Laman

  • Home

Selasa, 05 Mei 2015

Rumah UMKM, menerobos pasar membuka peluang



Rumah UMKM harus selalu memberikan solusi pasar kepada UMKM

Sebagaimana mandat dari Ketua Umum Kadin Jateng, bahwa Rumah UMKM harus selalu bisa memberikan solusi pasar bagi produk UMKM Jawa Tengah kami harus selalu update dengan informasi pasar dan juga harus selalu update dengan perkembangan UMKM yang terkini.

Rutinitas ini semata-mata didedikasikan oleh Kadin Jateng kepada UMKM Jawa Tengah yang pada umumnya terkendala masalah pemasaran produknya. Tidaklah mudah untuk selalu melakukan update kondisi pasar dengan terjun sendiri secara langsung melakukan pemasaran produk, karena banya kendala yang kami hadapi mulai dari waktu, energi dan biaya operasional kami. Waktu, tenaga dan biaya operasional ini menjadi tantangan untuk kami untuk selalu mengabdikan diri terhadap pembinaan dan pengembangan UMKM di Jawa Tengah, terlebih bahwa organisasi kami adalah organisasi non profit.

Bagaimana sponsor bisa membantu kami ?

Sudah pasti kami butuh dukungan dari sponsor yang peduli kepada program kami, terutama dalam memberikan bantuan operasional kepada kami untuk kunjungan ke UMKM-UMKM potensial di berbagai daerah di Jawa Tengah dan juga operasional pemasaran produk UMKM. Biaya terbesar kami adalah biaya perjalanan luar kota dan akomodasinya.Selama ini kami masih didukung oleh sponsor utama kami yaitu harian Suara Merdeka, yang membiayai kegiatan kami.

Kami masih membutuhkan sponsor lain untuk lebih meningkatkan layanan kami dalam membantu promosi dan pemasaran produk UMKM.

Dengan rintisan situs RumahUMKM.com kami akan mencoba membantu sponsor dalam mengedukasi UMKM Jateng terhadap produk sponsor, disampain iklan yang akan kami pajang di situs kami tersebut. Saat ini kami masih berusaha menempatkan apa yang kami share di blog kami ini bisa mendapatkan tempat di halaman pertama google search, yang saat ini masih di ranking 3-5 di halaman pertama.

Mengapa kami memilih jalur promosi online ?

Pertimbangan MURAH, LUAS jangkauannya dan CEPAT penyebarannya merupakan pilihan kami yang utama. Mengapa murah ? Adalah karena kami harus mampu membiayai promosi kami ini sendiri, sehingga kami harus memilih media yang terjangkau. Mengapa luas ? Tidak seluruh wilayah Jawa Tengah dapat kami jangkau dengan kunjungan fisik, maka informasi online harus kami lakukan agar UMKM di daerah-daerah yang tidak terjangkau juga bisa mengakses informasi ini. Mengapa harus cepat ? Bisnis terkait dengan kecepatan waktu, karena kesempatan tidak akan datang dua kali.

Apa yang nantinya menarik dari RumahUMKM.com ?

Kami akan selalu menghadirkan informasi-informasi yang penting untuk UMKM Jawa Tengah, termasuk informasi terkini.

Di bilik belanja nanti, kami akan memberikan kesempatan kepada UMKM untuk mempromosikan produknya dengan format JPEG (gambar) disertai deskripsinya atau format PPT (powerpoint). Batas maksimum adalah 5 halaman. Kami berharap promosi ini sudah dalam sajian yang menarik dan foto-foto yang cantik atas produknya.

Blog ini sudah dibaca dan dilirik oleh saudara-saudara kita di Singapore, Malaysia dan negara lain. Sehingga presentasi produk yang menarik akan membuka peluang  pemasaran yang lebih baik. Informasi ini selanjutnya akan secara bertahap kami kelola menjadi BURSA PRODUK UMKM JAWA TENGAH di situs ini sehingga situs ini bisa memberikan banyak manfaat kepada teman-teman UMKM maupun BUYER untuk menemukan pasar dan produk yang diinginkannya.