Laman

  • Home

Kamis, 21 Mei 2015

Value Your Event : Jangan Hanya Sekedar Event !


Membuat event lebih bernilai !

Apa yang kita butuhkan dari GULA ? Pastinya adalah RASA manisnya. Tidak masalah jumlahnya yang penting manisnya sesuai dengan kebutuhan kita. Lantas apa pula yang kita butuhkan dari sebuah event, tentunya adalah MANFAAT atau benefit bagi audiencenya.
Tidak tahu bagaimana sebabnya sesorean tadi saya mendapatkan tamu dari anak seorang teman yang merupakan anggota DPR RI untuk konsultasi konsep event untuk tugas akhir kuliahnya. Awalnya si adik mahasiswi ini mendapatkan info dari Bapaknya bahwa saya masih menjabat sebagai Manajer MarComm Suara Merdeka, padahal itu sudah 3 tahun silam. Tapi gak papa, saya harus bantu dia untuk meninjau konsep eventnya.

Konsepnya mengenai event pelatihan "menulis" di LAPAS, saya sempat baca sekilas dan saya menanyakan APA manfaat pelatihan ini bagi penghuni LAPAS jika hanya sekedar bisa menulis, menulis jurnalistik. Jika hanya sekedar menulis pasti setelah pelatihan mereka juga akan lupa, karena penghuni LAPAS tidak tahu ketrampilan itu akan dipakai untuk apa.

Memberikan mimpi membangun asa.

Saya memberikan usulan agar event tersebut "diperkaya" nilainya, dengan memberikan impian kepada penghuni lapas bahwa mereka bisa menjadi seorang penulis blog (blogger) yang dapat duit dari tulisan mereka di blog. Mengapa harus diberikan impian ?

Banyak di antara penghuni lapas yang kesulitan "kembali" ke masyarakat karena catatan negatif mereka, masyarakat kita masih belum "terbiasa" menerima mantan napi di lingkungannya. Mereka akan kesulitan mencari pekerjaan. Mereka butuh harapan dan gambaran pekerjaan apa yang bisa mereka lakukan setelah selesai menjalani hukuman.

Menjadi blogger merupakan salah satu alternatif pilihan, tidak perlu modal besar, hanya butuh ketekunan dan keseriusan dan tidak perlu banyak 'berbaur" dengan masyarakat yang "belum" bisa menerima keberadaan mereka kembali.

Event tersebut harus diperkaya dengan bagaimana membuat blog, menulis di blog, membuat website dan mencari uang dari blog. Jika event ini dikemas dalam satu paket yang terpadu, saya yakin mencari sponsor CSR dari perusahaan besar tidak akan sulit. 

Memang konsultasi di atas sekilas tidak ada kaitannya dengan UMKM, tetapi jika dicermati banyak hal yang bisa kita jadikan referensi dalam membuat konsep event untuk UMKM. Misalnya bagaimana memperkaya nilai pameran produk UMKM dengan business matching, pelatihan dan klinik bisnis. Jika hanya menyasar pada "penjualan" maka ketika pameran sepi, teman-teman UMKM yang buka stand hanya akan mendapatkan rasa capek dan kecewa, tetapi jika dalam pameran tersebut banyak hal yang bisa mereka dapatkan (training, seminar, klinik bisnis, dll) maka meskipun pameran sepi mereka masih akan mendapatkan "sesuatu" untuk dibawa pulang.