Laman

  • Home

Senin, 01 Juni 2015

Gula Cair, Produksi UMKM Semarang

Gula Sehat, Gula Alami

Mendapatkan edukasi dari produsen gula cair yang nota bene adalah UMKM dari kota Semarang, kami bertambah pengetahuan mengenai gula yang sehat. Bahwa ketika gula itu masih mengandung ketiga unsurnya yaitu fruktosa, glukosa dan sukrosa justru IG-nya (Index Glikemik) rendah dan tidak memicu naiknya gula darah. Bahwa proses kristalisasi hanya bisa untuk komponen sukrosa saja, dan menyisakan fruktosa dan glokosa sebagai molasse. Bahwa tujuan dari produksi gula cair ini adalah untuk memangkas biaya produksi dan menyediakan gula yang aman untuk konsumsi.

Gula Cair, Lebih Sehat & Lebih Praktis !


Gula Merah Cair, Jauh Lebih Praktis dengan Gula Merah Cair.
Kepraktisan untuk penggunaan gula dalam minuman di outlet minuman yang membutuhkan gula cair juga merupakan tujuan dari produksi gula cair. Berapa franchise minuman saat ini sudah menggunakan produk dari UMKM binaan kami ini.

Gula Tebu Cair dan Gula Merah Cair

Produk unggulan dari binaan kami ini adalah gula tebu cair dan gula merah cair, yang saat ini sudah digandeng oleh distributor skala nasional. Mengapa menjalin kerjasama dengan distributor ? Industri gula adalah industri yang sangat prospektif dimasa mendatang, jaminan kualitas, kapasitas dan kontinuitas supply merupakan hal mendasar yang harus menjadi fokus daripada produsen. Oleh sebab itu binaan kami hanya ingin fokus di bidang produksi, sementara pemasaran diseerahkan kepada mitra yang mau bekerjasama dalam bidang distribusi dan pemasaran.

Saat ini pemasaran yang dipegang oleh distributor nasional sudah menjangkau wilayah pulau Jawa sehingga memaksa binaan kami berjuang untuk mendapatkan modal pengembangan usaha dan modal produksi rutin. Selain produksi sendiri, binaan kami juga menggandeng beberapa pabrik gula untuk basis produksinya agar supply ke industri bisa dilakukan.

Beberapa industri food and beverages sudah menyatakan ketertarikannya kepada produk gula cair ini, karena praktis dan mampu dimanfaatkan untuk menekan biaya produksi, mengingat biasa mencairka gula bisa dihilangkan. Memang ketika menggunakan gula cair dibutuhkan tangki penyimpanan, dan ini merupakan investasi, tetapi investasi ini akan menjadi tanggungan dari supplier bukan dari pihak industri.

Apakah Binaan Kami ini Masih Masuk UMKM ?

Untuk saat ini, dilihat dari omzet dan asset, sudah pasti binaan kami ini masuk kategori usaha skala kecil menengah. Tetapi jika kemampuan modal bisa ditingkatkan bersama dengan penyerapan pasar, maka dalam waktu yang tidak lama kami yakin bahwa binaan kami ini akan segera "lulus" dari UMKM akademia.

Dengan keterbatasan modal, tetapi dengan demand yang besar dari pasar, kami yakin bahwa GULANAS, yang merupakan merk dagang dari binaan kami, akan menjadi pemain baru dalam industri gula cair di Indonesia. Tidak mudah, tapi semuanya pasti akan berproses, dan binaan kami ini sedang menjalani proses yang berat untuk menjadi produsen gula cair terkemuka di Jawa Tengah maupun di Indonesia.

Gula Cair dalam Kemasan Jerigen 5Kg

Gula Cair dalam Kemasan Botol, 250ml, 500ml dan 1000ml.
Disamping gula cari, produk gula semut juga ada. Dan produk ini disupply ke HOREKA (Hotel, Resto dan Kafe) di Pulau Jawa. GULANAS juga menjembatani supply GULA RAFINASI ke industri UMKM di Jawa Tengah melalui agennya Koperasi Mina Tani Abadi (KOMITA) yang juga merupakan binaan dari Rumah UMKM.