Laman

  • Home

Rabu, 24 Juni 2015

UMKM Jawa Tengah Siap Dukung GetAsean.Com, Begitu Juga UMKM Singapore

Kunjungan Ketua Umum SMCCI Ke Kadin Jateng

Selasa 23 Juni 2015 yang lalu, Bapak Zahidi Abdul Rahman Chairman dari SMCCI (Singapore Malay Chamber of Commerce and Industry) mengunjungi kantor Kadin Jateng untuk berkoordinasi mengenai progress dan strategi pemasaran GetAsean.Com. Beliau sangat bersemangat melihat keseriusan UMKM Jawa Tengah mendukung GetAsean.Com sehingga beliau juga akan menggalakkan GetAsean.Com di Singapore dan Malaysia.


Zahidi Abdul Rahman, Chairman SMCCI
Beliau juga menginformasikan kepada kami bahwa di sekitar bulan Oktober SMCCI akan mengikuti pameran halal di Jepang dan mengajak UMKM Jateng di bawah koordinasi Kadin Jateng bisa bergabung dengan SMCCI baik bersama pelaku UMKM-nya maupun diwakili oleh produk-produknya.

Ajakan ini merupakan kesempatan besar bagi UMKM produsen makanan yang telah memiliki sertifikat halal untuk menembus pasar Jepang yang sangat peduli dengan konsep halal, dan segera kami akan koordinasikan dengan anggota Kadin Jateng yang telah siap dengan produk dan sertifikat halal yang telah diperolehnya. Tentunya produk yang akan diseleksi adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar jepang.

Selain produk olahan makanan halal, jepang juga membutuhkan pasokan buah dan sayuran segar dari Indonesia. Tetapi perlu diingat bahwa standard organik dari pemerintah Jepang sangat ketat.

Singapore Sebagai Akses Produk UMKM Jawa Tengah Menuju Pasar Internasional


Trader Singapore dikenal sebagai trader ulung, karena mereka memang harus survive dengan kondisi tanpa pilihan. Bisa dikatakan mereka kurang resources produksi, sehiingga pilihan mereka hanyalah perdagangan. Sementara Jawa Tengah banyak memiliki resources produksi tetapi lemah di pemasaran internasional.

Kondisi inilah yang ingin kami pertemukan dan fasilitasi untuk saling memberikan keuntungan. Dimulai dari proyek GetAsean.Com sebagai fokus dan poin kerjasama, kami ingin memberikan ruang dan kesempatan kepada UMKM Jawa Tengah untuk berinteraksi langsung dengan UMKM pemasar Singapore untuk memberikan informasi pasar internasional terkini.

Pemasaran dari UMKM Singapore memang sudah menembus negara-negara lain, baik negara tetangga seperti Philipina dan Brunei maupun negara Eropa, USA, Afrika, Australia dan Timur Tengah. Hal ini merupakan peluang yang sangat besar untuk bisa dimanfaatkan oleh teman-teman UMKM di Jawa Tengah.

Membangun market place di GetAsean.Com merupakan cara termudah untuk kami mempertemukan pedagang dan pembeli secara online. Fitur-fitur kemudahan dan keamanan transaksi juga telah kami persiapkan, termasuk fitur kemudahan pengiriman barang.

Sekarang, tinggal bagaimana teman-teman UMKM bisa memanfaatkan fasilitas ini dan kreativitas teman-teman dalam membuat proposal penawaran produk.