Laman

  • Home

Jumat, 12 Juni 2015

Tenun Ikat Troso Jepara, Bertahan Sebagai Produk Kerajinan

Kerajinan Tenun Ikat Troso Jepara

Rangkaian kunjungan ke Jepara dilanjutkan ke kawasan tenun ikat Troso untuk melihat dari dekat kemampuan UMKM produsen tenun untuk bertahan dalam kondisi sekarang ini. Produk tenun tradisional dengan mesin ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) ini merupakan produk andalan dari Kabupaten Jepara yang terus dipromosikan baik kepada pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Produk ini memang memiliki ciri khas khusus dan banyak diminati oleh pasar ASEAN seperti Malaysia dan Singapura. Kami tertarik mengikuti rangkaian ke Troso ini karena terkait dengan program GetAsen.Com kami yang ingin lebih banyak menampilkan produk UMKM Jepara ini dalam bursa jual beli di eCommerce kami.

Kain tenun Troso dari bahan sutra seperti kami ketehui sendiri secara langsung sangat potensial untuk kalangan menengah ke atas di Singapura, dan beberapa permintaan sudah dilayangkan kepada kami dari beberapa pengusaha di Singapura terutama pengusaha etnis Melayu di Singapura.

Hal ini merupakan peluang bisnis yang bagus bagi para entrepreneur muda dari UNDIP untuk berani mencoba pasar ekspor ini.


Tenun Troso Jepara

Tenun Troso Sutra


Outlet-Outlet Seperti Ini Sering Diserbu Wisatawan Domestik dan Mancanegara Saat Musim Liburan

Alat Tenun Bukan Mesin, Masih Tradional.

Inlah Daya Tarik dari Tenun Ikat, Karena Tradisionalnya.

Kebanyakan Pekerja adalah Ibu Rumah Tangga

Semakin banyak orang tahu dan semakin banyak orang dengan sukarela mengangkat produk ini melalui media baik media cetak, elektronik maupun online maka semakin besar peluang pemasaran dari produk tenun Troso ini.

Semoga hal ini disadari oleh kalangan muda di Troso yang sudah mengenal internet untuk ikut membantu produk lokal ini meluas di dunia maya.