Laman

  • Home

Sabtu, 16 Mei 2015

Komunitas Online Semarang, Partner Pemasaran UMKM Jawa Tengah

Saya dan Komunitas Online, di UMKM Center Jawa Tengah
Komunitas Online Semarang

Keberadaaan komunitas ini mungkin belum banyak diketahui oleh teman-teman UMKM Semarang maupun UMKM Jawa Tengah. Padahal kami ada dan kami disatukan dengan visi yang sama, yaitu membangun bisnis online di Semarang. Bisnis ini bukan hanya sekedar toko online, melainkan juga media online dan juga layanan pendukungnya. Bagi pelaku-pelaku toko online mungkin sudah banyak yang mendengar komunitas ini, tetapi saya yakin lebih banyak yang belum mengetahuinya.

Dalam komunitas ini berkumpullah para jawara bisnis digital, mulai dari media online, toko online, pakar MLM, pakar SEO yang kesemuanya membangun satu jaringan promosi dan pemasaran online yang solid. Semua anggota telah menjadi kesatuan yang terpadu dan siap membantu UMKM di Jawa Tengah dalam pemasaran onlinenya.

Serahkan pada ahlinya - Mungkin istilah ini yang tepat untuk menggambarkan apa yang ingin saya sampaikan kepada teman-teman UMKM di Jawa Tengah. Banyak UMKM produsen yang meskipun sudah dibekali ilmu pemasaran online tetapi hasilnya tidak maksimal, karena tidak paham masalah SEO, maka dengan berlokaloborasi dengan komunitas ini maka promosi dan pemasaran onlinenya sudah ada yang menangani.

Komplit .. plit ... plit !

Boleh dibilang komunitas ini benar-benar komplit, karena masing-masing memiliki keahlian yang saling mendukung dalam business online. Ada yang ahli SEO, ada yang ahli MLM, ada yang ahli FRANCHISE, ada yang ahli media online, ada yang ahli pemasaran media, ghost writer dan ada juga yang ahli advertising digital. Sebenarnya tidak mengada-ada jika kami bilang bahwa team ini tidak butuh sebuah "manajemen" formal untuk menggarap produk-produk potensial Jawa Tengah melalui pemasaran di dunia maya.

Lantas, tunggu apa lagi ? 

Win - Win Solution

Tidak mudah pelaku UMKM (UMKM produsen) melakukan penjualan online sendiri, sementara mereka belum memahami banyak aspek dalam pemasaran digital dan penjualan digital. Keberadaan komunitas online Semarang, yang jika disebut satu per satu anggotanya bisa memenuhi beberapa lembar kertas HVS karena jumlahnya ada ratusan. Komunitas Online ini harus digandeng dan diberikan porsi untuk membantu penjualan produk UMKM tersebut, agar tugas UMKM lebih ringan dan bisa fokus kepada kualitas dan kapasitas produksi. 

Prinsipnya kami selalu siap membantu pemasaran UMKM Jawa Tengah melalui dunia kami, ... Dunia Online !