Laman

  • Home

Selasa, 02 Juni 2015

GetAsean.Com - eCommerce untuk UMKM yang Ingin Segera Ekspor

Sosialiasi GetAsean.Com ke Daerah

UMKM Ekspor ? Mengapa tidak ?

Tidak hanya perusahaan besar saja yang punya kesempatan untuk ekspor, UMKM pun bisa. Bukankah ekspor itu tidak ditentukan juga oleh kapasitasnya ? Bukankah ekspor itu hanya berdagang ke luar batas kepabeanan ?

Tidak harus dengan kontainer, dengan kurir pun kita bisa ekspor. Semakin lama perdagangan ekspor semakin mudah, yang sulit adalah menemukan siapa pembelinya.Di sinilah Kadin Jawa Tengah hadir dengan GetAsean.Com untuk membantu promosi produk UMKM Jawa Tengah agar di lihat oleh dunia luar, setidaknya Malaysia dan Singapore. GetAsean.

Selama produk UMKM sudah berkualitas dengan legalitas yang memadai, maka fasilitas GetAsean.Com dari Kadin Jateng akan membantu promosinya melalui eCommerce.

Benarkah ekspor itu mudah ?

Pastinya tidak mudah melakukan ekspor bagi UMKM, karena ada beberapa aspek dan prosedur yang harus dipenuhi. Dengan adanya GetAsean.Com yang didukung oleh transporter, kurir dan asuransi gagal bayar dari ASEI, membuat ekspor menjadi lebih mudah dan aman bagi UMKM.

Untuk UMKM yang masih coba-coba pasar ekspor, silahkan coba dengan pengiriman skala kecil dengan kurir karean tidak banyak dokumen yang dibutuhkan. Pihak kurir yang menjadi mitra Kadin Jateng akan memberikan panduan praktis tata eksportnya. Mudah semudah pengiriman paket ke dalam wilayah di Indonesia.

Beberapa produk yang mungkin mengalami kesulitan untuk pengiriman adalah produk-produk yang bentuknya cairan, sehingga untuk produk minuman cair dari UMKM. Produk-produk yang sekarang banyak diminati adalah minuman herbal dalam bentuk serbuk tetapi tidak menggunakan gula rafinasi atau gula pasir melainkan menggunakan gula alami, makanan tradisional Jawa Tengah dalam bentuk instant (kalengan), wooden kitchenware, home decoration dan batik juga masih mendapatkan perhatian untuk pasar ekspor.

Belum Banyak UMKM di Jawa Tengah yang Tahu GetAsean.Com

GetAsean.Com lahir hampir 3 bulan yang lalu dan efektif diperkenalkan kepada pelaku usaha Jawa Tengah sekitar 1 bulan yang lalu sehingga wajar jika belum banyak UMKM di Jawa Tengah yang tahu, apalagi UMKM yang belum akrab dengan dunia online.
 
Oleh sebab itu team GetAsean.Com mulai melakukan sosialisasi ke daerah-daerah, dimulai dari Semarang dan sekitarnya, Solo Raya dan sekitarnya dan selanjutnya nanti akan dilanjutkan ke Pekalongan, Purwokerto dan daerah timur Jawa Tengah. Di samping sosialisasi tersebut, team GetAsean.Com juga secara masif memberikan informasi GetAsean.Com kepada instansi-instansi yang terkait dengan pembinaan dan pengembangan UMKM.

Komunitas online Jawa Tengah juga merupakan target sosialisasi selanjutnya, karena eCommerce bagi mereka adalah sebuah rutinitas. Promosi GetAsean.Com secara online pun sudah mulai digalakkan agar menjangkau UMKM-UMKM Jawa Tengah yang jauh dari jangkauan Semarang.