Laman

  • Home

Sabtu, 25 April 2015

NGUCING bareng UMKM di UMKM Center Jawa Tengah kali ini ngomongin MODAL

Modal Lancar, Usaha Digelar

Demikian tag line dari acara NGUCING Bareng UMKM yang ketiga pada hari Jumat 24 April 2015 di UMKM Center Jawa Tengah jam 14.00 sd 17.00 yang lalu. Acara ini diprakarsai oleh Team Konsultasi UMKM Center Jawa Tengah sebagai upaya untuk selalu "menghidupkan" UMKM Center sebagai tujuan UMKM untuk berkumpul dan berdiskusi mengenai segala hal yang terkait dengan bisnis skala UMKM.

Pada kesempatan yang ketiga tersebut, teman-teman konsultan UMKM Center mengusung tema yang terkait dengan permodalan usaha UMKM dengan mengundang Ibu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah, Bapak Ferry Firmawan dari Kadin Jateng yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Kadin Jateng bidang CSR dan juga perwakilan dari Bank BNI.

Acara ini cukup meriah dengan banyaknya pertanyaan dari beberapa UMKM binaan kami yang ingin banyak tahu bagaimana prosedur pengajuan kredit sampai dengan permasalahan-permasalahan lain yang "menyebabkan" kesan seolah-olah perbankan kurang bersahabat dengan usaha mikro dan kecil. 
Kenyataan bahwa untuk mendapatkan kredit dari perbankan yang tidak mudah bagi UMKM juga mencuat di permukaan. Hal ini menjadi tantangan bagi perbankan dan lembaga financial lain yang merasa "PRO-UMKM" untuk terus evaluasi dan membuat program-program yang "akrab" dengan kebutuhan UMKM dalam hal kredit permodalan.



Dalam diskusi lain pada kesempatan yang sama, topik pajak untuk UMKM cukup mengundang keprihatinan dan ketakutan bagi UMKM yang statusnya sedang memulai usaha. Pajak seolah-olah menjadi momok yang menakutkan bagi UMKM yang sedang memulai usaha, termasuk bagi usaha rumah tangga yang sedang mencoba untuk usaha toko online. 
Hal ini perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah dalam kaitannya menggelorakan semangat kewirausahaan dan ekonomi kerakyatan. Bahkan pajak 1% dari omzet merupakan beban yang berat bagi sementara UMKM

Semoga pemerintah bisa menyikapi ini dengan positif, usaha lancar pajak terbayar !