Laman

  • Home

Sabtu, 02 Mei 2015

Globalisasi adalah Digitalisasi

Global adalah Digital

Globalisasi mengandung arti tanpa batas, tidak dibatasi oleh teritori negara dan tidak pula dibatasi oleh regulasi atau aturan suatu negara. Perdagangan global adalah perdagangan yang bebas tanpa batas teritori dan regulasi suatu negara.

Sebenarnya era ini sudah kita masuki melalui perkembangan teknologi informasi yang tanpa batas melalui internet, dan dunia perdagangan berbasis internet pun saat ini sudah bergerak sedemikian pesat. Era global adalah era digital, baik digital dalam pemikiran maupun digital informasi.

Jika mau bersaing dalam dunia ini, pelaku UMKM harus segera up grade pemikiran dan mentalnya menjadi mental dan pemikiran digital. Semua harus cepat, mudah dan dapat dipercaya.

Globalisasi adalah Digitalisasi
Apa yang kita hadapi saat ini dalam pembinaan dan pengembangan UMKM adalah masih jauh dari mindset tersebut di atas. Semua masih digarap tradisional dan semua masih berpikir konvensional. Tanpa sentuhan teknologi informasi dan mindset digital, sangat jauh keinginan kita dari "memenangkan" persaingan global atau yang dalam waktu dekat adalah MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Tidak hanya UMKM produsen yang harus disentuh pola pikir dan mental digital tetapi penggiat UMKM, pembuat regulasi juga harus digital. 


Jangan remehkan perdagangan online ?


Dengan modal kreativitas dan inovasi, pasar online merupakan pasar yang jauh lebih menjanjikan dibandingkan pasar konvensional (offline). Coba lihat perkembangan sekarang, hampir semua pemain besar di bisnis offline sudah membuka peluang dalam pasar online. Bukan masalah omzet yang mereka kejar tetapi masalah peluang audience yang lebih luas tanpa batas dengan ratio investasi yang jauh lebih murah.

Dalam beberapa tahun ke depan, WAKTU adalah komoditas yang sangat mahal bagi semua pelaku usaha. BELANJA adalah menjadi hal yang paling mudah yang bisa anda lakukan melalui GADGET, TV atau pun komputer anda. PILIHAN yang banyak dan kemudahan akses internet merupakan pertimbangan kekuatan dari dunia pasar online saat ini.

Di saat orang ingin melakukan efiesiensi waktu dan biaya untuk berbelanja, pasar online memberikan peluang untuk bisa tetap bersantai di rumah atau saat sempit ketika bekerja sambil melakukan aktivitas belanja.

Menjadi MUDAH, CEPAT dan DAPAT DIPERCAYA tidaklah mudah ?

Membangun diri untuk menjadi mudah ditemukan, dikontak maupun mudah diajak berkomunikasi oleh banyak orang yang belum kita kenal bukanlah hal yang mudah. Membangun diri untuk menjadi orang yang responsif terhadap permintaan dan aksi pasar juga membutuhkan bekal pengetahuan, wawasan dan sikap mental yang harus dilatih dan dibina. 

Untuk dapat dipercaya juga membutuhkan waktu dan pembuktian kinerja kita di pasar online. Pasar online memang menjanjikan peluang keberhasilan yang lebih besar dan cepat, tetapi perlu juga diingat bahwa dunia online juga merupakan dunia yang dengan mudah menghancurkan kita ketika kita belum siap dengan apa yang kita janjikan kepada audience kita.

Sudah saatnya kita harus belajar dan memulainya dari sekarang.