Laman

  • Home

Jumat, 12 Juni 2015

Menggagas Sebuah Ide Pariwisata Jawa Tengah, Cukup di Angkringan UMKM Center

Ngucing Bareng Komunitas Online di Angkringan UMKM Center

Siapa bilang Wong Cilik yang hanya mampu berbisnis online ini tidak peduli dengan wisata Jawa Tengah ? Kami sanga peduli tapi kami tidak sepintar para ahli pariwisata yang menggerakkan forum-forum pariwisata di Jawa Tengah.

Teringat benar dengan saran-saran dari Pak SD Darmono, founder dan CEO dari Jababeka Group tempo hari lalu, bahwa untuk menggerakan INVESTASI maka harus ada TRADE dulu, dan untuk menciptakan TRADE, maka TOURISM harus dibangun terlebih dahulu. Dari sinilah kami, Rumah UMKM, mulai mencoba berpikir bersama dengan teman-teman komunitas pelaku online dan EO untuk menggodog sebuah konsep sederhana, yaitu: LANGSUNG JUALAN !

Ngobrol Produktif & Brain Storming

Bersama Mas Ahmadi Amirun dan Mas M Nur Wachid plus Kawan-Kawan

Nasi Kucing, Murah Meriah untuk Kalangan Kami.
Apa yang akan kami lakukan ?
Kami akan mengajak teman-teman EO belajar bareng bagaimana membuat paket wisata unik di wilayah Jawa Tengah ini dan menjualnya secara online. Mungkin jika hanya 10-20 EO, program ini tidak akan berdampak, tapi jika kami mampu melahirkan 100-200 EO pariwisata pastinya promosi Jawa Tengah akan terdongkrak dengan sendirinya. Inilah yang kami sebut jualan langsung, tidak perlu banyak berdebat dan tidak perlu banyak wacana. Biarlah perjalanan pemasaran online ini yang mengajarkan kepada kami dan teman-teman mana yang lebih baik dan mana yang lebih menarik.

Bagaimana Kredibilitas EO Pariwisata ini Nantinya ?

Standarisasi dan sertifikasi tentunya diperlukan agar EO pariwisata Jawa Tengah ini benar-benar aman dan terpercaya. Kami akan gandeng organisasi besar yang menaungi kami yaitu Kadin Jateng dan HIPMI untuk melakukan pelatihan dan sertifikasi oleh BKSP di bawah EDU KADIN. Kami akan libatkan di dalamnya ASITA selaku asosiasi yang menaungi pariwisata dan juga instansi terkait seperti DisBudPar untuk koordinasi regulasi dan petunjuk teknisnya.

Jaman digitalisasi ini jangan digarap dengan konvensional, setiap individu punya kreativitas dan punya kesempatan. Selama mereka profesional dan mampu menarik wisatawan ke Jawa Tengah, mengapa tidak kita dukung ?

Kami yakin dengan ide dan cara ini pariwisata Jawa Tengah akan maju pesat, EO dan industri kreatif lainnya juga akan terdongkrak dengan sendirinya. Rental mobil, penginapan dan tempat-tempat wisata yang tidak masuk hitungan pun bisa mendapatkan dampak positif dari ide ini.

Saatnya kita kreatif, saatnya kita Go Digital ! Bukan hanya produk saja yang bisa dijual online, sudah waktunya paket wisata dijual online, oleh UMKM !