Laman

  • Home

Senin, 25 Mei 2015

Manfaat Menjadi Anggota Kadin bagi UMKM

Pernah suatu ketika ada salah satu pelaku UMKM yang sering berkonsultasi bisnis dengan kami di Rumah UMKM (TTIC) melayangkan sebuah pertanyaan "Apa sing untungnya jadi anggota Kadin Mas ?" Ketika saya tanya mengapa beliau tidak mendaftar jadi anggota Kadin.

Tanpa beliau sadari beliau telah merasakan salah satu "fasilitas" menjadi anggota Kadin secara cuma-cuma, dan bahkan kami pun sudah memberikan beliaunya "buyer" untuk produknya. HeHe sungguh ironis kenyataan ini.

Anggota Kadin Jawa Tengah

Dulunya yang menjadi anggota Kadin Jawa Tengah ataupun Kadin Daerah di Jawa Tengah adalah pengusaha-pengusaha menengah ke atas sehingga mungkin banyak teman-teman UMKM tidak mengetahui bahwa Kadin saat ini justru peduli dengan keanggotaan dari pelaku UMKM. Ada beberapa pembedaan kewajiban yang dilakukan Kadin terhadap keanggotaan dari pelaku UMKM, yaitu biaya iuran yang jauh lebih murah dari keanggotaan biasa. 

Mengapa demikian ? Karena Kadin ingin melakukan pendataan pelaku UMKM di Jawa Tengah. Pendafataran anggotanya pun bisa dilakukan di Kadin daerah setempat. Dengan adanya pendataan ini maka Kadin akan lebih mudah memantau perkembangan dan pertumbuhan UMKM di Jawa Tengah, dan juga mampu memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan yang sering muncul di kalangan pelaku UMKM.

Lantas apa untungnya menjadi anggota Kadin ?

Mungkin yang bisa memberikan kesaksian adalah UMKM-UMKM yang sudah menjadi anggota Kadin Jateng, karena mereka sudah merasakan manfaatnya. Tetapi ada baiknya kami akan memberikan gambaran manfaat menjadi anggota Kadin secara umum.

Klinik Bisnis Gratis - Khusus Pemasaran dan Promosi, layanan ini bisa didapatkan oleh UMKM anggota Kadin Jateng setiap hari Selasa dan Jumat di TTIC Kadin Jateng atau yang lebih dikenal dengan nama Rumah UMKM.

Business Matching, layanan ini sekarang hanya bisa diberikan kepada UMKM anggota Kadin Jateng atau Kadin Daerah dengan menunjukkan keanggotaannya.

Business Sharing, setiap 3 bulan sekali Kadin Jateng mengundang tokoh atau pengusaha kelas nasional untuk memberikan sharing tips dan best practisenya kepada anggota Kadin Jateng. Dan ini bisa diikuti oleh UMKM yang menjadi anggota Kadin Jateng. Akan ada seleksi pemilihan undangan, disesuaikan dengan dengan bidang usaha yang digelutinya.

Partisipasi dalam Pameran Usaha yang diadakan oleh Kadin Jateng, reputasi pameran yang diadakan oleh Kadin Jateng cukup bagus bagi masyarakat. Transaksi yang diperoleh oleh peserta pameran pun juga sangat bagus. Ada 2 jenis pameran yang dilakukan oleh Kadin Jateng yaitu pameran yang berbayar dan pameran yang gratis. Untuk pameran yang gratis Kadin Jateng akan melakukan seleksi ketat untuk pesertanya.

Informasi pelatihan EDU KADIN, informasi pelatihan di EDU KADIN yang relevan akan diprioritaskan kepada anggota. Pelatihan di EDU KADIN biasanya berbayar, karena mendatangkan nara sumber berkelas nasional dan mendapatkan sertifikat. Beberapa pelatihan bahkan disertifikasi oleh BKSP untuk kompetensinya.

Registrasi GetAsean.Com gratis, untuk setahun ini UMKM yang sudah menjadi anggota Kadin Jateng diberikan registrasi gratis di GetAsean.Com untuk mempromosikan produknya.

Pameran Batik Vaganza Kadin Jateng

Business Sharing dengan Bapak James T Riady, CEO Lippo Group

Sosialisasi GetAsean.Com Putaran Pertama

GetAsean.Com, Kesepakatan 3 Negara.

Business Sharing.

Workshop Bersama IHK Jerman

Training & Workshop.