Laman

  • Home

Jumat, 31 Juli 2015

Graphology & Feng Shui, sebuah metode analisa yang saya terapkan untuk membantu mencari usaha yang cocok bagi calon wirausaha


Ketertarikan terhadap Grafologi

Grafologi saya berawal dari ketertarikan saya terhadap kemampuan seorang teman yang mampu membedah karakter seseorang hanya melalui pembacaannya atas tanda tangan orang tersebut. Hal ini kira-kira 17 tahun yang lalu. Dari ketertarikan ini, saya mencoba bertanya kepada teman saya tersebut mengenai bagaimana caranya dia bisa membaca karakter seseorang dari tanda tangan.

Tanda tangan yang dalam bahasa Inggris adalah Signature (= Sign + Nature), memberikan pesan bahwan tanda tangan adalah "tanda" dari "sifat" pemiliknya. Inilah "rahasia" yang mesti kita gali dengan referensi dan observasi yang panjang. Dari pelajaran awal yang saya dapatkan dari teman tersebut, saya mulai belajar observasi tanda tangan dan kecenderungannya. Cara yang termudah adalah membuat list tanda tangan dari orang-orang yang telah saya kenal dan mulai mengklasifikannya. Tanpa terasa observasi saya yang sederhana ini sudah berjalan bertahun-tahun dan mulai menghasilkan formulasi praktis dalam pembacaan karakter seseorang melalui tanda tangan.

Saya belajar grafologi ini secara otodidak dan menjadikannya sebagai sebuah kesenangan dan juga tantangan ketika saya diminta memberikan masukan kepada HRD Departmenen atas kecocokan karakter dan potensi seseorang terhadap suatu posisi di dalam perusahaan. Tantangan lain juga ketika sesorang yang ingin bernegosiasi meminta saran saya bagaimana harus menghadapi seseorang yang tanda tangan-nya disodorkan kepada saya.

Awalnya ini adalah sebuah hobby, sampai akhirnya terlintas untuk mencari "makan" dari asset intangible yang saya miliki ini. Tetapi agak kurang menantang jika hanya "tanda tangan" yang saya baca, harus ada hal yang menarik untuk menjadikan hal ini menjadi "komersial". Akhirnya saya putuskan untuk mendalami pembacaan LOGO perusahaan melalui grafologi

Hampir sama dengan pembacaan tanda tangan, logo menggambarkan karakter dan potensi dari sebuah perusahaan, impian yang dicita-citakan perusahaan tersebut dan juga masalah-masalah yang terjadi di dalamnya. Agak luar biasa juga, ternyata dari sebuah logo kami bisa melihat beberapa hal tersebut tanpa harus melakukan cek perusahaan.

Feng Shui Logo

Saya mendalami feng shui sedehana untuk logo dari seoarang teman praktisi feng shui di Semarang dengan cara barter ilmu grafologi dengannya. Mengapa saya tertarik feng shui ? 

Bagi saya feng shui adalah ilmu mengenai formulasi keselarasan unsur alam yang sudah teruji berabad-abad lamanya. Bukan tahayul yang saya dalami, tetapi logika berpikir mengenai keselarasan tersebut.

Intuisi kita bangun dengan membangun "rasa" atas keselarasan yang kita temukan dalam logo, baik keselarasan bentuk, warna dan komposisi.

Definisi Hoki

Mungkin bagi orang lain mengartikan hoki bisa berarti banyak hal, tetapi bagi saya hoki saya definisikan dengan sangat sederhana dan formulatif. 

Hoki = Keselarasan antara "karakter" dan "ability" (kemampuan) dalam menggarap "potensi".

Karakter dalam hal ini adalah sikap dan perilaku yang dipengaruhi oleh karakter dasar dan karakter turunannya sebagai akibat interaksi seseorang atau perusahana dengan lingkungan atau lingkungan bisnisnya. Saya ukur ini dengan grafologi dan feng shui sebagai kombinasinya.

Ability adalah kemampuan seseorang atau perusahaan. Kemampuan ini bisa kita baca dengan grafologi.

Potensi adalah "hal mendasar" yang ada dalam diri seseorang atau perusahaan yang harus dieksplorasi untuk mencapai hal-hal yang diinginkan. Ilmu yang paling dominan untuk membaca potensi ini adalah dengan feng shui.

Dengan kombinasi ini saya akan memberikan review dan konselling untuk solusinya.

Aplikasi Grafologi dan Feng Shui untuk Bisnis
Pada dasarnya saya adalah praktisi marketing yang telah mengarungi dunia marketing selama kurang lebih 20 tahun. Beberapa tahun terakhir saya juga banyak berkecimpung sebagai konsultan marketing dan promosi. Kecenderungan saya saat ini adalah promosi dengan mengoptimalkan media online dan "menguasai" dunia maya.

Sebuah pertanyaan yang seringkali sulit dijawab oleh seorang konsultan bisnis adalah :"Bisnis apakah yang cocok dengan saya ?" yang sering dilontarkan oleh klien. Dengan ilmu akademis tentunya pertanyaan ini sulit untuk dijawab, diperlukan sebuah metode khusus untuk menjawabnya.

Dari bekal mempelajari dan hobby grafologi dan feng shui saya memiliki "kepercayaan diri" untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dari mulai membaca "daftar potensi" yang dimiliki oleh klien sampai dengan konfirmasi "minat" dari klien sebagai "filter" potensi mana yang akan dipilih sebagai potensi yang akan digarap. 

Filter selanjutnya adalah pengukuran karakter dan kemampuan dari seseorang atau perusahaan guna menggarap potensi tersebut, apa yang harus dikembangkan jika karakter dan kemampuan "belum" match dengan potensi yang dimiliki.

Tujuan akhir dari konsultasi ini adalah membuat semua poin tersebut di atas selaras dan sesuai dengan minat dari klien. Jika semua sudah selaras, kami pun siap untuk membantu klien menjabarkannya menjadi sebuah bisnis model atau bisnis plan atau outline strategy dari apa yang ingin dilakukannya di masa mendatang atas hasil konsultasi tersebut.

Hasilnya adalah diskusi yang produktif dan solusi yang kreatif dari beberapa masalah yang mungkin selama ini sulit dipecahkan oleh seseorang maupun perusahaan.