Laman

  • Home

Sabtu, 14 Maret 2015

Beberapa ide saya untuk percepatan pembangunan ekonomi Jawa Tengah

Perjalanan dalam pembinaan dan pengembangan UMKM di Jawa Tengah ini telah memberikan bekal kepada saya untuk melihat permasalahan UMKM dari dekat dan langsung.

Solusi-solusi yang telah kami berikan kepada UMKM binaan kami pun selalu kami update dan kami sesuaikan dengan kondisi terbaru. 

Dari sinilah ada beberapa ide dari saya untuk langkah berikutnya dalam pembinaan dan pengembangan Koperasi dan UMKM di seluruh Jawa Tengah muncul dan mulai tajam detailnya.

1) Modernisasi KUD di Jawa Tengah

Adalah mutlak untuk memberdayakan KUD dalam tugasnya memasarkan produk UMKM Jawa Tengah.
Dengan jalan apa ? 
KUD di Jawa Tengah ada lebih dari 560 unit dan lebih dari 300 unit masih sangat aktif, dan ini merupakan potensi yang luar biasa dalam memasarkan produk UMKM Jawa Tengah di Jawa Tengah sendiri.
Setiap KUD memiliki WASERDA (Warung Serba Ada) yang bisa kita sulap menjadi mini market modern dengan membangunkan sistem IT yang terpadu antara satu unit dan satu lainnya. Sistem manajemen retail yang solid pun perlu disuntikkan di dalamnya.
Mengapa harus takut dengan ALFAMART dan INDOMARET ?
Jika merasa bahwa ada konsekwensi investasi, memang inilah yang harus kita diskusikan bersama. Jika masih merasa bingung dengan mitra sistem manajemennya, saya sudah undang MICROMART untuk presentasi di depan PUSKUD.
Lantas apalagi yang kita tunggu ? Mengapa tidak kita tindaklanjuti dengan segera ?

Penjajagan Kerjasama Investasi Modern Retail dengan KOSPIN JASA.

Diskusi Modernisasi Waserda KUD Menjadi Mini Market Modern dengan PUSKUD JAteng.

2) Jateng InterTrade
Ini adalah cita-cita kami sejak awal membangun program Rumah UMKM bersama dengan Ketua Umum Kadin Jateng. 

Jateng InterTrade merupakan jaringan perdagangan antar kota antar kabupaten di seluruh Jawa Tengah. Keyword-keyword terpenting dalam program ini adalah pembangunan komunitas, jejaring pasar dan sistem IT yang integrated.

Yang telah kami rintis bangunannya adalah komunitas UMKM produsen di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah, meng-aktivasi mereka dengan kegiatan-kegiatan riil yang sekarang juga sudah terfasilitasi dengan adanya UMKM Center Jawa Tengah.

Yang segera akan kami lakukan adalah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah untuk bersama-sama berdiskusi membangun jejaring pasar di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah dan setelahnya adalah membangun sistem IT yang melakukan manajemen komunikasi antar pasar untuk memberikan informasi kebutuhan pasar dan informasi produk yang ada di setiap pasar sebagai bagian dari offer to sell dan offer to buy. Sebuah portal InterTrade akan dibangun dengan tujuan membuat informasi lebih cepat dan up to date.

Ide-ide ini akan selalu kami perjuangkan untuk realisasinya dengan segala kemampuan dan keterbatasan kami. Semoga pemerintah menanggapi positif dari ide ini, dan bisa bergandengan tangan dengan kami untuk pembangunan ekonomi Jawa Tengah ini.