Laman

  • Home

Selasa, 23 Juni 2015

Senin ini, Teman UMKM dari Singapore Survey Produk di Semarang

UMKM di Singapore adalah Trader

Rumah UMKM telah menjalin kerjasama yang erat dengan SMCCI (Singapore Malay Chamber of Commerce & Industri) dan imbasnya kami pun mengenal pelaku-pelaku UMKM di Singapore yang bersuku Melayu. 

Produk Jawa Tengah menjadi pertimbangan produk perdagangan mereka karena Singapore bukan UMKM produsen melainkan UMKM pedagang (pemasar). Bagi kami, ini adalah peluang besar bagi UMKM Jawa Tengah untuk memasuki pasar internasional melalui perantara teman-teman UMKM di Singapore.

Hari Senin 22 Juni 2015 kemarin salah satu rekan UMKM kami dari Singapore berkunjung ke Semarang untuk melihat dari dekat produk Semarang yang bisa mereka coba perkenalkan kepada teman-teman UMKM yang lain di Singapore untuk diperdagangkan. Beberapa produk yang diminati pasar lokal Singapore dan luar Singapore sudah diinformasikan kepada kami, sehingga kami dalam waktu sehari bisa mengantarkan kepada UMKM binaan kami yang terdekat.

Pak Effendi Baba Pagi Jam 07.30 Sudah di Kantor Kadin Jateng


Di Depan Ruang Ketua Umum Kadin Jateng
Berfoto di Depan Balaikota Semarang


Produk Snack Tradisional Justru yang Diminati Pasar Lokal Singapore dan Malaysia

Bukan produk cake atau bakery yang diminati, justru snack tradisional yang minati. Sebut saja sumpia udang, keripik ubi ungu, kerupuk stik udang, dan lain sebagainya yang kami sendiri lupa namanya HeHe. Mengetahui permintaan ini, kami ajak mereka untuk survey di UMKM binaan kami yang ada di ujung timur Semarang, yaitu Snack 66 yang memiliki produk yang diminta itu semua.

Karena acara ini sangat mendadak, Mas Pulung selaku pemilik tidak bisa mendampingi karena masih di luar kota, tetapi istri beliau bisa mendampingi kami. Contoh sebuah keuletan dari usaha keluarga yang diawali dari semangat bertahan hidup.

Gudang Snack 66 di Plamongan Semarang

Banyak Jenis Snack Tradisional di Snack 66 ini.

Manajemen Penataan yang Sederhana, Mudah Mengetahui Stock Masih Ada atau Habis.

Rencananya, Ini yang Mau Dipesan Pak Effendi

Stock Menipis Karena Sudah Terdistribusi Ke Toko Oleh-Oleh di Jawa Tengah

Dengan melihat produk dari dekat ini kami berharap, rekan-rekan dari Singapore bisa memberikan masukkan kepada kami mengenai kemasan yang dibutuhkan dan regulasi serta sertifikasi yang diwajibkan untuk masuk pasar Singapore.

Karena waktu yang sangat terbatas, dan butuh melihat produk yang sangat prospektif dijual di Singapore, maka kami usahakan untuk melihat produk minuman herbal yang saat ini trend di dunia internasional. Beberapa produk terlampir ini akan coba dipasarkan oleh teman UMKM Singapore baik secara konvensional maupun secara online.

Minuman Herbal Sedang Trend di Pasar Internasional

Sisa waktu kami pergunakan untuk memperlihatkan produk teman-teman UMKM yang sudah mendaftar di GetAsean.Com yang ada di Kadin Jateng. Ada beberapa produk yang sudah memiliki packaging yang bagus dan bisa masuk pada Singapore. Semoga UMKM produsen bisa segera melengkapi persyarakat sertifikat halal dan BPOM.
 



Dalam kunjungan yang hanya setengah hari ini semoga bisa membawa dampak pemasaran yang baik bagi produk UMKM Jawa Tengah.