Laman

  • Home

Kamis, 14 Mei 2015

eLearning untuk UMKM, mimpi saya untuk membuat UMKM Jawa Tengah naik kelas.

SME eLearning, mengajak UMKM akrab dengan dunia digital.
 UMKM Naik Kelas

Serasa saya ikut-ikutan dengan istilah ini, tapi tidak apa-apa toh tidak ada salahnya. Jika naik kelasnya UMKM bagi teman-teman lain difokuskan kepada OMZET dan ASSET maka saya mencoba ke arah yang fundamental yaitu MINDSET, yang di dalamnya termasuk sikap mental, pola pikir dan juga pengetahuan.

Jika yang lain mengajarkan ini dengan trainign, workshop dan seminar konvensional, maka saya ingin membuatnya lebih modern atau digital. Tidak mudah dan butuh investasi, terutama infrastruktur IT dan content development.

Mengapa saya tertarik eLearning Video ?

Pastinya harus ada alasan mengapa saya memilih eLearning untuk membantu up-grade mindset dan knowledge teman-teman UMKM, beberapa alasan di bawah inilah yang membuat saya harus memperjuangkannya.
  1. Penyelenggaraan eLearning relatif lebih murah, hanya mahal pada investasi awal dan content development, tetapi bisa diduplikasi sesuai keinginan kita tanpa biaya yang signifikan.
  2. Audience bisa lebih merata dan luas jangkauannya.
  3. Praktis dengan tampilan audio visual (Video).
  4. Kualitas nara sumber dan content bisa dipertanggungjawabkan.
  5. Bisa diakses dengan smart phone, tidak harus dengan komputer atau laptop.
Bagaimana kami mewujudkannya ?

Sementara ini kami sudah memiliki partner yang siap untuk supply content materi pelatihannya dalam format video. Yang kami butuhkan selanjutnya adalah software development sebagai media penyebaran content tersebut.

Kami sedang mencari investor yang bersedia menyediakan infrastrukture tersebut, dan kami sudah ada beberapa kandidat untuk kami ajak bekerjasama.



eLearnign harus bisa diakses dengan smart phone.
Praktis, merupakan strength point dari program ini.

eLearning bisa dilakukan kolektif maupun sendiri-sendiri.


Banyak pilihan materi dan formatnya bisa video maupun sekedar slide show.

Bisa di akses baik laptop, komputer dan smart phone.

Daripada baca buku, lebih baik dengen eLearning Video.

Mengapa UMKM mau akses eLearning ini ?

Topik-topik terkini yang dibutuhkan oleh UMKM akan dihadirkan di sini dengan pembicara berkelas internasional, sehingga wawasannya teman-teman UMKM terbuka lebih luas. Tips dan best practice dari praktisi sukses juga akan mendapatkan porsi yang lebih banyak di sini, sehingga audience tidak melulu dicekoki dengan theory-theory bisnis dan kewirausahaan.

Informasi bagaimana masuk pasar oleh pelaku pasar juga akan sangat membantu UMKM dalam memahami pasar dan bagaimana cara mengaksesnya.

Revenue apa yang bisa kami dapatkan dari eLearning ?

Tentunya untuk kelangsungan program ini kami membutuhkan income, dan income itu kami harapkan dari fee registrasi anggota, advertising dan sponsorship.
Pastinya biaya yang dikeluarkan oleh audience untuk eLearning ini jauh lebih murah dari training atau workshop konvensional. Untuk sertifikat ? Dengan adanya registrasi dari setiap eLearning kami bisa terbitkan eCertificate yang bisa diprint out oleh audience.

Peluang pasar ?

Peluang bisnis ini sangat luas, yang penting conteng dari eLearning harus berbobot dan nara sumber yang menyajikan eLearning harus yang sudah bersertifikat, dan untuk kami sertifikat yang dibutuhkan adalah yang bertaraf internasional.
Pasarnya tidak hanya UMKM Jawa Tengah, tetapi bisa meluas secara global karena ada 2 bahasa yang akan digunakan, yaitu bahasa Ingggris dan Indonesia.

Iklim Kompetisi ?

Belum banyak pembinaan di Indonesia yang menggunak eLearning, sehingga bisnis ini masih sangat terbuka.

Keunggulan Kompetisi ?

Dalam konsep saya, saya menekankan kualitas kepada content pelatihan, format video, nara sumber kelas internasional dan bisa diakses melalui smart phone.

Strategi Pemasaran ?

Kita sudah memlilik cukup link untuk pasar UMKM, baik di Jawa Tengah maupun di luar Jawa Tengah sehingga tahapan awal untuk promosi sudah sedikit terbantu. Event-event eLearning bisa digelar bareng di seluaruh Dinas Koperasi dan UMKM di seluruh Jawa Tengah, dengan materi yang sama, nara sumber yang sama dan dengan jumlah peserta yang lebih banyak.

Organisasi apa yang bisa mengelola eLearning ini ?

eLearning ini bisa kami wadahi dengan organisasi non profit seperti Kadin Jateng melalui Rumah UMKM.

Demikian apa yang menjadi mimpi saya di masa mendatang, dan mimpi itu sebenarnya sudah jelas detailnya di mata kami. Hanya kami menunggu partner yang siap bergabung dengan kami.