rumah tangga, padahal banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk membantu penghasilan keluarga. 

Sudah pasti dengan kondisi kebutuhan keluarga yang semakin mahal dan semakin beragam saat ini, seringkali penghasilan utama dari keluarga tersebut kurang mampu mencukupinya, sehingga dibutuhkan kreativitas dari keluarga tersebut untuk menambah penghasilan dari potensi yang ada dalam Rumah Tangga tersebut. Tidak harus bermodal besar, bahkan hanya dengan modal kecil mampu memberikan kontribusi penghasilan kepada keluarga. 

Beberapa contoh usaha yang bisa dikerjakan oleh Ibu-Ibu Rumah Tangga yang bisa dilakukan untuk membantu penghasilan keluarga dan mampu dikerjakan di rumah:


1. Usaha Pembuatan Souvenir / Kerajinan.

Bisnis rumahan membuat souvenir atau kerajinan kebanyakan dimulai dari hobi, seperti menjahit, menyulam, membuat pernak pernik asesoris dari bahan daur ulang dan lain lain, hobi-hobi kreatif seperti ini dapat menjadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan. Yang perlu diperhatikan adalah cita rasa kualitas dan kemampuan membuat desain kerajinan yang bagus dan seusai dengan keinginan pasar.

2. Usaha Bisnis Online (Toko Online)

Teknologi komunikasi yang cepat berkembang mendorong orang untuk ingin memperoleh sesuatu barang yang diingkan tanpa harus keluar rumah. Ini membuka peluang bagi siapa saja untuk memulai bisnis online, dan untuk memulai bisnis online bisa kita lakukan dari rumah. Apalagi bisa kita menjalankan bisnis online dengan sistem dropship maka kita tidak perlu keluar modal besar untuk memulai sebuah bisnis online rumahan.

Kemampuan memilih produk yang unik dan menghindari banyak persaingan karena kereragaman produk adalah salah satu kiat dalam memulai usaha toko online. Selanjutnya adalah kemampuan kita dalam mempromosikan jualan kita dan konsitensi kita dalam berbisnis.


3. Usaha Jasa Bimbingan Belajar / Les Privat.

Ada banyak Wanita atau Ibu rumah tangga yang memang memiliki penguasaan ilmu pengetahuan di atas rata-rata. Bila Anda adalah salah satunya, Anda bisa mencoba usaha jasa bimbingan belajar atau les privat, mungkin dimulai dengan anak – anak di sekitar rumah. 

Ini juga merupakan alternatif usaha yang bisa dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga ketika memiliki back ground yang bisa dimanfaatkan untuk pemberian bimbingan belajar di rumah.

4. Usaha Catering.

Anda suka atau hobi mencoba resep-resep baru tidak ada salahnya kalau hobi Anda dirubah menjadi sebuah usaha rumahan. Mulailah dari yang kecil dan sederhana, misal membuat aneka kue, seperti sus, pastel, risolis, lemper dan jajanan lainnya. Untuk pemasaran awal bisa kita tawarkan kepada tetangga dan kerabat, atau membuka display kecil di depan rumah. Cara lain bisa kita tawarkan untuk pemesanan dengan box, misal untuk kegiatan pengajian, acara rapat, dll.

5. Usaha Fashion Designer.

Bagi Anda yang menggemari dunia fashion dan senang jahit menjahit, Anda bisa mengarahkan hobi Anda tersebut menjadi sebuah usaha butik dimana Anda sebagai designernya.

6. Usaha menulis Buku / Blog.
Buat Anda yang hobi menulis bisa mencoba untuk memulai membuat blog. Blog Anda bisa Anda ikutkan ke Google Adsense atau jaringan iklan yang lainnya agar ada iklan di blog yang Anda buat dan Anda mendapatkan penghasilan dari setiap iklan yang dilihat atau diklik pengunjung blog Anda. Anda pun berpeluang menjadikan blog Anda sebagai buku. Menulis blog atau buku memang memerlukan ketekunan namun salah satu kelebihannya adalah memulai sebuah blog relatif lebih mudah daripada memulai sebuah usaha rumahan lainnya.
7. Menjadi Freelancer.

Apabila sebelumnya Anda adalah seorang profesional yang memutuskan untuk lebih fokus menjadi ibu rumah tangga di rumah. Anda bisa menggunakan waktu luang Anda dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas. Saat ini ada banyak situs yang memungkinkan Anda menjadi freelancer dan mengerjakan pekerjaan Anda dari rumah. Kabar baiknya lagi, pekerjaan freelance ini tak jarang hanya memerlukan waktu dibawah 20 jam per pekan dengan sistem bayaran per jam yang cukup lumayan.
8. Jasa Belanja Online

Bisnis online memang fleksibel dan luas tanpa batas, dengan hanya bermodal dekat dengan pasar tradisional saja, kita bisa memiliki ide bisnis untuk membuat usaha "jasa belanja" online. Ini berlaku untuk daerah-daerah yang memiliki produk khusus atau khas, dan dapat diperoleh di pasar tradisional setempat. Misalnya : Tempe mendoan mentah berserta tepung mendoannya yang ada di Pasar Banyumas bisa dipesan oleh orang Semarang kepada orang Banyumas di sekitar pasar yang bersedia jadi penjual "jasa belanja". Tentunya dengan margin keuntungan yang wajar.

Masih banyak lagi ide usaha yang bisa dikembangkan dan bisa dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga disamping ide-ide tersebut di atas, semua tergantung dari potensi pelaku usaha, potensi daerah dan kemauan dari pelaku usaha.

Jika setiap Rumah Tangga memiliki usaha maka sebenarnya sebuah konsep ekonomi kerakyatan telah dibangun dan bahkan langsung menyentuh lapisan bawah masyarakat.