Laman

  • Home

Minggu, 21 Juni 2015

Info Dari DGNED - Directorate General for National Export Development

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Nus Nuzulia Ishak.

Informasi Pasar

DGNED memberikan layanan informasi kepada eksportir Indonesia yang meliputi peluang pasar dan strategi untuk menembus pasar ekspor. Informasi serupa juga ditawarkan kepada calon pembeli potensial dari produk-produk non-migas Indonesia. Saat ini, informasi berupa penjelasan tentang pasar, produk-produk yang ditawarkan, pameran perdagangan, maupun informasi lain terkait perdagangan secara umum dapat diakses pada website DGNED (www.nafed.go.id)

DGNED juga secara berkala menerbitkan majalah dan harian, profil produk, katalog, direktori, dan brosur. Publikasi-publikasi yang berisi informasi kepada calon pembeli potensial diedarkan langsung melalui para pelaku bisnis atau didistribusikan lewat Kedutaan Besar Indonesia serta Pusat Promosi Perdagangan Indonesia.

1.         Market Intelligence & Market Brief

Informasi mengenai pasar yang akurat memegang peranan penting dalam mendukung diversifikasi pasar dengan meningkatkan ekspor ke pasar tradisional serta memperluas ekspor ke negara-negara berkembang. Adanya informasi yang akurat mengenai ancaman dan peluang bagi ekspor produk-produk Indonesia sangat diperlukan, terutama berkaitan dengan kebutuhan calon pembeli potensial yang makin spesifik, persaingan pasar yang makin ketat, serta perubahan tren maupun kebijakan di pasar global. DGNED menyediakan jasa market intelligence dan market brief untuk membantu meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global. DGNED menghasilkan informasi dan analisis mendalam yang disarikan dari riset, seminar, workshop, forum ekspor-impor, dan trade journal.

2.         Workshop, Seminars, dan Training

DGNED bekerja sama dengan asosiasi bisnis, bank, dan lembaga lainnya untuk mengatur serangkaian seminar dan lokakarya di tingkat nasional, regional, dan tingkat internasional. Kegiatan tersebut tidak hanya membantu peningkatan kualitas produk dan adaptasi produk, tetapi juga membahas peluang pasar dan strategi masuk pasar.

3.         Export Communication Forum for Small and Medium Enterprises

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan sektor penting yang memiliki peran signifikan dalam mengembangkan perekonomian Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas mereka khususnya dalam hal melakukan bisnis serta perdagangan internasional adalah melalui Forum Komunikasi Ekspor yang dijalankan sejak tahun 2011. Forum tersebut dimaksudkan untuk menyebarkan informasi terkait dalam perdagangan ekspor dengan menghadirkan konsultan dan pakar dalam hal perdagangan internasional.

Forum Komunikasi Ekspor tersebut juga akan menyebarkan informasi seperti prosedur ekspor, pembiayaan ekspor, asuransi ekspor, informasi pasar, promosi ekspor, desain dan pengembangan produk.

Dalam menyelenggarakan Forum Komunikasi Ekspor, DGNED membuka kerjasama dengan Kantor Wilayah Perindustrian dan Perdagangan di beberapa provinsi yang memiliki sejumlah besar UKM yang berorientasi ekspor dan siap untuk menembus pasar luar negeri.

4.         Buyer Reception Desk (BRD) & Inquiry Service

Inquiry Service adalah salah satu layanan DGNED ditujukan kepada pembeli di luar negeri dan eksportir Indonesia yang tertarik untuk membangun kemitraan bisnis antara mereka. Pertanyaan dapat disampaikan melalui email, fax, telepon surat resmi, dan juga melalui kunjungan mereka ke kantor DGNED.

Sedangkan Buyer Reception Desk (BRD) didirikan pada tahun 1986 dengan tujuan sebagai one stop service bagi pembeli luar negeri yang berkunjung ke Indonesia untuk membeli produk ekspor Indonesia. BRD membantu pembeli untuk melakukan pertemuan bisnis dengan produsen atau eksportir Indonesia yang berurusan dengan produk yang tertarik di kantor DGNED dan dilanjutkan ke pabrik apabila diperlukan. Dalam membantu pembeli di luar negeri di Indonesia, BRD juga menyediakan transportasi untuk kegiatan bisnis mereka dengan bahasa Indonesia serta mengawal mereka hingga waktu keberangkatan mereka.

5.         Export Library

DGNED mengelola perpustakaan ekspor yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan di bidang ekspor, terutama untuk komunitas bisnis dan pengguna lain melihat berbagai koleksi terbaru. Perpustakaan ini berisi lebih dari 8.000 judul pada topik ekspor yang relevan dalam bentuk seperti majalah, koran, baik domestik dan luar negeri yang terkait dengan kegiatan ekspor. Selain itu tersedia pula sistem aplikasi perpustakaan umum untuk memfasilitasi informasi ekspor yang diperlukan dengan mudah.

Jika Anda membutuhkan referensi atau publikasi data yang terkait dengan kegiatan ekspor, silahkan datang ke perpustakaan ekspor kami yang terletak di lantai 3 Gedung Utama Kementerian Perdagangan, Jalan Ridwan Rais MI No. 5 Jakarta Pusat 10110, dengan jam buka pada 09:00-3:00 pada hari Senin sampai Jumat.