Laman

  • Home

Rabu, 13 Mei 2015

Forum Koordinasi Bahan Baku Mebel Rotan

Forum Koordinasi Bahan Baku Mebel Rotan, Kegiatan Pengembangan Klaster dan Sentra Industri Mebel dan Kayu Olahan, Dinas Perindustrian dan Perdagagan Provinsi Jawa Tengah, 12 Mei 2015.




Mendapatkan undangan ini mewakili Kadin Jawa Tengah, saya hadir meskipun agar terlambat. Paparan demi paparan para nara sumber dari asosiasi petani rotan di Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah dengan audiens adalah kelompok produsen mebel rotan dari Trangsan Sukoharjo dan Jepara, diskusi ini menurut saya belum menelurkan solusi yang tepat untuk kedua belah pihak.

Pihak petani rotan merasa bahwa kebutuhan supply pengrajin rotan Jawa Tengah sangat kecil dibandingkan dengan kapasitas produksi mereka dan mereka merasa justru lebih diuntungkan jika ada eksportir bahan mentah, tetapi hal itu sudah dilarang oleh pemerintah. Sementara dari sisi pengrajin, kebutuhan mereka turun karena memang permintaan ekspor mebel rotan menurun.

Seharusnya dalam diskusi ini dihadirkan seorang nara sumber dari importer mebel rotan, sehingga missing link tersebut terjawab dan forum ini tidak sekadar forum diskusi melainkan menjadi forum business matching.

Tapi setidaknya ini adalah bukti kepedulian dari pemerintah untuk ikut menyelesaikan permasalah yang muncul di kalangan IKM Mebel Rotan, kami harus support dan harus ikut memberikan solusi ke depannya.