Laman

  • Home

Sabtu, 14 Februari 2015

UMKM, Sebuah Potensi Produksi Yang Luar Biasa

Jika berbicara satu atau dua UMKM mungkin tidak akan begitu terlihat potensi yang ada di Jawa Tengah ini. Tapi jika kita tahu bahwa pelaku UMKM di Jawa Tengah ini ada 3.7 juta, sebagaimana informasi dari Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah ... Betapa luar biasanya potensi produksi dan sekaligus pasar UMKM ini !

Meskipun kita masih berbicara secara umum, belum melihat kategori-kategori dari UMKM-UMKM tersebut, tetapi jumlah itu juga merupakan peluang lapangan kerja bagi tenaga kerja produktif yang ada di Jawa Tengah.

Memang dari jumlah tersebut hampir 60%-nya adalah UMKM kuliner, betapa luar biasanya produk bahan makanan, makanan dan minuman di Jawa Tengah. Propinsi ini benar-benar merupakan propinsi yang gemah ripah loh jinawi, dan benar-benar merupakan potensi produksi yang mampu menjadi "kandang" supplier bagi pasar tradisional maupun pasar modern di Indonesia, dan juga bagi pasar ekspor.

Belum lagi produksi jamu herbal, batik, kerajinan dan mebel yang menjadi andalan dari propinsi ini. Dan produk-produk inipun sudah siap ekspor.

Perbaikan kualitas dan peningkatan kapasitas merupakan upaya-upaya yang selalu menjadi fokus pengembangan UMKM kami. Karena untuk pasar, permintaan akan produk-produk ini masih selalu terbuka.