Laman

  • Home

Senin, 20 April 2015

Learning by Doing, Belajar sambil Bekerja

Learning by Doing

Tidak hanya UMKM yang harus belajar sambil bekerja, kami pun sebagai pembina UMKM harus belajar juga bagaimana membangun usaha dari skala UMKM agar kami bisa merasakan permasalahan-permasalahan yang dihadapi UMKM dalam merintis usaha.

Mengapa hal itu harus kami lakukan ?

Apa yang kita rekomendasikan dan apa yang kita informasikan sudah tentu akan diikuti dan ditindaklanjuti oleh UMKM, jika kita sendiri tidak pernah melakukannya bagaimana kita bisa memberikan suatu "solusi" kepada UMKM ?

Dalam beberapa tahun terakhir sejak kami menggulirkan program Rumah UMKM, kami juga mewajibkan diri kami untuk terjun mendalami usaha skala UMKM agar apa yang dihadapi oleh teman-teman UMKM juga kami hadapi juga.

Apakah ini sebuah keharusan ?

Bukan sebuah keharusan, tetapi lebih baiknya adalah seperti itu.
UMKM sekarang sudah sangat kritis terhadap theory-theory bisnis yang sudah sering mereka dengar dan ikuti, mereka butuh solusi praktis. Bagaimana kita bisa memberikan solusi praktis sementara kita tidak mau menerjuninya ? 

Yang dibutuhkan oleh UMKM adalah "contoh" yang berupa "best practice" dari pelaku usaha yang sudah berjalan terlebih dahulu. Pembina UMKM harus bisa memberikan gambaran riil terhadap situasi dan kondisi bisnis yang up to date dan ini bisa dilakukan jika kita juga menjadi pelaku UMKM itu sendiri.


Berjalan bersama dan bersanding sebagai teman diskusi akan memberikan nuansa kontultasi dan konselling yang produktif dan kondusif.