Laman

  • Home

Sabtu, 30 Mei 2015

Gula, Beras dan Minyak Goreng; Meskipun Margin Tipis Tapi Bisnis Lancar

Koperasi Mina Tani Abadi (KOMITA)

Berawal dari usaha budidaya sayuran dan buah-buahan seperti pisang, semangka, tomat, lombok dan sebagainya dan menjadi supplier untuk Carrefour dan Sewu Segar Nusantara (SSN), sekarang Koperasi menambah usahanya untuk perdagangan gula, beras dan minyak goreng di wilayah Jawa Tengah.

Produk gula yang bisa disupply oleh KOMITA adalah gula pasir, gula rafinasi untuk UMKM, gula cair putih, gula cair merah, gula semut, gula batu dan sebagainya. Untuk beras, KOMITA disupport oleh produsennya yang tersebar di seluruh Jawa Tengah memiliki kemampuan supply beras berkualitas dengan harga yang lebih murah di pasaran, sedemikian juga dengan minyak goreng. KOMITA sudah memiliki supply yang terpercaya untuk produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau masyarakat.

Hanya saja saat ini KOMITA masih fokus untuk supply pedagang pasar atau toko-toko penyedia sembako, meskipun untuk perorangan dengan pembelian yang cukup besar bisa langsung dilayani oleh KOMITA.



Konsolidasi Perhitungan Harga Gula di Kantor KOMITA

KOMITA Siap Supply Industri maupun UMKM Untuk Bahan Baku Gula Pasri dan Gula Rafinasi

Dalam waktu yang relatif singkat, beberapa pedagang di Semarang dan sekitarnya sudah mempercayakan supply kepada KOMITA. Koperasi-koperasi di instansi pemerintah dan instansi swasta juga telah meminta supply beras, gula dan minyak kepada KOMTA.

Meskipun Margin Laba Tipis, Tapi Jangan Berikan Konsumen Kualitas Yang Tidak Sesuai

Kami paham, selaku pembina KOMITA kami selalu menekankan arti pentingnya kualitas, kontinuitas dan layanan kami kepada konsumen. Jangan pernah mengeceawakn konsumen dengan kualitas produk yang sudah kita supply kepada mereka, karena mereka adalah kepanjangan tangan bisnis kita. Jangan sampai kita membakar tangan kita sendiri.

Kita paham bahwa margin untuk ketiga komoditas tersebut sangat tipis, tetapi perputarannya sangat cepat. Oleh sebab itu untuk menjaga bisnis tetap sehat, KOMITA menerapkan kondisi pembayaran COD (Cash On Delivery), kecuali kepada konsumen yang sudah ada perjanjian khusus sebelumnya.

Untuk ke depannya, KOMITA mengincar pasar luar Jawa seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Kami telah didukung oleh transportasi kapal laut untuk pengiriman barang ke pelabuhan tujuan. Untuk pelanggan luar Jawa memang kami butuh mitra transportasi yang mampu memberikan biaya kirim yang kompetitif dan handal dalam pengiriman. Kami harus memikirkan mitra kami (pembeli) untuk menjual kembali produk yang mereka beli dari kami.