Laman

  • Home

Sabtu, 23 Mei 2015

Sosok Kukrit Suryo Wicaksono dan Ide Cemerlangnya untuk Edu Kadin, Rumah UMKM dan GetAsean.Com

Kukrit Suryo Wicaksono, Ketua Umum Kamar Dagang & Industri Jawa Tengah

Edu Kadin, TTIC (Rumah UMKM) dan GetAsean.Com

Sosok Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Propinsi Jawa Tengah dikenal humoris dan banyak ide, sesuai dengan motto awal ketika pencalonannya sebagai Ketua Umum Kadin Jawa Tengah yaitu MANTAP SOLUSINYA ! 

Terbukti beberapa kali dalam kepemimpinan beliau Kadin Jateng terpilih sebagai Kadin terbaik nasional, hal ini tidak terlepas dari ide beliau untuk membangun EDU KADIN, sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan Kadin, TTIC dengan program Rumah UMKM-nya dan yang terbaru adalah GetAsen.Com, sebuah eCommerce yang bekerjasama dengan Singapore Malay Chamber of Commerce & Industry dan Gerakan Muda Berjaya Malaysia.

Terkait dengan pogram yang terakhir, semangat awalnya adalah dengan pengembangan UMKM (SME Development) dalam bidang pemasaran, di mana eCommerce ini akan membantu promosi dan pemasaran produk UMKM Jawa Tengah di pasar 3 negara. Permasalah pemasaran di kalangan pelaku UMKM menjadi fokus pengembangan eCommerce ini.

Kadin Jateng tidak Hanya Milik Pengusaha Besar, UMKM juga Harus Terlibat.

Mungkin selama ini sebagian masyarakat menganggap bahwa Kadin hanya diperuntukkan bagi pengusaha besar saja, sehingga banyak UMKM tidak bergabung menjadi anggota Kadin Jateng. Program Rumah UMKM merupakan bukti kepedulian Kadin Jateng kepada UMKM Jawa Tengah untuk berkembang dan mencari solusi permasalahan pemasaran dan promosi produk UMKM.

Program Rumah UMKM ini belum genap berjalan 2 tahun, tetapi sudah mulai dekat dengan UMKM-UMKM di Jawa Tengah, terlebih dengan program Bilik Konsultasi Bisnis yang fokus kepada pemasaran dan promosi. Interaksi dengan pasar merupakan pembinaan yang paling efektif untuk memberikan pemahaman dan pengetahun UMKM terhadap apa yang dibutuhkan oleh pasar. 

Ketua Kadin Jateng memberikan tugas khusus kepada uni TTIC (Trade, Training and Information Center) untuk selalu melakukan update informasi perdagangan, informasi pasar dan membangun jaringan pemasaran produk UMKM.

EduKadin juga sering menggelar pelatihan dan pendidikan untuk UMKM dengan tujuan up grade pengetahuan dan pemikiran bisnis para pelaku UMKM di Jawa Tengah. Kegiatan pelatihan EduKadin dilakukan seminggu 2 kali, sehingga memberikan banyak kesempatan bagi UMKM untuk berpartisipasi.

Pameran Kadin Jateng selalu Ramai dan Meraup Transaksi Besar.

Pameran-pameran produk UMKM yang dilakukan oleh Kadin Jateng selalu diminati para pelaku UMKM karena terbukti selalu didukung dengan publikasi yang lebih baik dan mampu mengahasilkan transaksi yang lebih besar. Bahkan Kadin Jateng selalu menggelar pameran produk UMKM di mall-mall terkemuka di Semarang.

Berbagai dukungan dari pengusaha-pengusaha besar anggota Kadin Jateng juga tidak luput dari peran aktif Ketua Kadin Jateng yang selalu mengajak pengusaha-pengusaha besar di Jawa Tengah untuk terlibat dalam pembinaan dan pengembangan UMKM di Jawa Tengah.