Laman

  • Home

Minggu, 28 Juni 2015

Purbalingga, Ketika UMKM Bersatu dan Saling Membantu

Komunitas UMKM Purbalingga Sementara ini Memang yang Paling Kompak

Dalam perjalanan kami mengawal program Rumah UMKM dan membangun jaringan UMKM di Jawa Tengah, harus kami akui bahwa UMKM Perwira Purbalingga merupakan komunitas UMKM di daerah yang paling kompak.

Digawangi oleh Pak Adi Purwanto dari Disperindagkop Kabupatan Purbalingga, kami melihat kelompok UMKM ini sangat dinamis dan saling memberikan dukungan satu dengan yang lain. Hal ini yang sangat dibutuhkan oleh UMKM, bukan sekedar penjualan dan permodalan. Lingkungan usaha yang kondusif harus dibangun untuk mendidik persaingan yang sehat satu UMKM dengan UMKM yang lain.

Bersama UMKM Purbalingga Saat Pameran Produk di Temanggung
Karena sikap mental dan pola pikir yang masih sederhana di kalangan pelaku UMKM, seringkali terjadi persaingan yang kurang sehat yang menyebabkan kerugian di masing-masing pihak yang bersaing. Hal ini sering kami hadapi di lapangan, misalnya: bagaimana pelaku UMKM yang satu dengan yang lain tidak mau berbagi informasi, bagaimana pelaku UMKM saling merusak harga pasar dan sebagainya.

Para pelaku UMKM terutama yang masih skala kecil dan mikro masih melihat bisnis dengan orientasi kepada mereka sendiri, bisnis adalah sebesar mereka bukan melihat dengan cara yang sebaliknya. Pada kenyataannya peluang bisnis itu sangat besar, bahkan untuk seribu kali kapasitas mereka sehingga mereka harus bersikap dewasa dengan bergabung satu dengan yang lain dalam memenuhi kapasitas yang dibutuhkan oleh pasar, bergabung untuk merancang harga jual yang seimbang dan bergabung untuk pengembangan desain dan packaging yang sering membuat mereka kedodoran di pasar.

Beberapa kali kami awalnya melihat bahwa produk UMKM Purbalingga masih berada di bawah ekspektasi kami, tetapi dengan update informasi dan sharing yang dilakukan oleh anggota-anggotanya kemudian kami melihat kemajuan (progress) yang sangat cepat dari si pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas dan kemasan produknya. Hal ini justru yang paling penting dalam pembinaan UMKM di daerah, semangat gotong royong dan sinergi ini yang merupakan pondasi yang kuat untuk mendukung program-program yang akan digulirkan selanjutnya.

Kami juga melihat betapa mereka juga sangat responsif ketika diinformasikan ada kegiatan-kegiatan pembinaan di Semarang, bahkan mereka bisa datang secara rombongan. Luar biasa, kami sangat salut !

Kami sangat berharap kekompakan ini dari komunitas UMKM di daerah-daerah lain; Selain daripada itu kami juga melihat ada komunitas yang bergerak cepat seperti Kabupaten Purbalingga, yaitu Kabupaten Kendal. Semoga yang lain bisa mencontoh komunitas ini.