Laman

  • Home

Selasa, 28 April 2015

Time to Share : Bagaimana Membuat Pertimbangan Bisnis Baru

Ada baiknya saya share apa yang telah diberikan oleh para ahli dan praktisi kepada saya bagaimana membuat pertimbangan bisnis yang baru. 


Ada 8 tahapan "pertimbangan" bisnis ketikan kita memulai usaha baru, yaitu:

1) Proposisi Nilai (Value Proposition)

Adalah pertimbangan bagaimana produk atau bisnis tersebut menarik untuk pelanggan. Kita harus menemukan point-point apa yang menarik bagi pelanggan atas bisnis atau produk kita. Apakah karena produk tersebut unik, customized (personalized) atau karena kepraktisannya dan sebagainya.

2) Revenue Model

Income apa saja yang bisa kita peroleh dari bisnis tersebut di atas ? Seoptimal mungkin kita harus bisa mengekplorasi pemasukan dari bisnis atau produk tersebut.

3) Peluang Pasar

Apakah bisnis atau produk tersebut memiliki peluang pemasaran yang besar ? Atau apakah kita memiliki pasar dalam kategori "khusus", bagaimana peluangnya ? Informasi pasar melalui survey perlu dilakukan untuk melihat peluang ini.

4) Competitive Environment (Lingkungan Kompetisi)

Ada berapa pemain dengan produk atau bisnis sejenis dengan kita di pasaran ? Bagaimana kita bisa mengukur potensi dan kemampuan dari kompetitor kita.

5) Competitive Advantage (Keunggulan Persaingan)

Apa yang menjadi keunggulan kita dalam persaingan tersebut ? Apakah kita punya differensiasi dari kompetitor-kompetitor kita ?

6) Strategy Pemasaran

Bagaimana strategi promosi dan pemasaran kita ? Kita harus sanggup membuat sebuah outline strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar dan kebutuhan pasar.

7) Pengembangan Organisasi

Dalam menjalankan atau memasarkan produk tersebut, organisasi seperti apa yang cocok dan bisa mengakomodasikan semua kebutuhan tersebut.

8) Team Manajemen

Setelah memutuskan organisasi yang sesuai, maka selanjutnya ditentukan team manajemen yang sesuai dengan kompetensi dan fungsinya masing-masing.

Demikian sharing saya hari ini, semua hal ini bermanfaat manakala teman-teman ingin membuat business plan.