Laman

  • Home

Rabu, 01 April 2015

Memulai Kreativititas Pemasaran

Bagaimana Memulai Kreativitas Pemasaran ?
 
Pertanyaan ini sering muncul, tidak banyak theory yang mengupasnya, tetapi kita akan sedikit mencermatinya. Bagi saya kreatif adalah sebuah solusi yang "baru" atau alternatif (yang berbeda) yang berasal dari olah pikiran dan kemampuan mengaplikasikannya.

Bagaimana harus memulainya ? Ini pun sulit untuk mengemukakan theory-nya, tetapi kita bisa mulai dari membuka pikiran kita untuk "mengenali" potensi yang ada dalam diri kita dan lingkungan sekitar kita. Tahapan "mengenali" ini adalah tahapan 'measurement" atau pengukuran diri (potensi diri) kita dan lingkungan sekitar kita.

Selanjutnya kita akan mencoba membuka seluas-luasnya pemahaman kita mengenai "pasar", mengenalinya dan 'mengukur'-nya meskipun dengan ketebatasan infrastruktur yang kita miliki. Saat inilah kita mulai membangun "objective" kita atau menentukan target kita.

Antara pengukuran objective dan potensi kita, pastilah akan ada "gap" atau kesenjangan, di sinilah kita menemukan 'masalah' atau materi yang harus kita pecahkan dengan merumuskan "solusi".

Beberapa solusi akan kita perbandingkan dengan dengan yang sudah ada, melalui pemahaman kita terhadap lingkungan bisnis kita dan persaingan yang ada. Solusi yang masih baru dan berbeda inilah solusi yang kreatif.

Jika sistem pemikiran kita sudah 'otomatis" seperti tersebut di atas, mungkin inilah yang dinamakan 'kreatif' menurut saya.