Laman

  • Home

Sabtu, 16 Mei 2015

Batik VS Printing, dan Solusinya dari Rumah UMKM


UMKM Center Jawa Tengah saat Jumat Sore 15 Mei 2015

Jumat sore kemarin saya nongkrong di UMKM Center Jawa Tengah, kebetulan ada Pak Sondhy Purwoko Kabid UMKM dari Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah dan teman-teman pengrajin batik dari Pekalongan yang judulnya Famoli Batik Pekalongan yang mengusung batik tulis halus motif pesisiran (North Coast).

Sangat kebetulan mereka full team, mulai dari markeikting, produksi dan designernya yaitu Mas Sutoyo sehingga saya bisa dapatkan banyak informasi mengenai batik ini. Sungguh detail batik yang mereka usung, dan rumit ! Butuh berbulan-bulan untuk menyelesaikan batik ini, sehingga sangat wajar jika harganya dimulai dari angka Rp 5 juta ! 

Pasar ?

Batik ini memang untuk segment menengah ke atas dan kolektor. Beberapa desainer nasional sudah mulai mengenal produk batik ini dan mulai merapat ke produsen untuk pemesanan, karena jika butuh waktu lama untuk mendapatkan batik karya Mas Sutoyo ini. Pejabat dan pengusaha pun mulai melirik batik ini sebagai koleksi, baik dalam bentuk kain atau untuk pakaian untuk acara khusus.

Bagaiamana jika ditiru dengan produk printing ?

Pasti bisa ! Dan itulah yang menjadi keprihatinan mereka. Untuk itulah saya memberikan masukan kepada mereka untuk menerbitkan sertifikat ASLI dari produsen dan desainer untuk setiap pembelian batik ini, sekedar meyatakan bahwa produk yang dibeli adalah asli dari produsen batik dan hasil karya desainer aslinya. Nomor produksi juga harus dicantumkan dalam sertifikat tersebut untuk lacak balak keaslian dan history produksinya.
Sementara ini solusi ini yang bisa saya berikan kepada produsen batik ketika harus bersaing dengan batik printing.

Jangan takut, kita beli NILAI-nya bukan sekedar batiknya.


Batik Tulis Halus Pesisiran, Pekalongan. Luar biasa detail dan rumitnya !

Bersama Pak Sondhy Purwoko di UMKM Center Jawa Tengah.

Nah, ini tampang desainer batiknya, namanya Mas Sutoyo.

Hanya ada 5-6 orang di Pekalongan yang produksi batik seperti ini.

Jika ada dapatkan batiknya sekarang, berarti itu produksi tahun lalu.

Perhatikan kerumitan dari batik ini !