Laman

  • Home

Kamis, 12 Februari 2015

Tenun Troso, Andalan Jawa Tengah Selain Batik

Tenun Troso Jepara

Bagi masyarakan Jawa Tengah mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Jepara merupakan produsen tenun troso yang cukup terkenal.

Tenun tradisional dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) ini merupakan andalan Jawa Tengah selain batik. Saya sendiri pun yang belum pernah bergelut dengan produk tenun, kaget ketika tamu saya dari Singapura tertarik dengan produk ini dan berminat untuk memasarkannya di kalangan parlemen dan pejabat di Singapura.

Memang saat ini produk tenun troso terkendala dalam pemasarannya karena kurang promosi dan kurang upaya dalam membuka channel pemasaran. Adalah tugas kita untuk secara terus menerus mempromosikan produk tenun troso in baik nasional maupun internasional agar masyarakat produsen produk ini  bisa terjamin kesejahteraannya, dan yang penting adalah generasi penerus memiliki "keinginan" untuk meneruskan warisan budaya ini.

Pasar internasional yang terdekat adalah Malaysia, Singapura dan Brunei. Sementara untuk pasar dalam negeri dan untuk mengangkat citra tenun troso, penggiat UMKM dan pemasar harus semakin aktif menggandeng rumah-rumah rancang busana atau perancang busana yang sudah terkenal di dalam negeri.

Beberapa tampilan tenun troso terlampir di bawah ini.