Laman

  • Home

Rabu, 17 Juni 2015

Srundeng Kelapa, Lauk Bagi Para Vegetarian

Srundeng Kelapa, Makanan Khas Solo

Srundeng Kelapa

Produk ini pasti sudah banyak dikenal terutama oleh orang Jawa, dan dikenal sebagai makanan asli Solo Jawa Tengah. Srundeng Solo memang terkenal enak dan gurih, dan mampu bertahan sampai dengan sekarang.

Pagi ini kami belajar banyak dari UMKM kami di Semarang yang asli orang Solo dan memproduksi srundeng kelapa dengan produksi rata-rata 8.000 kemasan per bulan dan pemsarannya pun masih sangat sederhana dengan cara menitipkan produknya di warung-warung makan dan toko oleh-oleh. Fasilitas produksinya pun masih sangat sederhana, tetapi UMKM yang satu ini benar-benar terbiasa kerja dengan tempat yang bersih.

Pemilik usaha ini adalah seorang wanita separuh baya yang sangat bersemangat dengan segala perbaikan produksi dan pengembangan pasar. Keuletannya sudah dirintis sejak bertahun-tahun yang lalu, dan sekarang pelan-pelan usahanya mulai bertumbuh dengan adanya agen penjualan yang bersedia mengambil produknya untuk dijual di pasar tradisional, toko oleh-oleh, warung makan dan sekarang mulai merambah mini market.

Apa yang kami pelajari hari ini ?

Yang kami pelajari hari ini adalah mengenai istilah "lauk bagi para vegetarian", "tanpa MSG" dan "resep warisan". Ketiga poin tadi bagi kami adalah "magnet marketing" yang bagus. Bagaimana ketika si Ibu pelaku UMKM tadi yang juga melayani katering komunitas Korea di Semarang, beliau menjelaskan kepada para orang Korea bahwa srundeng kelapa ini adalah lauk bagi para vegetarian, maka beberapa orang Korea membeli srundeng tersebut dalam jumlah banyak.

Vegetarian dan tanpa MSG merupakan "isu sehat" yang sangat kondusif dalam penjualan. Dan hal ini akan kami catat baik-baik untuk kami tularkan kepada UMKM yang lain.

Maaf kami tidak bisa menyebutkan nama dan Ibu tersebut karena beliau tidak berkenan namanya dipublikasikan, takut terkenal katanya HeHe.




Nilai gizi kelapa & serundeng

Untuk mendukung informasi mengenai lauk bagi para vegetarian, ada baiknya kami sajikan data yang mendukung 
 
Kandungan Gizi Air Kelapa

Banyak yang percaya, air kelapa bukan cuma sekedar pelepas dahaga, tetapi juga mampu dengan cepat mengembalikan kesegaran dan mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. Selain itu, masih banyak pendapat terkait aneka khasiat atau manfaat dari air kelapa. Simak bahasan dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK., spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, Jakarta berikut ini.

Kandungan gizi. 

Kandungan gizi daging buah kelapa sangat bervariasi tergantung dari tua- mudanya kelapa, “Makin tua buah kelapa maka makin sedikit kandungan airnya, tapi makin tinggi kandungan lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan kalorinya,” jelas dr. Peddy.
  • Air buah kelapa mengandung makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak. 
  • Sedangkan kandungan mikronutriennya berupa mineral dan vitamin. 
  • Mineral yang terdapat dalam air kelapa antara lain kalium, kalsium, fosfor, zinc, natrium, dan magnesium. Untuk kandungan vitaminnya ada B3, B5, B6, dan vitamin C.
Sumber: Daftar Analisis Bahan Makanan FKUI
Apa yang dibutuhkan UMKM Produsen Srundeng dari Kami ?

Dari obrolan kami sepagian ini, UMKM binaan kami ini meminta kami membantu pemasaran produk srundengnya untuk bisa ekspor setidaknya bisa memenuhi kebutuhan para TKI yang berada di luar negeri yang kangen dengan srundeng kelapa dari Solo. Untuk itu kami segera akan berkoodinasi dengan paguyuban TKI di Arab Saudi dan Korea.

Pasar Kalimantan, Malaysia dan Singapore pun merupan pasar yang potensial bagi produk ini, hanya saja kami perlu mengingatkan kepada UMKM binaan kami untuk melengkapi sertifikat halal dan legalitas lain yang dibutuhkan untuk ekspor makanan.

Kami yakin produk srundeng kelapa ini bisa menembus pasar ekspor, semoga instansi terkait juga memberikan binaan dan fasilitas sertifikasi halal kepada UMKM binaan kami ini.